Minggu, Maret 13, 2011

Pin It

Widgets

Ngeblog Just for Fun?

Pernahkah terpikir dalam benak kita, apa alasan kita untuk ngeblog? Beberapa diantaranya mungkin akan bilang, karena ingin eksis. Atau ada juga yang bilang, sebagai media curhat. Ada juga temenku yang beralasan tempat menampung segala pengetahuan dan trik yang ia dapatkan. Untuk apapun itu, ngeblog tidak jadi masalah. Semua dikembalikan kepada masing-masing empunya. Semula, tujuanku buat ngeblog pun sebatas. Sebatas hanya karena pengen eksis di dunia maya. Dan ketika itu, mencurahkan ide dan pikiran lewat blog lagi anget-angetnya. Salah satu yang menginspirasiku adalah ndorokakung, rusdi mathari dan kang iwan di nusantarawordpress.com



Tapi, pernahkah terpikir dalam benak kita untuk menjadi berbeda dengan ngeblog? Memaksimalkan potensi diri kita dalam dunia kecil kita?

Semangat ngeblog saya terus terang kian lama kian turun. Tidak ada lagi semangat untuk bikin tulisan dalam blog. Tidak ada lagi semangat untuk menuai dolar, tidak ada lagi semangat untuk menulis dan saling berbagi.

Jadi teringat sebuah pernyataan dari Matt Mulenweg pas ke Indonesia, blog di Indonesia itu isinya tanpa tema yang tegas dan fokus (kebanyakan curhat), mirip dengan blog di Filipina. Beda dengan AS, Jepang, dan Eropa, dimana blog punya objek tema yang jelas dan fokus.

Maka yang jadi pertanyaan, ngeblog just for fun?

Seharusnya tidak. Ini sama saja dengan pertanyaan, senapan AK-47 hanya untuk membunuh lalat? Potensi blog itu sangat besar. Sebagai salah satu keran dunia maya, ia bisa menjadi apa saja. Salah seorang blogger wanita Mesir, termasuk salah satu inspirator penggulingan Mubarok. Lewat apa ia berbicara? Lewat blog!

Bagaimana dengan ribuan orang yang sudah meraih penghasilan dolar RUTIN? Dari mana mereka mendapatkan uang? Dari blog! Beberapa diantaranya adalah blogger kawan-kawan dekatku. Sebut saja cebong ipiet.. hehe.. Salut dengan jiwa wirausahanya. Dan banyak lagi kawan-kawan blogroll ku yang udah jadi karyawan Google. Jatuh bangun itu biasa, beberapa diantaranya toh mampun sukses. Satu kawan yang juga sangat gigih adalah rony pascal. :D

Ada pula yang menjadikan blog sebagai batu loncatan penerbitan buku-bukunya. Salah satu kawan bloggerku adalah mbak fanny. Cerpen dan novelnya bermula dari blog.

And then, how about me?

"a fool with a tool is still a fool", katanya sih pepatah dalam dunia IT. Tapi rasanya, kena ke semua bidang. blog adalah sebuah senjata mematikan dan sangat efektif. Namun, sehebat apapun senjatanya, kalau orang yang megang itu orang bodoh, ya sama saja!

Kuncinya adalah seperti yang dibilang Matt tadi. Fokus dan fokus. Maksimalkan kemampuan blogmu untuk mengantarmu pada impian. Mendulang dolar atau memimpin revolusi? Semua tergantung apa yang engkau ketikkan dalam ruang post di blogmu.

Ganbatte!!


-------------------------- Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Artikel terkait :



6 comments:

Arif Chasan mengatakan...

Yups....
ngeblog!... semangat-semangat-semangat!


(*jadi semangatn lagi

Arif Chasan mengatakan...

Persaan ada yang beda deh... :)

ehm.. selamat sore aja yaa.. :D

joe mengatakan...

bagi saya ngeblog merupakan sarana untuk melatih menulis, sekaligu menambah kawan

uhooi mengatakan...

. wEew..
ngebLog mank asyikk,
bisa nyari info, berbagii info dan nambah teman juga...

lam kenal yeww, silahkan kujungi blog saya juga yeww :
http://uhooi.blogspot.com/

Andi AF Studio mengatakan...

Assalamu'alaikum.. ^_^ blogwalking n salam kenal, buat yang suka corat-coret di Blog, yuk gabung di BLOOFERS (Blog Of friendship)

Unknown mengatakan...

wuuupz.... pas banget nih kak... jadi pengen ngeblog lagi ^^

Posting Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)