Sabtu, Mei 15, 2010

Pin It

Widgets

Artikel Bursa dan Saham dalam Perspektif Ekonomi Islam

Pagi-pagi, berencana onlen sebentar ternyata di sapa temen di facebook. Namanya Rois Fata, katanya butuh bantuan terkait artikel-artikel tentang bursa dan saham. Sambil curhat dia bilang, “Di muqorror (diktat kuliah di Azhar) Qodoya yang ngebahas hukum mesir, isinya njlimet dan ga sistematis..” Dan akhirnya sambil iseng bentar, aku coba nyari-nyari di internet, karena kubilang ga punya makalah tersebut di laptop.

Apa itu bursa saham? Dan bagaimana pasar bursa saham itu bergerak? Apa saja yang menjadikannya begitu penting, sehingga Majma’ Fiqih Islamy tidak memfatwakan untuk menghilangkannya?


Dalam artikel-artikel di bawah ini, selain dari perspektif ekonomi Islam, pembaca juga akan temui beberapa artikel yang ditulis dalam perspektif ekonomi Barat.

Beberapa artikel di bawah ini ditulis dengan bahasa Arab, khususnya yang terkait dengan ekonomi syariah.. Sementara makalah yang ditulis dalam perspektif ekonomi Barat, ditulis dengan bahasa Inggris.
Silahkan mendownload dan selamat belajar.

Kitab “Mereka Bertanya tentang Transaksi Keuangan Kontemporer”, Juz 1 Prof. Dr. Hasyim Afiyah (Arabic)  

Fiqih Bursa, Dr. Abdullah bin Beih (Arabic)

Ketetapan Majma' Fiqih al-Islamy tentang Bursa (Arabic)

Bagi yang ingin mempelajarinya dalam bahasa Inggris, maka cukup nguliti wikipedia.com aja sebagai dasar.. ^^
Dan bagi yang belum puas, bisa cari-cari sendiri artikel yang cocok dengan judul yang diminta, silahkan search di Lembaga Riset di Munich (MP RePec A)

Beberapa contoh paper (makalah) yang ada di lembaga riset itu antara lain;

The Multi-Scale Interaction between Interest Rate, Exchange Rate and Stock Price

Are stock exchanges integrated in the world? - A critical Analysis

Sekian sedikit makalah dan artikel tambahan buat temen-temen syariah di tingkat 4 terkait materi Bursa. Kurang lebihnya mohon maaf… Nanjah Maan gan.. (semoga kita sukses bersama)

PS. ada yang search di internet arti nanjah maan, maka kutulis artinya dalam kurung, hehe.. itung-itung cari fresh visitor. ^^

Artikel terkait :



1 comments:

Laksamana Embun mengatakan...

Nice Post..
Thanks for share ya bos...

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)