Selasa, September 22, 2009

Pin It

Widgets

Let's Start Blogging Business

Insya Allah, mulai dari postingan ini diriku alias neilhoja akan mulai berbagi soal bisnis online. Setelah beberapa hari yang lalu, diriku mulai agak serius menekuni dunia IM alias internet marketing ini, hehe.. istilahnya cebong - ga usah di link ya bong, dirimu kan udah terkenal, heu heu - , jadi blogger matre :D. Nah, kira-kira, bagaimana kita akan mulai bisnis internet ini? Apa yang harus disiapkan? Apa saja tips dan triknya agar bisnis online kita ini gak tumbang dan tetap bisa bertahan? Lalu, gimana caranya biar bisa dapet dolar dari internet $$? Stop, santai dulu. Kita akan belajar pelan-pelan, step by step ok? :D

Pertama kali sebelum kita akan terjun di dunia bisnis ini, ada baiknya kita kenalan dulu dengan apa itu blog. Sebenernya sih, ga ada hubungan, tapi aku kira cukup penting juga agar semuanya bisa belajar dan dapet tambahan ilmu. Baik itu yang udah senior, maupun yang baru buka internet. hehe...

Dan pada posting kali ini kita akan belajar bareng-bareng soal blog, platform, hosting dan template.

What is a blog?
Blog itu ibaratnya sebuah rumah. Dan kita adalah pemilik rumahnya. Terserah kita mo diisi apa rumah itu, dijadikan tempat jualan, atau tempat orang baca berita, jadikan tempat nonton film atau cuma dijadikan tempat kita numpahin segala unek-unek pikiran dan perasaan kita. That's up to you guys! Enak kali bukan?

Blog's Platform
Nah, selanjutnya.. sebuah rumah itu pun, perlu ada konstruksinya. Masak iya ada rumah tapi ga punya konstruksi? ekeke.. jadinya lembek dong.. hehehehe... Konstruksi itu, kalo orang senior sana bilang adalah platform. Nah untuk platform blog ini, terserah kalian juga.. apakah mau pake blogspot atau wordpress ato bahkan joomla.

Dan tentunya, tiap platform ini berbeda cara penggunaannya. Nama saja mesin, atau konstruksi, tentu masing-masing bentuk memiliki 'bahasa' yang berbeda. Sebut saja untuk blogspot yang cukup memakai kode html dan xml. Atau wordpress yang memakai plugin dan software. Dan joomla yang memakai software semacam xamp, dll. Ada juga yang pake php - sering dipakai untuk website.

Dan sangat penting, pemilihan platform ini harus disesuaikan dengan tujuan kita blogging, untuk apa? Terus juga kemampuan kita bagaimana? Kemampuan ini termasuk modal - alias duit - juga penguasaan bahasa platform itu. Dari sini akan bisa kita tentukan, apakah mau platform yang bisa gratisan, atau harus pake modal? Emang ada ya, ngeblog yang pake bayar? wkwkw... ya tentu aja ada sob..

Dan untuk selanjutnya, kita akan konsentrasi di blogspot. Karena selain mudah, fleksibel, juga sangat progressif. Untuk pemilihan platform ini akan kita bahas lain waktu, mana yang sebaiknya kita pilih, blogspot dan wordpress yang simpel atau joomla yang agak ribet tapi profesional?

Hosting
Nah, tadi aku singgung soal ngeblog yang harus pake modal. Biasanya adalah untuk hosting. Apa itu hosting? Hosting itu ibarat kata adalah tanah tempat rumah kita itu mo ditempatkan. Ga mungkin kan, rumah kita ga dikasih tempat buat naronya? Nah, itulah hosting, tempat buat naro rumah kita. Dan, untuk hosting ini, ada yang pake bayar, ada juga yang gratisan.

Ada tanah yang kita harus bayar buat nempatinnya, ada juga yang enggak. Untuk blogger pemula, tentu lebih milih yang gratisan dong, hehe... apa aja itu? Blogspot dan wordpress.com adalah blog yang ngasi hosting gratisan. Ada juga yang lain, semisal typad, live journal, dll.. tapi yang lebih baik dan lebih enak adalah blogspot dan wordpress.com - bukan wordpress.org, kalo yang ini mah harus bayar.

Untuk hosting yang bayar, biasanya kita harus download platform blognya, semisal wordpress.org, atau joomla, aura, dll. Akan tetapi, tentu ada rupa ada harga. Karena bayar itulah, ia lebih berharga. Nah, kali ini akan ditentukan oleh tujuan kita ngeblog. Kalo memang untuk bisnis, aku sarankan, sejak awal beli domain atau hosting dan ga gratisan. Selain karena lebih professional, juga lebih dihargai google dan search engine lain - search engine sangat penting untuk mendulang traffic (pengunjung blog).

Tapi, apakah ga bisa, blog gratisan buat bisnis? Tentu aja bisa... buktinya diriku yang udah mendulang cukup banyak dolar dari blog ini saja. Hehehe.. Padahal itu baru satu, gimana kalo kita punya banyak blog?

Ok dan terakhir adalah template.

What is template?
Template itu gampangannya kita sebut wajah rumah. Template juga ada yang bayar juga ada yang gratisan. Tapi jangan khawatir, template yang gratisan juga ga kalah bagus ama yang bayar, hehe.... cari aja di google, akan ada ribuan template yang tidak hanya bagus, tapi juga gratis. :D salah satunya punya cebong, kalo dia templatenya unik-unik dan vektor. Kalo ga tau di mana cebong, liat aja di bawah blogku, di situ ada tulisan cebong ipiet, klik aja.. ^^

Huff.. akhirnya selesai juga pelajaran kita hari ini, hehe.. Postingan kali ini hanya bersifat perkenalan. Persoalan teknis dari keempat faktor utama ngeblog tadi akan dibahas di postingan lebih lanjut, hehe.. so jangan lupa buat subscribe artikel blog ini. Biar kamu ga ketinggalan berita...

Oiya, buat temen-temen ditunggu respon dan komentarnya.

-------------------------

Ngeblog itu mudah, tapi yang susah cari duitnya.. ^^
But, you'll never walk alone. Salam hangat dari neilhoja.

Artikel terkait :



3 comments:

s4ndy mengatakan...

Semoga sukses mas...

;;)

neilhoja mengatakan...

ekekek.. san, lama lu ga mampir ke sini... kangen tau... ekekekek

makasih san, ilmu lu dibagi2 dong..... lu kan dah profesional.. komentarnya yang membangun gitu. ekekekekek

marsudiyanto mengatakan...

Ikut belajar...

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)