Jumat, Desember 31, 2010

Mengubur Logika part. 1

Pukul 09.30 barusan, aku terpaksa harus mengangkat dudukku. Berpindah dari posisi PW (posisi wueanak) menuju dinginnya ruang tengah KSW. Seperti hari-hari biasa, kerjaanku adalah melayani bapak ketua menjalankan tugas administrasinya. Kali itu, aku diminta membuat sebuah piagam. Dan berhubung dalam laptopku gak menemukan sampel lama, akhirnya terpaksa aku harus pergi ke ruang tengah dan nyari file di komputer pusat.

Minggu, Desember 26, 2010

How to Solve Audiodg.exe in Windows 7

Tiba-tiba aja laptopku jadi letoi bin lebay. Ketika itu lagi asyik ngutak-ngatik picasa 3.0 yang keren buat foto manajemen. Walhasil, langsung ku nyalain task manager, dan ketemulah masalahnya. Yupz, si audiodg tiba-tiba nyelak dan bikin cpu ku kebakaran jenggot. Agak aneh sebenarnya, karena padahal problem audiodg setahuku cuma ada di vista. But what, laptopku kan windows 7, ngapain pula audidodg ada di sini??

Akhirnya setelah sebentar searching di belantara cakar Google, ketemu juga. Dan berhasil, hehe... Nih, cara mengatasi problem audiodg di windows 7 dan vista:

Senin, Desember 20, 2010

My Old Truly Bestfriend part. 1

kau selalu bersamaku,
saat aku terlelap
dan saat ku mulai membuka mata

saat mendung-mendung itu datang
kau menjagaku dengan senyummu
pun di saat mentari cerah
kau yang menemaniku mengawali hari

Senin, November 29, 2010

Cinta adalah Misteri

Cinta adalah misteri dalam hidupku
yang tak pernah ku tahu akhirnya
namun tak seperti cintaku pada dirimu
yang harus tergenapi dalam hidupku


Begitulah ungu bercerita dalam melodinya tentang cinta. Bercerita tentang cinta seolah tak ada habisnya. Entah kenapa, akhirnya aku pun jadi tertarik dengan tema ini. Sebuah alur pemikiran yang sudah lama tak pernah ku ikuti. Pun jarang ku jadikan ia sebagai jalan cerita di blog ini. Maka jangan heran bila tak lagi kalian dapati di sini, selarik puisi.

Minggu, November 21, 2010

Rindu dan Kangen; Facebook vs Google

Ups, ko judulnya rindu dan kangen? Yeeha... ini karena dah lama sekali aku ga ngeblog. hehe, akhirnya bisa ngeblog lagi setelah dipaksa. Aturannya sih, hari ini harus dah jadi makalah buat besok presentasi. Tapi karena ngerasa banyak berutang tulisan sama blog, harus dipaksa-paksain deh nulis. :D

Okeh, sebenernya banyak banget yang ingin kubagi di sini. Yah, gimana enggak.. bahkan kalau pun mau dibagi, sehari aja bisa dapet banyak cerita. Gimana jadinya kalo udah sebulan penuh ga pernah cerita? Wkwkkwk...

Jumat, Oktober 22, 2010

Get Your Online Success Today

Internet is the most common activity today. Nowadays, there is no world for any person without internet. This is our second world which we can't never be apart. And so, if you're searching for another success, the internet world may help you best. Beside of course your real world. But who can divide the real world and internet? Therefore, sometime your success in real world will depend on your success in virtual world, a.k.a internet.

Selasa, Oktober 05, 2010

Trying to Understand Sunako Nakahara

Sunako Nakahara

Sunako always had an obsession with darkness and a morbid fascination with blood, horror movies, and similarly dark things but it wasn't until she was rejected by her first love that she openly expressed it and became even more isolated from the rest of the world. She hates excessive light exposure and also does poorly in hot weather, though the latter is because she grew up in northern Japan.

She has three "friends"; a skeleton called Josephine (with husband, sergeant George) and two anatomical figures named Hiroshi-kun and Akira-kun. While she suffers from severely low self-esteem, she is actually quite beautiful (most of her physical imperfections are a result of her self-imposed isolation from the world) and a frighteningly tough fighter, being able to lift someone twice her size with one hand. She is portrayed (mostly) throughout the manga in Super deformed form or chibi as a sort of visual metaphor for how she and others see herself; becoming beautiful when her mood becomes bold or confident.

Minggu, Oktober 03, 2010

Ikutan Mama (Ngakak)

Suatu hari sepasang suami istri yang sudah dikaruniai tiga anak, bertengkar hebat. Anak pertama berusia 5 tahun, anak kedua 3 tahun dan anak ketiga masih menyusu pada ibunya. Saking hebatnya pertengkaran itu, piring, gelas dan peralatan rumah tangga lainnya beterbangan dan pecah.

Karena istrinya tidak tahan lagi, "Pa, kalau begini terus lebih baik kita cerai! Aku sudah nggak tahan lagi melihat tingkah laku papa!", seru istrinya dengan suara yang keras dan emosi tinggi sambil membanting piring ke lantai.

Tidak mau kalah si suami pun membalas dengan suara keras dan penuh emosi tinggi sambil memecahkan gelas ke lantai, "Baik.. baik...! Kalau itu kemauanmu, silahkan kita cerai! Oke, sekarang kita tanya anak-anak, sama siapa nanti ikut! Apa sama saya atau sama kamu!!!".

Minggu, September 19, 2010

I Need Ur Help

Seekor burung kecil tiba-tiba mengusik tidurku
Warnanya yang indah, memesona retinaku
Bulunya yang halus, mematikan saraf kulitku
Suaranya yang merdu, hilangkan peka indra telingaku

Sama seperti ketika ia mentapku jernih
Lalu dengan tulus menghimpun nafas
Dan memulai kicau menghibur duniaku

Selasa, September 14, 2010

Please, Say Me a Word..

Dalam sebuah hubungan, ada tiga hal penting yang akan menentukan masa depan hubungan tersebut. Hal ini aku dapatkan dari seorang psikolog yang aku lupa namanya... hehe.. Ketiga hal tersebut adalah komunikasi, keterbukaan dan kejujuran. Trust me, tiga hal ini adalah elemen dasar sebuah hubungan. Karena alasan itulah, mungkin aku pengen kembali mengulas hal ini..

Lebih lanjut, sang pakar itu berpendapat.. bahwa dari tiga hal terpenting di atas, satu hal yang paling penting adalah komunikasi. Karena, tanpa adanya komunikasi, maka tidak akan terjadi keterbukaan apalagi kejujuran. Mo jujur gimana, wong medianya ga ada alias komunikasi.

Senin, September 06, 2010

Mengejar Malam Lailatul Qadar

Sapa yang tak mengenal Syaikh Jibril di Mesir ini? Suaranya yang merdu, dapat membuat 500 ribu orang jamaah di belakangnya menangis tersedu-sedu. Ya, beliau adalah salah satu imam terbaik saat ini. Jamaahnya di bulan Ramadhan, bisa mencapai 500 ribu orang. Sebagai gambaran, untuk bisa mendapat shaf terdepan di masjid Amru bin Ash, tempat beliau menjadi imam, maka sudah harus booking tempat sejak jam dua siang. Booking tempat jam dua siang, bukan untuk shalat Ashar, tapi shalat Tarawih! Subhanallah..

Sabtu, September 04, 2010

Investing on Gold, Always Get the Actual Gold Prices

Nowadays, in the middle of uncertain economic situation, we need an alternative investation to keep our economic balance sheet always positive. And one of these investment economic instruments is gold. Gold is unique, beside the prices is relative stable, also it has rising prices trend. You may check the price of this precious metal on the gold spot.

But, as an investment instruments you may get loss or profit from buying gold. And for this, you should know the price of gold, and beware of gold prices in spot gold.

When the gold price in a gold spot is in rising trend, you may buy gold more to get profit in short term. And on the contrary, when the price of gold falls, you could also buy more to get profit when the price is rising again.

Are you ready to make a shift into gold investment? Get a Gold Guide free here.

Selasa, Juli 27, 2010

Aktifis itu Adiktif

Kalimat ini tiba-tiba tercetus ketika aku sedang main ke rumah lamaku. Tepatnya di bilangan Madrasah, eh.. lebih tepatnya lagi kawasan belakang suq (pasar) mahattah (terminal) Asyir. Aneh juga, kenapa daerah yang lebih dekat ke kawasan mahattah Asyir ini, justru dinamai madrasah. Apakah karena ada sekolah (madrasah) di sana atau gimana. Karena sekedar tahu aja, kawasan madrasah sendiri lebih dikenal di perempatan sebelum suq Asyir tadi. Heu heu...

Rabu, Juli 14, 2010

Ngantuk

Waduwh, ko judulnya ngantuk? Aku yakin pasti temen-temen kenalanku pada ketawa baca judul tulisanku ini. Yah, karena entah kenapa mereka itu menganggapku suka tidur, alias ngantukan. Padahal, kalo ku itung-itung sendiri aku paling jarang tidur di bawah jam 12 malam. Sudah gitu, aku paling anti dengan tidur pagi. Kalaulah bukan karena tidur setelah subuh, insya Allah kalian ga akan nemuin aku tidur lagi setelah subuh.. Jadi sebenarnya, sapa yang suka tidur alias abu naum? :P

Jumat, Juli 09, 2010

PENGUMUMAN BEASISWA PROGRAM S1 KE MAROKO
TAHUN AKADEMIK 2011-2012
          Nomor : Dt.I.IV/4/HM.00/1297/2011

Berdasarkan surat Kedutaan Besar Maroko di Jakarta nomor : 0719/11 tanggal 4 Juli 
2011, diberitahukan bahwa Kerajaan Maroko memberikan penawaran beasiswa 
program S1 bagi pelajar Indonesia sebanyak 15 (lima belas) orang untuk tahun 
akademik 2011-2012 dengan ketentuan :

1. Beasiswa tersebut meliputi  bebas  biaya kuliah, akomodasi dan  insentif yang 
terbatas. Sedangkan biaya tiket pemberangkatan dari Jakarta ke Maroko 
ditanggung oleh peserta.
2. Bagi calon peserta  yang yang berminat  diharapkan melampirkan persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
a. Foto copy ijazah (Aliyah atau Pondok Pesantren) dan transkrip nilai yang 
telah terakreditasi di Kementerian Agama dan dilegalisir oleh sekolah yang 
bersangkutan dengan standar nilai minimal 7,5 (tujuh koma lima);
b. Foto copy akte kelahiran;
c. Daftar Riwayat Hidup;
d. Pas photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
3. Pendaftaran dibuka dari tanggal 9 s/d 15 Juli 2011 dan dokumen persyaratan
langsung dikirim melalui :  Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam 
Kementerian Agama RI Jl. Lapangan Banteng Barat No.3-4 Lantai 8 Jakarta Pusat 1071 
Telp. (021) 3812344  ext.326.
4. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama akan melakukan seleksi 
administrasi untuk diseleksi menjadi 15 orang yang kemudian akan diusulkan ke 
Kedutaan Besar Maroko di Jakarta.
5. Bagi peserta yang lulus seleksi akan dihubungi langsung oleh panitia dan 
diharuskan melakukan pemberkasan ulang untuk dikirim ke Maroko.

Demikian pengumuman ini agar dimaklumi.  
Jakarta, 8  Juli 2011


Direktur Pendidikan Tinggi Islam



ttd
Prof. Dr. H. Machasin, MA
NIP. 19561013 198103 1 003



Sumber: http://www.ditpertais.net
--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Sabtu, Juli 03, 2010

Edisi Curhat

Ku juga ta tahu, mesti mulai dari mana tulisanku ini... yang jelas, kondisiku sekarang antara seneng, sedih, capek, kesal dan kewan-kewannya. Ups, dan kawan-kawannya... Beuh, sampe ngetik pun salah-salah.. ya Rabb. Yah, mohon maklum karena kondisiku sekarang pun agak kurang sehat.. sejak kemarin pagi, abis bangun tidur di rumah temenku. Entah kenapa, tenggorokan rasanya kering banget... hidung juga tersumbat.. dan sangat butuh air. Tapi sayang, ketika aku bangun dan nyari-nyari air minum.. ga kutemukan kecuali hanya sepermpat gelas.. Alhamdulillah masih bisa diminum..

How Long Does The Average Masters Degree Take To Complete?

You always hear different figures for how long it takes to get a masters degree. How long it will take you to get your masters degree depends on the masters program that you have chosen, how far you are from having your masters, and how quickly you will be working through the necessary coursework. Answer these questions and you will have a much better idea of how long it will take you to complete your masters.

Rabu, Juni 23, 2010

Compare this vehicle tracking device is right for your company

If you have a company then you need to think about is how do you to enhance shareholder value. Of course, every day you think about how to order for you to develop your business. One of the things you need to do is look for employees who are experts in their respective fields. However, how can you trust with your employees’ work one time to the task of distributing the goods? Therefore, you need the vehicle tracking UK. You would hope that these tools work properly and correctly and help you in developing your business. Therefore, compare the tracking device in accordance with your company vehicle.

Jumat, Juni 18, 2010

Pengumuman Hasil Seleksi Non Beasiswa Univ. Al-Azhar Mesir 2010-2011

Alhamdulillah, akhirnya keluar juga pengumuman hasil seleksi ujian non Beasiswa al-Azhar. Setelah menunggu sekian bulan, dan sempat diundur.. Ditpertais (Direktorat Jendral Pendidikan Islam) Depag, mengeluarkan keputusannya tanggal 8 Juni lalu. Sebelumnya mohon maaf karena mungkin agak terlambat, karena kemarin-kemarin ketika mencari di situsnya belum sempat ketemu. Tapi alhamdulillah, sekarang sudah dapat informasinya. Jadi, bagi temen-temen yang tanggal 18 dan 19 Mei kemarin sudah ikut ujian kelulusan masuk, bisa melihat pengumumannya di bawah.


Sekilas Cerita tentang Orangtua Kita

Sahabat Abu Hurairah sempat gelisah karena ibunya masih dalam jeratan
kekufuran. Dalam shahih Muslim disebutkan, dari Abu Hurairah, ia bercerita.

Aku mendakwahi ibuku agar masuk Islam. Suatu hari aku mengajaknya untuk
masuk Islam, tetapi dia malah mengeluarkan pernyataan tentang Nabi yang aku
benci. Aku (pun) menemui Rasulullah dalam keadaan menangis. Aku mengadu.

Sabtu, Juni 05, 2010

Rachel Corrie, Pejuang Kemanusiaan yang Terlupakan

Akhir-akhir ini nama Rachel Corrie kembali mencuat ke permukaan, setelah 7 tahun yang lalu, kematiannya seperti ditelan bumi. Berbaring telentang mengenakan jaket oranye, Corrie yang ketika itu masih berusia 23 tahun mencoba menghentikan buldozer Israel yang hendak menghancurkan sebuah rumah warga Palestina. Tapi apa lacur, tentara Israel ketika itu tak mau berhenti dan dengan santainya melindas Corrie, tubuhnya pun sudah sulit dikenali. Israel menyebutnya sebagai tindakan bodoh dan pantas mati, sementara Amerika - tanah tempat kelahirannya - menuduhnya sebagai teroris. Di bawah ini petikan biografi singkat tentang Rachel Corrie..

Rabu, Juni 02, 2010

Kronologis Penyerangan Israel Kepada Armada Kebebasan Gaza (lengkap dengan Foto-Fotonya)



ROMBONGAN PELAUT. Sebuah perahu yang mengangkut tentara Israel mendekati perahu Turki Mavi Marmara.

Selasa, Juni 01, 2010

Foto-Foto Penyerangan Israel ke Kapal Freedom Flotilla

Siapapun yang mendengar berita penyerangan ini, pasti akan merasa marah, kesal, bahkan mungkin muak. Atau bisa jadi merasa sedih, dan haru.. tergantung kepada siap kita mengarahkan obyeknya. Foto-foto penyerangan israel terhadap kapal kebebasan Flotilla di Gaza.. berbicara lebih dari berita. Berita penyerangan Israel kepada kapal sipil Flotilla ini sungguh di luar akal sehat manusia. Bayangkan, sebuah kapal yang berisi bantuan-bantuan kemanusiaan dan dikawal oleh 800 aktivis internasional, untuk warga Gaza yang sudah bertahun-tahun diblokade Israel la'natullah, berada di perairan internasional, tanpa provokasi, dan tanpa senjata... diserang dan ditembaki oleh tentara militer israel!!

Jumat, Mei 28, 2010

Rencananya, Sepeda Motor Bakal dilarang Pakai Premium

Menurut bocoran dari pemerintah, pengendara sepeda motor akan dilarang menggunakan bensin premium bersubsidi, dan dipaksa memakai pertamax. Maaph, ni bukan pertamax gan seperti yang dicari-cari di kaskus, tapi ini pertamax beneran salah satu jenis bbm (Bahan Bakar Minyak). Alasannya, karena dikhawatirkan beban APBN akan membengkak dengan banyaknya sepeda motor yang memakai bensin bersubsidi. Karenanya, pemerintah pun berinisiatif memaksa pengendara sepeda motor membeli pertamax. T_T

Rabu, Mei 19, 2010

Agus Mustofa, Sebagai Seorang Penulis

Tepat sehabis Subuh tadi, gak seperti biasanya, sehabis begadang, aku ga lanjut tidur. Kedatangan seorang tamu yang juga pernah ke sini, membuatku berkesempatan untuk menjemput beliau. Seorang penulis produktif, yang tidak saja berhasil menerbitkan buku setiap tiga bulan sekali, tapi juga mampu membuat setiap bukunya menjadi best seller di pasaran.

Siapakah dia? Para penikmat diskusi tasawuf modern pasti mengenalnya.. Buku-buku beliau antara lain, Akhirat Tidak Kekal, Pusaran Energi Ka'bah, Bersatu dengan Allah, Untuk Apa Berpuasa, Khusyu, Membela Allah, dsb. Anda mengenalnya? Ya, beliaulah bapak Agus Mustofa.. sang insinyur teknik nuklir yang digelari kawan-kawan beliau sebagai mahasiswa jurusan sastra nuklir. :D

Senin, Mei 17, 2010

10 Daya Tarik Pria yang Bisa Membuat Wanita jadi Gila

Meski diciptakan untuk saling mengisi, dan sudah barang tentu memiliki kutub-kutub ketertarikan, kira-kira penasaran ga sih, apa yang membuat wanita jatuh cinta sama aku (cowo, maksudnya.. hehehe)? Jangan salah, biarpun tulisan di bawah ini lebih bersifat laporan, sapa tau bisa dimanfaatkan buat kita-kita yang masih cari tulang rusuk yang hilang.. ^^v

Pria bisa menjadi sangat seksi di mata wanita. Bukan hanya karena bentuk tubuhnya, tetapi juga sikap manisnya. Daya tariknya membuat wanita jatuh cinta.


Ketahui sepuluh daya tarik pria yang membuat wanita tergila-gila. Mungkin salah satunya adalah yang membuat Anda jatuh cinta pada pasangan.

Sabtu, Mei 15, 2010

Artikel Bursa dan Saham dalam Perspektif Ekonomi Islam

Pagi-pagi, berencana onlen sebentar ternyata di sapa temen di facebook. Namanya Rois Fata, katanya butuh bantuan terkait artikel-artikel tentang bursa dan saham. Sambil curhat dia bilang, “Di muqorror (diktat kuliah di Azhar) Qodoya yang ngebahas hukum mesir, isinya njlimet dan ga sistematis..” Dan akhirnya sambil iseng bentar, aku coba nyari-nyari di internet, karena kubilang ga punya makalah tersebut di laptop.

Apa itu bursa saham? Dan bagaimana pasar bursa saham itu bergerak? Apa saja yang menjadikannya begitu penting, sehingga Majma’ Fiqih Islamy tidak memfatwakan untuk menghilangkannya?

Kamis, Mei 13, 2010

Tahdid Muqorror Diktat Kuliah Tingkat 3 Tafsir 2009-2010

TAHDIDAN/MUQOROR TINGKAT III TAFSIR, USHULUDDIN, UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO 2009/2010:

*ULUMULQUR'AN

1-159 muqoror sisanya qiro'ah (ada talkhisan dari duktur)

*KHITOBAH
1-68 muqoror
83-85 muqoror
5-6 judul khutbah diantaranya huququl mar'ah, birrul walidain, alkhomru wal kabair, addu'a silahul mu'min dll (yang muhim dari semua judul itu birrul walidain & alkhomru wal kabair).
ada catatan tambahan dari duktur.

Senin, Mei 10, 2010

Karakter Berdasarkan Tanggal Lahir

Tulisan ini kudapat dari blog orang, kemudian ku posting ulang di sini sebagai bahan arsip. Di bawah ini menjelaskan secara singkat tentang bagaimana karakter dan bawan watak seseorang yang lahir pada tanggal tertentu. Hal ini bisa Anda temukan dan bisa dicocokkan pada teman, saudara ataupun pada diri Anda sendiri terkait karakter yang dijelaskan di sini. Benarkah karakter seseorang bisa dibaca atau ditentukan oleh suatu hal yang sifatnya takdir, seperti tanggal lahir ini? Dan benarkah ramalan ini bisa dipercaya, atau malah ga boleh kita percayai? Soalan ini pernah dulu kubahas, dan jawaban singkatnya adalah.. silahkan anda baca, dan anda cocokkan, akan tetapi tidak untuk kita percayai mutlak kebenarannya. kata Rasul, "kadzaba al-munajjimun walau shadaqu.." sesungguhnya orang-orang ahli perbintangan (dukun, dsb) itu berbohong, meskipun (bisa jadi) yang dikatakannya (ternyata) benar.

Minggu, Mei 02, 2010

Beasiswa Universitas Afrika Internasional Khartoum Sudan dan Non Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir 2010-2011

Sehubungan akan dilaksanakannya seleksi Beasiswa Universitas Afrika Internasional Khartoum Sudan dan Non Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir program S1 tahun akademik 2010-2011 maka Direktorat Pendidikan Islam perlu mensosialisasikan program tersebut keseluruh Perguruan Tinggi Islam yang ada di Indonesia.

Minggu, April 25, 2010

Kebenaran, Relatif atau Mutlak?

Sempat tertarik dengan diskusi yang ada di lapak sebelah soal redefinisi aliran sesat, tapi alih-alih memberikan definisi baru.. menurut saya justru artikel di sana, malah memberikan definisi lain yang lebih blur.. alias ga jelas. Persoalannya sederhana, karena patokan kebenaran menurut kang as adalah relatif. Karenanya, tanpa sebuah patokan, sesuatu hal (benda) tidak bisa dinilai atau dihukumi.

Malam yang INDAH!!! Juventus vs Bari

Malam ini rasanya begitu indahhh.. sejenak rasanya bisa mengesampingkan beban deadline di otak. Hehehe.. Bukan karena apa, tapi ini berkat kemenangan Juventus atas Bari, telak 3-0 di kandang. Akhirnya... setelah sekian lama aku ga download lagi highlight pertandingan juve, malam ini aku bisa download lagi... heu heu.. karena biasanya, kalo ga menang ya ga usah ditonton. :D alias cukup sedih aja di kamar.. *lebay

Sabtu, April 17, 2010

Bill of Exchange dan Sekuritas dalam Ekonomi Syariah

Pada sore tadi, tepatnya pukul 16.00 CLT, seperti biasa diadakan kajian reguler mingguan 'warga' PAKEIS level 3. Kali itu kembali diadakan di ruangan Syatibi Center, masih di bilangan Rabeea El-Adawea.

Sore itu, kita membahas persoalan Auraq Maliyah (surat-surat berharga, efek, sekuritas) dan Auraq Tijariyah (bill of exchange, syuftaja, promissory note, kimbiyalah). Dan pada kesempatan ini, tampil sebagai pembicara adalah Rahman Alfajri berduet dengan Irfan Asy'ari. Rahman membahas materi Auraq Maliyah atau surat-surat berharga (sekuritas) sedangkan Irfan membahas materi Auraq Tijariyah. Lain itu, bertindak sebagai moderator sekaligus notulen adalah saudara Dude's Medley, atau yang dalam akte kelahirannya tertulis Dudi Kurniawan.

Kamis, April 15, 2010

Meratapi Sinetron Drama Ibu Pertiwi

Entah apa lagi yang bisa diucapkan setiap kali melihat halaman demi halaman berita online tanah air. Silih berganti kasus bergeser. Menjadi sebuah slide film yang tak utuh. Harus penulis sebut tak utuh karena, hampir sebagian besar jalan cerita slide itu tak pernah ketahuan ujungnya. Tak satupun dari puluhan kasus yang udah lewat bisa kita temui endingnya. Istilahnya, sebuah cerita tanpa akhir. Belum selesai satu kasus, datang lagi kasus-kasus yang lainnya. Entah fenomena apa ini..

Jumat, April 09, 2010

Blogging via Windows Live Writer

Iseng-iseng, tadi pas utak-atik daleman laptop, ternyata ngedapetin bahwa windows 7 ku masih belum ada outlook-nya. Pas aku ketik kata outlook di kolom search program and files, bukannya nongol tuh program, eh malah tulisannya windows live. Nah lo, akhirnya iseng aja aku ceklik, dan eng-ing-eng.. ternyata ngebawa aku ke halaman microsoft windows live. Niat awal sih, pengen nyobain synchronizing acrobat.com dengan outlook, eh pas ngeliat ada blogging via desktop, ko naluri menulisku langsung terusik. Ekekekeke….

Selasa, April 06, 2010

Cara Gampang Bikin Posting Bahasa Inggris

Sering mengalami kebuntuan posting untuk bahasa Inggris? Ada tips yang menarik hasil dari ubek-ubek internet tentang gimana cara mudah dapetin original content untuk posting bahasa Inggris. Tak jarang, diantara kita mungkin bingung.. karena tidak semua diantara kita bisa posting bahasa Inggris. Padahal, bagi yang pengen bermain di dunia bisnis internet.. pasa potensial adalah dengan posting bahasa Inggris. Nah, kali ini aku pengen bagiin gimana cara mudah buat dapetin original content berbahasa Inggris.

Kamis, April 01, 2010

Meraba Sketsa 7 Pribadi dalam Diri

Sore itu tubuh ini berasa sangat lelah. Pandangan mataku sayu. Remang-remang gelap menuju senja semakin membuat kabur pandanganku. Perjalanan ke daerah Dokki siang itu benar-benar menguras tenaga. Makan pagi ala chips Syibsi jelas tak kuasa menopang banyaknya energi yang harus keluar. Apa boleh buat, demi mendapatkan 'jatah' bulan ini.. sekitar ratusan mahasiswa penerima bantuan itu rela berdiri antri berpanjang-panjang. Termasuk di antara mereka adalah diriku.

Minggu, Maret 28, 2010

Get a Blomus Stainless Steel Set for Outside Dinner

Welcome to the Spring in Cairo. The wind blows lightly and gives us a fresh air. What an amazing weather for doing activities outside. But in Cairo, the weather is not really good all the day. Sometime I think the weather is too cold, but in the noon it's rather hot. If so, we may need a fireplace set to make some outside dinner in the night.

Jumat, Maret 19, 2010

Sekilas Cerita tentang Dunia Mayaku

Barusan berkunjung ke blognya Maya, seorang blogger yang juga cerpenis, dan masih satu jenis santri denganku, santri al-Azhar dan 'Kampus Masisir'. Dalam tulisannya, Maya cerita soal kaitan antara dunia maya-nya dengan dunia nyata. Sebenernya, kalau kupikir dia ga berhak membeda-bedakan dua dunia itu.. Tak lain karena, dunianya dia itu adalah dunia maya thok, gak peduli yang nyata ataupun yang maya. Kok bisa? Lah, kan yang punya dunia si Maya... jadi ya, dunia Maya semua... ekekeke.. (Peace99x)

Kamis, Maret 18, 2010

8 Fase Hubungan Yang Akan Kamu Alami Bersama si Dia

Langsung aja gan, abis ngubek-ngubek kaskus dan ga dapet petromax.. akhirnya posting aja ginian... ada 8 fase yang kita alami dalam berhubugan dengan lawan jenis kita. Ini sih generalisir, tapi ada beberapa sisi yang mungkin kita temui kesamaannya.. No offense.. mungkin ada juga yang engga ngalamin... Just for fun!!

Rabu, Maret 17, 2010

Merintis Kajian Islamic Studies IKPM Kairo

Dinginnya udara malam kota Kairo, semakin membuatku merasa ingin lebih merapatkan tarikan jaket biru ini. Suatu keadaan cuaca yang aneh pikirku. Gimana enggak, baru aja kemarin cuaca kota Seribu Menara ini dilanda pergantian ekstrim, super hot.. hari itu bahkan sempat kulihat, forecast extension di browser Chromeku melaporkan panas udara hingga 36 derajat. Beiuh... Status-status anak-anak Kairo alias Masisirpun tiba-tiba penuh dengan keluhan panasnya kota ini.

Need an Algebra Help?

Algebra as Wikipedia.com said, is the branch of mathematics concerning the study of the rules of operations and relations, and the constructions and concepts arising from them, including terms, polynomials, equations and algebraic structures. Or, for the simple one, it is about x and y number. And together with geometry, analysis, topology, combinatorics, and number theory, algebra is one of the main branches of pure mathematics. But as usual, mathematics study always make us worried, fear, panic and also phobia. It just because, not all of us is smart enough to think like Einstein. But mathematics is also the main study that we always ought to take it. So, may be we will need an assistant.

Trauma tapi Cinta

Trauma, dalam kamus KBBI Daring (Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan) dijelaskan bahwa kata ini adalah sebuah kata benda (noun) yang artinya; 1 keadaan jiwa atau tingkah laku yg tidak normal sbg akibat dr tekanan jiwa atau cedera jasmani; 2 luka berat. Ada juga yang memberi penjelasan tentang trauma sebagai berikut; segala sesuatu yang memiliki sebab, dan membuat manusia menderita untuk waktu yang lama, mungkin juga sepanjang hidup mereka, membuat mereka merasa sedih, menghantui generasi mendatang, adalah trauma.

Senin, Maret 15, 2010

Tajdid an-Niyat Manajemen Konflik ala Gontor

Berbicara tentang hidup dan kehidupan, tak kan pernah lepas dari konflik dan masalah. Karena, sebagaimana sering disebut ayahanda ust. Syukri, bahwasanya tanda seseorang berdinamika, hidup dan bergerak, adalah adanya gesekan-gesekan. Tanpa ada gerakan tak kan mungkin timbul sebuah gesekan. Bagaimana mungkin sebuah batu mengalami gesekan, bila tanpa ada bentuk gerakan darinya? Mustahil bukan?

Jumat, Maret 12, 2010

Cari Tambahan Dolar di Neobux

Terus terang, sebenarnya agak males kalau disuruh bicara soal PTC. Apa itu PTC? PTC singkatan dari paid to click. Ini adalah salah satu jenis program internet business atau bisnin online di dunia maya. Kenapa, kok males ngomongin duit? Hehehe, tak lain dan tak bukan, karena aku orangnya ga suka dengan suatu pekerjaan yang 'sia-sia'. Hah, masak sih PTC ga menghasilkan sama sekali?

Minggu, Maret 07, 2010

Penyebab Kepunahan Dinosaurus

WASHINGTON--MI: Sekelompok peneliti top kembali menegaskan bahwa penyebab punahnya dinosaurus adalah jatuhnya sebuah asteroid raksasa ke Bumi.

Anda tentu pernah mendengar pernyataan itu bukan? Pada 1980, Louis Alvarez dan putranya, Walter, memublikasikan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa punahnya dinosarus sekitar 65 juta tahun yang lalu disebabkan efek jatuhnya sebuah asteroid raksasa.

Jumat, Maret 05, 2010

Di Mana Kamu akan Mati?

Mati, kematian, wafat, gugur, meninggal... adalah kata-kata yang sering kita dengar. Tak hanya sering kita dengar kata-katanya, tapi peristiwanya pun mungkin sering kita lihat. Berbagai media massa baik cetak maupun online pun sering menggunakan kata-kata itu. Menyampaikan fenomena wajar dan peristiwa alamiah ini kepada kita. Baik berita tentang matinya binatang, atau kematian ribuan orang karena bencana alam. Dan khususnya di daerahku di Jawa, biasanya ada pengumuman tentang kematian seseorang. Yang kemudian, para penduduk diminta untuk membacakan surat al-Fatihah bagi si wafat. Atau bahkan dalam kultur NU yang kental, akan diadakan acara Yasinan, atau 40 hari, dan 1000 hari, untuk membacakan beberapa surat al-Quran bagi si mayit.

Istighfar yang Terulang




--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Selasa, Maret 02, 2010

Aturan-Aturan Kaum Pria untuk para Wanita

Wahai para wanita, bacalah ini :



Harap dicatat: Kami memberi semua poin disini dengan nomor "1" DENGAN SENGAJA!!



# 1. Gak usah protes klo dudukan toiletnya terbuka. Klo dudukannya terbuka, tutup aja lagi.

Kami mau dudukannya kebuka, kalian mau dudukannya tertutup.
Toh kalian tidak gak mendengar kita ngeluh kalo dudukannya tertutup.


Jumat, Februari 26, 2010

Pluralisme Agama dan Persoalan Definisi

Membahas tema pluralisme, akhir-akhir ini semakin menarik. Terlebih setelah wafatnya KH. Abdurrahman Wahid, atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur, yang bahkan oleh SBY disebut sebagai Bapak Pluralisme Agama Indonesia. Namun faktanya, MUI sendiri telah melarang penyebaran isme ini, bahkan memberinya fatwa haram atas ideologi ini. Akan tetapi, mengapa bangsa kita yang notabenenya mayoritas muslim, justru mencela dan mengatakan ‘bodoh’ terhadap MUI atas fatwanya itu?

Senin, Februari 08, 2010

Saat Hitler dan SBY Bersaing | Hitler vs SBY

Langsung aja gan.. buffering videonya. Apa aja yang dikatakan Hitle tentang SBY selama 100 hari kerja pemerintahannya ini?





--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Sabtu, Februari 06, 2010

Get Your Free Translation Service by The Professional

Starting a business from the bottom is not always easy. In a very minor way, someone can get best chance in best situation. Sometime, or you can say, in a common way, a small business will not able to pass their start step to become success without a great budget to move their business. One of their expensive charge is to pay the professional translators. And only a large corporate have budget for this.

Jumat, Februari 05, 2010

Tips dan Trik Nelfon Hemat ke Luar Negeri

Ciu-ciu, akhirnya... yang ditunggu-tunggu hadir. Ada tips n trik baru nih, gimana caranya biar bisa nelpon murah ke Luar Negeri. Kapaaan gitu, ada tips n trik biar bisa nelpon ke Luar Negeri, semurah nelfon lokal. T_T

Dan akhirnya, dengan ini neilhoja pengen kasi tau, triknya... ^^v

Udah jadi rahasia umum bahwa cara termurah nelfon ke luar negeri adalah dengan VOIP. Apa tuh VOIP? Voip singkatan dari Voice Over Internet Protocol. Secara sederhana, adalah nelfon via internet. Kalo kata neng Wiki, begini artinya, "Voice over Internet Protocol (VoIP) is a general term for a family of transmission technologies for delivery of voice communications over IP networks such as the Internet or other packet-switched networks."

Selasa, Februari 02, 2010

Daftar ATM yang Dipasangi Skimmer

Jakarta, (tvOne)

Kasus pembobolan rekening nasabah bank dengan modus pencurian data magnetik (skimming) kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) meresahkan warga. Di Indonesia, ada enam bank yang berhasil disusupi yaitu BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata dan Bank Internasional Indonesia.

Pada 1 Februari 2010, Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri merilis daftar mesin ATM yang diduga sudah dipasangi skimmer di Bali dan beberapa daerah lainnya.

Berikut rinciannya:

Minggu, Januari 24, 2010

My New Internet Speed




Gila... speed internetnya sampe 7 mbps!!! Ck ck ck... Abis kemarin-kemarin mati, sekarang speednya ngelunjak. Ko, kayak diempet yo... pas kebuka, langsung muncrat!! :D

Ala kulli haal... alhamdulillah. Akhirnya bisa onlen lagi di rumah.. heu heu.. kapan-kapan aku ceritain gimana bisa onlen lagi. Thanks to Yahoo Messenger.. ^^v

--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Sabtu, Januari 23, 2010

"Maafkan" Lyric song by Dimas

kubaca dari sinar matamu
sekilas mungkin kutahu
namun rasaku tak bisa
menjawab saat sekarang

ada cinta lain di hatiku
bukan kamu yang ku mau
ada yg lain yg belum
tentu juga mau aku


Jumat, Januari 22, 2010

Never Miss an Event, Book Now!!

To visit an event at a public place is another way to get an entertainment. Sometime we would feel really suck in life, because a bored routine activities. Workplace, home, tv, garage, school, and bla bla bla... 24 hours a day and 7 days a week. To meet somebody or to do activities on a same way will catch us in a bored and stuck situation. And if you want to get some fresh air away from this stuck situation, you may come and watch an event. Some events are: theatres, sports, concerts, etc.

Diantara Beragam Ujian

Alhamdulillah... akhirnya bisa balik ngeblog lagi. Hiu-hiu... setelah sekian lama ga pernah online, akhirnya tuk sementara aku balik ke dunia maya. Selain disibukkan dengan diktat kuliah dan padatnya ujian, ditambah dengan ujian lain.. yakni internet di rumahku yang tiba-tiba ngambek. -_-" Tak ada angin tak ada hujan, entah gimana.. tiba-tiba aja speed internet tiba-tiba down. Parahnya, ketika pen nyoba buat benerin, eh malah jadi matot. T_T

Sabtu, Januari 09, 2010

Keep Your Company Clean from Electronic Waste

Nowadays, We always keep in fight against environmental pollution. You maybe ever watch at theater the 2012 movie, which describe us how can the disaster will destroy our earth within minute. All people in the world have to get involved in this action for keeping our earth away from any disasters. Last days, we hear an earthquake at Padang, Indonesia. And if you see the graphics of disasters occurs, you will know.. how our earth is getting darker and more because of the pollution.

Kamis, Januari 07, 2010

Sedih, Senang, Terharu, Gembira, Meledak-Ledak, Maaf

Bismillah.. Hari ini, dan sejak bebarapa hari yang lalu.. seperti yang aku bilang, bahwa saat ini aku sedang dilanda kegamangan. Hingga tak jarang, perjalanan karir blogku pun sempat tersendat-sendat, khususnya yang terkait dengan adab blogging. Sebut saja semisal update posting, blogwalking dan commenting. Bahkan mungkin sudah hampir sebulan aku ga pernah ngelakuin itu lagi. Kecuali untuk masalah posting yang terpaksa (karena tuntutan profesi, ceileh.... )atau posting dengan isi yang ga jelas. Bahkan boleh dibilang, kalau isinya hanyalah curhat.. :-s

Selasa, Januari 05, 2010

Practice Online Casino on The Net

Casino is a place that you can play gambling legally. In this place, that usually to be hold in a building, you can play such roulette, poker, and another gambling games. Because it is a gambling game, you may not will always be the winner. But of course you can make bigger opportunity for winning with a good strategy. You can get more money with better strategy. But how we can be such a good player in casino? For playing casino, you may go to a special city, such Las Vegas. But nowadays, you still get much money by sitting in front of your laptop. Yea, you can play Online Casino, and still get much money for your hobby. Does it sound interesting?

Minggu, Januari 03, 2010

Download Ebook Gurita Cikeas Full dan Wawancara Rusdi Mathari dengan George Junus Aditjondro

Akhir-akhir ini, nama George Junus Aditjondro, penulis buku Gurit Cikeas begitu santer dibicarakan. Tak lain dan tak bukan, karena berita tentang pencekalan bukunya oleh pihak tak dikenal, sebagaimana dikutip kompas.com Buku itu diklaim oleh sang penulis adalah hasil penelitian ilmiahnya akan jaringan cikeas yang sudah mengakar di negeri ini. George mencoba mengungkap yayasan-yayasan keluarga Cikeas dan sepak terjangnya.


Diantara nama-nama lembaga yang terkait adalah kantor berita Antara dan Partai Demokrat. Namun, tak semua menyambut baik hadirnya buku ini. Ada beberapa kaskuser yang justru mencibir George, dengan mengatakan bahwa isi bukunya tak lebih dari data-data sekunder biasa. Tak ada yang menarik.

Bahkan seperti dikutip Cak Rusdi, wartawan yang juga seorang blogger, bahwa Denny Idrayana S.H., LL.M., Ph.D., staf khusus presiden itu, menyempatkan menulis status di Facebook-nya soal buku. Kata dia, “Buku sampah. Informasi sampah. Gosip sampah. Kalaupun didapat, ya langsung masuk tempat sampah, tidak usah pula terlalu ditanggapi atas nama kebebasan berpendapat pula, ah ora pantes je! Keep fighting for the better Indonesia. Just Doa and Do the best!”

Akan tetapi, yang sangat disayangkan banyak pihak, penarikan buku yang tidak sesuai prosedur. Dan publik menjadi kian penasaran dengan berita penarikan yang dirasa sangat tidak biasa di alam reformasi ini. Aku sendiri jadi heran, apakah ini Orde Baru jilid II?

Nah, buat temen-temen yang penasaran dengan buku ini silahkan membaca atau mendownloadnya di sini:

Download Buku Gurita Cikeas George Junus Aditjondro Pra Cetak


Download Ebook Gurita Cikeas Bank Century Full
(183 hal.)

Selanjutnya, ada juga hasil wawancara cak Rusdi dan kawan-kawan dengan george. Begini petikan wawancaranya:

Wawancara
BUKU Membongkar Gurita Cikeas, di Balik Skandal Century membuat geger. Diluncurkan kali pertama di Yogyakarta, 23 Desember 2009, buku itu menimbulkan polemik hingga berakhir dengan drama “pemukulan” oleh George Junus Aditjondro kepada Ramadhan Pohan, di Doekoen Coffee, Pancoran, Jakarta Selatan, sepekan kemudian.

Ramadhan adalah Pemimpin Redaksi Harian Jurnal Nasional dan George menuduh koran itu dimodali oleh Boedi Sampoerna, salah satu nasabah Bank Century. Dalam beberapa kali pertemuan di acara televisi, lewat buku itu, George dituding Ramadahan sedang berhalusinasi, sebaliknya George menuduh Ramadhan terus memprovokasinya.

Namun soalnya tentu bukan tentang saling tuding antara kedua orang itu. Soalnya adalah buku George, salah satu buku yang kini paling banyak diburu orang.

Beberapa jam setelah acara peluncuran buku di Doekoen Coffee dan insiden “pemukulan” itu, George menerima Agus Triyono, Ezra Sihite, Rangga Prakoso dan Rusdi Mathari dari Koran Jakarta untuk menjelaskan beberapa hal seputar bukunya dan perseteruannya dengan Ramadhan. Wawancara diselingi dengan dering telepon George yang menerima banyak permintaan wawancara dari media elektronik. Sore, Rabu 30 Desember lalu, George memang tampak kelelahan tapi dia menjawab semua pertanyaan.
Berikut petikannya:

Anda menyesal setelah “memukul” Ramadhan Pohan?
Tidak apa- apa dan tidak masalah. Sekali-sekali perlu juga dikasih pelajaran. Begini, kalau saya maki Anda berkali-kali, saya fitnah Anda berkali- kali, maka pertama, Anda bisa diam saja, kedua Anda bilang “Eh diam,” ketiga plak… (memperagakan pukulan back hand). Gini-gini kan aku bekas pemain badminton (tertawa). Dulu pernah juga main yudo.

Kenapa Anda terprovokasi?
Saya kira saya punya emosional, selain sisi rasional dan itu manusiawi. Ini sudah yang ketiga kalinya, dia (Ramadhan Pohan-Red) mengatakan saya berhalusinasi. Saya pernah lari ke Australia, lari dari rezim Soeharto dengan harapan bisa meneruskan oposisi. Ketika itu menimbulkan kontroversi. Buyung (Adnan Buyung Nasution-Red) termasuk tidak setuju, dan mengatakan George bukan kesatria. Saya memang bukan kesatria tapi Brahmana.

Anda menyebut, ini upaya Ramadhan yang ketiga?
Ini sudah ketiga kalinya dia bercerita yang sama. Makanya yang berhalusinasi itu siapa?

Merasa dijebak?
Sesudah saya renungkan. Dia kemudian pergi ke polisi. Baru saya sadar dijebak.

Ramadhan melaporkan “pemukulan” dirinya kepada polisi?
Nanti kita akan hadapi. Ada saksi di sini (Doekon Coffee- Red) yang tidak mengatakan saya memukul. Tangan saya tidak menyentuh bahkan buku saya pun mungkin juga tidak menyentuh dia. Saya memang ingin menghentikan halusinasi dia. Karena yang berhalusinasi bahwa keluarganya di kampung menganggap dia bagian dari Century adalah dia (Ramadhan Pohan-Red). Padahal tidak ada tulisan tentang dana Bank Century yang mengalir ke koran Jurnal Nasional tapi Ramadhan balik, bahwa saya menuduh dia? Itu bisa dibuktikan dalam buku itu. Kita bicara tentang buku.

Ramadhan mengaku pernah membantu Anda?
Itu setahun yang lalu. Saya dipakai dia untuk berjualan terus. Padahal waktu itu tidak banyak yang dia bikin.

Anda menganggap tak ada masalah dengan insiden tadi?
Saya kira dia pintar main drama. Artinya sesudah itu langsung dia berputar dan langsung berkata aduh. Nanti akan dikatakan, George memukul anggota DPR.

Tadi ketika acara peluncuran buku Anda, ada demonstran yang menuntut kewarganegaraan Anda?
My biological background, Ibu saya Belanda dan Bapak saya Jawa. Saya besar di Makassar . Di rumah pakai tiga bahasa Indonesia, Belanda dan Makassar. Bapak saya Jawa, Islam abangan. Ibu saya Belanda, Protestan abangan. Saya bukan menjadi burung gereja tapi burung rajawali. Saya belajar teologi pembebasan. Inspirasi Katolik, analisis Marxis. Mungkin karena pernah besar di dua budaya, Jawa dan Makassar, membuat saya senang antropologi tapi saya juga senang komunikasi lintas budaya.

Anda warga Belanda atau Indonesia?
Itu legalistis. Jiwa orang tergantung dari selembar surat. Itu konservatif. Melihat orang dari paspor dan paspor tidak menentukan patriotisme. Berapa banyak pengemplang BLBI, punya beberapa paspor? Berapa banyak pelanggar HAM yang punya paspor Indonesia ? Kalau mau jadi peneliti, cobalah menjadi orang yang bisa lintas disiplin, lintas bangsa.

KTP punya kan?
Pertanyaan Anda kayak polisi

Apa yang sebetulnya ingin Anda sampaikan lewat buku ini?
Sudah terjawab dari awal launching buku tadi. Spesialis sosiologi korupsi, bidang yang terlalu luas. Bidang yang orang agak segar. Ada orang yang suka menantang bahaya. Adrenalin saya menantang penguasa. Menantang kemapanan. Saya menulis tentang budaya Papua karena orang Jawa menghina Papua. Buto digambarkan hitam, keriting, dan dua mata besar. Sedangkan kesatria, berperilaku halus, santun dan bermata satu. Saya kan juga belajar budaya Jawa.

Anda mendapatkan banyak ancaman setelah menerbitkan buku ini?
Yang saya dapat bukan ancaman tapi fitnah. Dan saya ingat kata-kata Gus Dur, seseorang yang makin banyak di fitnah di bumi makin besar pahalanya di surga.

Sudah ada telepon dari orang-orang SBY?
Kalau nomor yang tidak saya kenal maka akan saya matikan. Nomor-nomor baru yang muncul akan saya duga-duga, teman atau bukan.

Judul buku Anda menggunakan frasa gurita, lalu siapa yang menjadi kepala guritanya?
Silakan tebak sendiri. Kepalanya siapa yang memakai mahkota, banyak kantong matanya. Itu hasil diskusi dengan seniman.

Jadi siapa yang Anda maksud sebagai Gurita Cikeas?
Tidak. Istilah “Gurita Cikeas” adalah sinergi dari semua komponen dan semua komponen pasti punya the god father-nya. Tidak jelas apakah dalam “Gurita Cikeas” ini dia punya the god father atau the god mother.

Menko Polkam Djoko Suyanto, balik bertanya, ke mana saja Anda, kok baru sekarang menulis soal yayasan di bawah SBY?
Berarti dia belum baca tulisan saya tahun 2006 yang memetakan bisnis elite dari Soeharto hingga SBY.

Pihak Antara sudah melakukan somasi pada Anda terkait buku ini?
Somasi Antara sudah saya terima kemarin dan disaksikan oleh wartawan. Lawyer yang ditunjuk Antara untuk mengantarkan somasi itu, sebelumnya telah menelepon saya dan ingin bertemu dengan saya empat mata atau enam mata karena saya berkacamata. Saya merasa aneh karena waktu itu dia mengatakan “Kita bertemu empat mata saja jangan ada wartawan dan saya akan foto dan foto itu akan sekadar saya gunakan untuk laporan ke atasan saya, ke pemberi order dalam hal ini Antara.”

Saya curiga dan tidak mau, karena jangan- jangan foto itu nanti akan dipelintir “George sudah meminta maaf ke Antara melalui penasihat hukumnya.” Dia lalu hanya memberikan dokumen kepada saya dan langsung pamit. Tadi malam saya baru baca isi somasi itu.

Isinya, saya akan mengoreksi dan minta maaf dan ucapan maaf itu akan dimuat di sekian banyak media dan harus dilakukan dalam waktu 2x 24 jam. Jelas sampai saat ini saya tidak akan minta maaf. Ini adalah penelitian. Saya punya penelitian, hasilnya demikian dan pimpinan Antara berpendapat lain.

Jadi Anda akan melakukan revisi?
Dalam edisi revisi, pandangan yang lain juga akan saya masukkan. Juga pandangan yang lain tentang kedudukan Rully Iswahyudi. Sebab dalam buku itu dengan mengutip situs resmi Partai Demokrat, sampai dengan 20 Juli 2009, Direktur Pemasaran Antara masih merupakan staf khusus Bapilu Partai Demokrat. Ini pelanggaran undang-undang. Memang banyak partai lain juga melakukan dan semuanya sudah mengundurkan diri termasuk Demokrat tapi mereka mengundurkan diri kan setelah mendapatkan teguran dari Bawaslu.

Sebelum ditegur oleh Bawaslu dan kemudian ditarik oleh Hatta Radjasa, bagaimana jaminan kita bahwa kedudukannya di BUMN tidak dipakai untuk mengalirkan uang ke partai? Ini perlu diaudit dan saya tidak lagi percaya pada auditing dari Bapilu. Sekarang, perlu ada auditor rakyat untuk mengaudit hal seperti demikian. Jadi dengan demikian ralat saya adalah saya akan masukkan dua versi. Menurut versi situs Partai Demokrat Rully masih menjadi anggota dan menurut pimpinan Antara, dia sudah mengundurkan diri.

Anda sadar, buku Anda akan menimbulkan gejolak?
Sebetulnya dalam semua penelitian, semua gejala sosial punya banyak dimensi dan punya banyak versi. Seorang peneliti yang baik, akan berusaha memasukkan semua versi dan itu merupakan sebagian kecil dari revisi. Bagian yang lebih banyak lagi adalah mengenai Demokrat dan banyak sekali yang belum masuk. Itu sebabnya saya sudah memperhitungkan bahwa dari 183 halaman mungkin akan menjadi 250 halaman. Itu akan dikerjakan sementara mencetak cetakan kedua untuk melayani teman- teman di luar Jawa yang sama sekali tidak punya kesempatan meng-copy, membajak, atau download di internet. Sekarang buku saya sudah banyak dibajak. Itu hal biasa, karena dulu tulisan saya tentang Soeharto dan B.J. Habibie juga dibajak. Hanya karya yang bermutu yang dibajak orang. Karya yang tidak bermutu tidak (tertawa).

Apa motivasi Anda melakukan riset dan menerbitkan buku ini?
Motivasi saya ada motivasi politik, ada motivasi intelektual. Jualan saya adalah korupsi. Sosiologi korupsi bukan koruptor. Karena sosiologi korupsi begitu luas, dalam dunia ilmu pengetahuan ada yang namanya spesialisasinya.

Ini adalah buku saya yang ketiga tentang korupsi kepresidenan. Buku saya yang pertama judulnya juga menggelitik dan mungkin ada yang tersinggung karena judulnya adalah Guru Kencing Berdiri Murid Kencing Berlari. Soeharto dan Habibie adalah dua puncak KKN Orde Baru. Hampir saya tambahkan dengan edisi revisi dengan menambahkan Ginandjar Kartasasmita. Bahkan judulnya sudah ada, Soeharto Kencing Berdiri, Habibie Kencing Berlari dan Ginandjar Terkencing-Kencing. Reproduksi oligarki berkaki tiga, sudah masuk juga era SBY-JK.

Jadi buku ini adalah kelanjutan intelektual saya. Saya rasa intelektual Indonesia sering tidak berani menyentuh hal-hal yang tabu seperti menyentuh Timor Timur, militer, kepresidenan. Kalaupun ada buku tentang korupsi, itu semua masih bersifat umum. Saya rasa sangat berbeda dan saya ingin membuktikan bahwa orang Indonesia juga bisa menulis buku dan buku ini harus dilihat berdampingan dengan buku korupsi kepresidenan.

Banyak yang mempertanyakan keilmiahan buku Anda ini?
Bagi saya, segala macam itu sering dibelenggu orang sekolahan. Terus terang, buku saya tidak berpretensi untuk seilmiah mungkin. Buku saya merupakan ilmiah populer, dalam arti menggunakan data, bahasa supaya kita bisa melihat apa yang sedang terjadi. Saya kira untuk melawan kekuasaan kita perlu berhias. Di stasiun TV dikatakan ada cover both side, which side? Artinya saya mendahulukan meng-cover the exploited side. Kalau itu dikatakan tidak ilmiah, kita bisa berdebat tentang paradigma. Tidak ada paradigma tunggal.

Soalnya, Anda dianggap banyak menggunakan data sekunder?
Itu berarti mereka tidak mengerti metodologi penelitian. Saya sudah bilang, apa salahnya data sekunder? Untuk apa orang membuat situs (internet)? Untuk apa kita membuat itu? Anda pernah melakukan studi kepustakaan kan ? Internet adalah perpustakaan virtual. Jadi tidak perlu semua data, semua majalah, jurnal, harus ada di rumah tapi bisa diakses dari internet. Tidak ada masalah.

Butuh waktu berapa lama melakukan penelitian untuk buku ini?
Sejak dia (SBY-Red) menjadi calon presiden. Saya ini kan presidential watch. Siapa pun yang mencalonkan diri menjadi presiden, saya akan kumpulkan datanya. Jadi fair, dan tidak hanya berhenti di Soeharto. Karena dengan menumbangkan Soeharto, tak berarti penyakit Orde Baru bisa dihilangkan.

Mengapa Anda sering memosisikan diri sebagai oposisi?
Karena saya rasa terlalu banyak hal yang dianggap tabu. Berbicara tentang negara, kita dilarang berbicara tentang federalisme. Bicara soal ekonomi tidak boleh bicara sosialisme yang identik dengan komunisme. Jadi saya ingin menelanjangi hal-hal yang selama ini ditutupi. Itu yang mendorong saya menjadi.

Oposisi itu anti kemapanan. Anti terhadap hal yang ditabukan. Misalnya, Indonesia sudah bebas bicara federalisme, saya tidak perlu lagi berbicara tentang itu. Misalnya, yang nonmuslim sudah tidak alergi terhadap orang yang bicara negara agama. Saya ini pendobrak kemapanan. Melawan mainstream. Di pihak lain saya memiliki fungsi sebagai penghubung di antara unsur, kultur, komunitas dan bangsa yang berbeda.

Pernah ada titik lelah, kemudian ingin berhenti atau malah tidak pernah sama sekali?
Kalau saya lelah di politik, bisa melampiaskan kesenangan ke lintas disiplin di bidang lain. Karena saya orang Gemini maka saya suka seni. Latar pendidikan saya IPA. Kuliah empat tahun elektro dan kemudian mengambil ilmu sosial. Doktor, tanpa S1, tanpa diploma ijazah SR (Sekolah Rakyat-Red). Saya akan lelah kalau hidup monoton. Saya akan bingung bila semua berjalan lancar.

Kami dengar buku Anda sebetulnya akan diterbitkan saat musim kampanye Pemilu Presiden lalu?
Ada rencana meng-update buku Korupsi Kepresidenan. Di situ SBY-JK sebagai epilog. Judul tulisan Menyongsong SBY Dua (Apakah Mungkin) Lebih Bersih dari yang Sekarang? Itu akan terbit di majalah Sospol Universitas Kristen Indonesia.

Lalu kenapa baru diterbitkan sekarang? Apa ada yang memesan?
Memang, berapa uang mereka bisa pesan saya? Masa harga saya bisa dipesan lima puluh bungkus? Timing itu juga menunjukkan sesuatu yang membengkak kan ? Apa salahnya dengan timing?

Anda membantah tentang kemungkinan adanya pasangan capres yang kalah di belakang Anda. Bagaimana dengan kemungkinan, SBY berada di belakang penulisan buku ini?
SBY tidak ada di belakang saya (sambil menoleh ke belakang). Kalau itu terjadi maka sempurna sudah halusinasi kita.

Ada kecurigaan gonjang-ganjing buku Anda, bagian dari promosi buku?
Apa saja bisa dibilang orang

Anda santai banget. Kayak enggak ada takut?
Ini agak longgar waktunya. Dulu saya putuskan untuk hijrah karena punya tanggung jawab sebagai ayah. Kalau dulu saya ditangkap pada era Soeharto, diperiksa dan diadili, kasihan anak saya.

Jadi sekarang, siap ditangkap dong?
Ya.

Kenapa Anda mengenakan selendang Ulos?

Saya suka pakai tenun. Jaket kain Sulawesi Barat tapi paling banyak mengoleksi Ulos

Wawancara ini dimuat di Koran Jakarta edisi Minggu 3 Januari 2010 Halaman 3

Dikutip dari facebook Cak Rusdi Mathari.

Bila menemui kesulitan dalam mendownload via google docs, silahkan kunjungi dan download dari thread di kaskus ini: Kaskus.Us

Atau bisa juga dengan tips ini.
I have had similar problems. Published documents In Google Apps Domain were redirecting me to a general Google Account login page.
(I am working on a Mac Leopard(Intel) and a Firefox Browser)
I discovered that disabling the Google Gears extension in the Firefox add ons does the trick. Once that is done I can view the published document without any problem. If you don't have Google Gears installed it might be one of the other Add-ons that is causing this problem

Hope this helps.

source: Google Help
--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."