Jumat, April 09, 2010

Pin It

Widgets

Blogging via Windows Live Writer

Iseng-iseng, tadi pas utak-atik daleman laptop, ternyata ngedapetin bahwa windows 7 ku masih belum ada outlook-nya. Pas aku ketik kata outlook di kolom search program and files, bukannya nongol tuh program, eh malah tulisannya windows live. Nah lo, akhirnya iseng aja aku ceklik, dan eng-ing-eng.. ternyata ngebawa aku ke halaman microsoft windows live. Niat awal sih, pengen nyobain synchronizing acrobat.com dengan outlook, eh pas ngeliat ada blogging via desktop, ko naluri menulisku langsung terusik. Ekekekeke….



Mungkin diantara kita ada yang ngalamin seperti aku ini. Niat hati pengen simpel dan ga kerja dua kali, tapi justru bertindak berbahaya. Wah-wah, ko bisa bahaya? Tahukah kita, bahwa prinsip utama berinternet salah satunya adalah, gak ada yang seratus persen aman di dunia virtual. Termasuk dunia blogging kita. Walaupun itu ditempatin di salah satu server terbaik dunia, a.ka. simbah Gugel, tidak menjamin data-data kita seratus persen aman. Bisa jadi hilang, dicuri orang, atau kerugian-kerugian lainnya.
Nah, kadang-kadang kita pun ngerasa males kalau disuruh nulis dulu di word, baru kemudian diposting via web. Lebih enak langsung editing di servernya atau via online. Tentu saja ini lebih menyingkat waktu, tapi pernahkah kita sadar.. ketika tulisan sudah sedemikian banyak, ternyata tak satupun yang kita simpan dalam desktop? Walhasil, suatu ketika server mereka rusak.. data-data yang ada pun lenyap begitu saja.
Buat yang jadi kaskuser tentu masih inget, berapa banyak data yang harus dihapus dari server kaskus ketika mendapat seranga DDos kemarin? Gak kehitung berapa banyaknya info-info berguna yang hilang begitu saja di sana.. ck ck ck.. sungguh sangat disayangkan.
Nah, sekarang bayangkan bila hal itu terjadi pada blog kita? Bayangin suatu ketika tulisan kita bertahun-tahun lamanya, suka-duka, cerita perjalanan, catatan harian, curhat, puisi, atau info-info penting lainnya tiba-tiba saja lenyap dalam sekejap gara-gara server simbah rusak??? Tentu kita gak ingin itu terjadi dungk…
Salah cara antisipasinya adalah lewat cross-posting, dan atau seperti yang aku lakuin sekarang. Nulis di windows live writer, hehe…
Cara kerjanya mirip dengan posting di blog via online biasa. Bedanya, hal ini bisa kita lakukan, tanpa harus membuka browser firefox atau chrome. Cukup lewat aplikasi ini, maka apa yang kita tuliskan, bisa langsung terposting di blog kita. Sama-sama ngerjain sekali, tapi untuk kali ini, data tulisan yang udah kita buat, gak cuma ada di server, tapi juga tersimpan dalam local draft (alias dekstop komputer) kita. Sama-sama praktis, tapi lebih simpel dan aman.
Hayo-hayo.. sapa mo cobain? Hehehe… jangan khawatir, windows live writer ini adalah free software, alias gratis dan ga dipungut biaya. Selamat mencoba.^^
Dan buat agan-agan yang udah cobain, gimana tuh pengalaman nyobain tool writer ini? Atau ada tips dan catatan lain? Hayuk-hayuk… tulis di comment bawah ini ya..

Artikel terkait :



0 comments:

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)