Minggu, Maret 07, 2010

Pin It

Widgets

Penyebab Kepunahan Dinosaurus

WASHINGTON--MI: Sekelompok peneliti top kembali menegaskan bahwa penyebab punahnya dinosaurus adalah jatuhnya sebuah asteroid raksasa ke Bumi.

Anda tentu pernah mendengar pernyataan itu bukan? Pada 1980, Louis Alvarez dan putranya, Walter, memublikasikan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa punahnya dinosarus sekitar 65 juta tahun yang lalu disebabkan efek jatuhnya sebuah asteroid raksasa.


Bukti adanya asteroid itu kemudian diperkuat dengan ditemukannya sebuah kawah besar di Cicxulub, Meksiko. Semua itu pun diyakini para ilmuan sebagai penyebab pasti kepunahan hewan reptil purba itu.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, muncul sebuah teori bahwa punahnya dinosaurus disebabkan meletusnya gunung berapi daerah Deccan Traps di India. Hal itu pun mendorong para ahli geologi, paleontologi, dan peneliti lain untuk berkumpul dan mengkaji kembali data-data yang dikumpulkan.

Akan tetapi, argumen tersebut tak didukung data yang telah dikumpulkan. Kirk Johnson dari Denver Museum of Nature and Science mengutarakan ternyata erupsi pegunungan Deccan dimulai pada 400 ribu tahun sebelum dinosaurus punah. Jadi, itu bukanlah penyebab punahnya dinosaurus.

Dalam kesimpulan yang dipublikasikan di jurnal Science, disebutkan, sebuah asteroid raksasa menghunjam Chicxulub dan menyebabkan timbulnya asap berupa awan ke seluruh dunia hingga akhirnya menyebabkan masa dinosaurus berakhir. (Pri/AP/OL-04)

source: Media Indonesia



--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Artikel terkait :



3 comments:

Zarwin mengatakan...

kawan tu benerqn gak ...tapi thank bgt ya tas artikelnya....

Nenad mengatakan...

oh jadi gitu yah akhir kepunahannya, thanks for infonya mas

Anonim mengatakan...

kayaknya punahnya karena tenggelam pada zaman Nabi NUH A.S

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)