Rabu, November 25, 2009

Pin It

Widgets

Hukum dan Dalil Puasa Tarwiyah dan 9 Dzulhijjah

Alhamdulillah, tak lama lagi kita akan menyambut hari Raya Idul Adha. Ceritera dari negeri Mesir, kalau di sini, Idul Adha jauh lebih ramai dibanding Idul Fitri. Nah, sebelum menyambut hari itu, ternyata ada beberapa amalan sunnah selama bulan ini lo. Diantaranya, puasa sunnah arafah, puasa hari tarwiyah. dll. Sering kita mendengar ibadah ini, dan bahkan bisa jadi diantara teman kita mengajak untuk melaksanakannya. Tapi, benarkah ibadah ini, dalam artian memiliki landasan hukum? FYI, prinsip ibadah dalam islam adalah tidak diperbolehkan, kecuali hal-hal yang sudah ditetapkan dalam syariat, baik itu dalam al-Quran ataupun Hadis.
Setelah googling bentar, dan baca sana-sini, dapat disimpulkan:

1. Puasa yang disunnahkan di hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) adalah bagi mereka yang sedang tidak haji. Adapun bagi yang berhaji, dalil yang lebih kuat adalah yang tidak mensunnahkannya.

2. Terkait puasa tarwiyah, jadi sesungguhnya bukan khusus tanggal 8 saja, karena tak ada dalil khusus tentang ini. Yang jelas dalilnya adalah keutamaan ibadah (baik puasa, shodaqoh, berbakti pada orang tua, belajar, dsb) di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Jadi, tak terbatas pada tanggal 8 saja, atau ibadah puasa saja.

3. Dan hanya puasa arafah, yang ada dalil khusus tentangnya.

Lebih lanjut, kebetulan kemarin neilhoja udah nemuin artikel dari ustadz di Gontor dulu, Adi Tiar Winarto. Buat temen-temen yang pengen baca silahkan download artikelnya di sini: Sejarah Puasa Tarwiyah, dan Dalil Puasa Arafah.

Bagi yang tingkat advance, alias paham bahasa Arab, bisa juga mendownload artikel Dr. Abdurrahman bin Shalih. Silahkan klik di sini: Dalil dan Pembahasan Puasa Arafah dan Sepuluh Hari Dzulhijjah

Tulisan yang lebih lengkap bisa dibaca di situs KajianOnline.com

--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Artikel terkait :



3 comments:

PRof mengatakan...

Puasa gak ya...???

JR mengatakan...

selamat malam.....mampir mengucapkan selamat idul adha....

neilhoja mengatakan...

@ puasa prof... *dah lewat. :D

@ JR: met pagi, iya sama2 cak... met idul adha juga.. :)

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)