Jumat, September 25, 2009

Pin It

Widgets

How To Start Blogging Business?

Tags: bagaimana memulai bisnis blog, ngeblog sambil bisnis, dapetin dolar dari internet, bisnis online, paid review, ptc, ppc, cari ide konten, ide tulisan, traffic blog

Yups, sekarang saatnya kita kembali bekerja dan fokus dengan urusan blogging business, hehehe.. Setelah dua tulisan sebelumnya, satu tentang Pokemon dan satu lagi tentang Bank Syariah. Satunya tulisan personal, dan satu lagi tulisan artikel, hehe.. Ups, jadi ke mana-mana! *dipentung-pentung ama pembaca* Dan sekarang saatnya kita belajar lagi tentang blogging business. Dah pada siap? Saatnya mulai..


Oks, di tulisan sebelumnya, aku dah kasih gambaran awal soal blogging business ini. Yang pertama soal sharing pengalaman blogging business, dan yang kedua adalah soal blog, sebagai alat utama kita buat berbisnis.

Dan di tulisan kali ini, aku pengen cerita soal pertanyaan-pertanyaan begini, "Mungkinkah aku bisa berblogging business? Bisakah? Sementara aku gak bisa nulis. Ato, aku gak punya gambaran mau bisnis bagaimana? Dan atau, gimana mulainya?"

Gak perlu bingung-bingung dan susah-susah. Baik, mari kita jawab satu-satu pertanyaan di atas.

* Gak bisa nulis, bisa ikutan business blogging?

Bisa. Sangat bisa. Kalo Anda bisa ngomong, dan lancar berbicara dengan orang, itu sudah cukup menjadi modal. Kenapa kita bingung dengan apa yang akan kita tulis, biasanya hal ini karena kita gak tau apa yang harus kita tulis.

Dalam dunia blogging, untuk mendapat pengunjung atau traffic yang banyak, salah satu faktornya adalah konten atau tulisan. Tulisan itu gak harus bagus, tapi cukup dengan bermanfaat dan unik, maka pengunjung akan setia dengan blog kita.

Bermanfaat? Tentunya harus sesuaikan dengan potensi kita, atau hobi kita. Kita punya potensi di bidang edit html misalnya, nah.. tulis aja soal itu. Atau kita hobi koleksi aplikasi java, review aja aplikasi-aplikasi itu, dan kalau legal, silahkan dishare. Dan kalau tulisan kita unik (gak ngopas) maka traffic akan datang dengan sendirinya. Unik artinya, menulis dengan gaya bahasa kita sendiri. Menulis dengan bagaimana inginnya kita menyampaikan. Just express yourself. Kalau ditulis dengan hati, maka hati pula yang akan tersentuh. ^^

Kenapa harus unik? Selain faktor heart to heart di atas, ada juga faktor search engine. Salah satu pendulang traffic paling banyak dan mudah. Heheh.. karena kita ga harus blogwalking (jalan-jalan ke blog lain, dan ninggalin pesan) untuk bisa dikunjungi. Kok bisa? Ya.. karena google kan mencrawl semua tulisan kita. Kalau dari judul aja kita udah ngajak saingan ama orang yang udah gede-gede (alias ngopas dari sana) maka ya google akan nempatin blog kamu di urutan paling buncit. Tapi coba kalau judulnya unik, dan isinya juga unik. Ketika keyword itu dituliskan, maka blog siapa yang berada di urutan atas? Ya.. blog kamu. :D

* Aku gak punya gambaran mau bisnis apa nih!

Bisnis apa ya? Hehe.. Sebenarnya ada buanyak sekali program bisnis di dunia internet. Ada yang nilai omzetnya cuma satu digit dolar sebulan, contohnya program PPC (Paid per Click) atau PTC (Paid to Click) yang selain Google Adsense. Biasanya program-program kek gitu, cuma bisa dapetin sekitar 3 $ / bulan / blog. Tapi jangan salah, di dunia internet juga ada yang bisa dapetin sampe angka ribuan dollar, biasanya ini program-program affiliate marketer (sales produk) atau forex trading (jual beli valas).

Bagaimana dengan kita? Heu heu.. kupikir kerja sambilan sambil dapetin 150 $ sebulan dah cukup bukan? Bisakah? Insya Allah bisa. Caranya? Biasanya ini adalah program paid to review (PTR), review sebuah produk. Atau program jualan link di blog kita (Link Ads). Lantas? Akan tetapi, sebelum memulai bisnis, tentunya kita harus mempersiapkan diri dulu. Salah satunya adalah blog dan kontennya untuk mendulang traffic. Dan jangan lupa, untuk memulai bisnis kita juga harus punya rekening buat terima duitnya. Belum punya rekening online? Silahkan daftar dulu di Paypal. Paypal digunakan oleh sebagian besar pemain bisnis online dan sangat terpercaya. Salah satunya ya, diriku ini, heu heu heu.. :D

Jadi, bisakah? BISA!

Artikel soal program-program bisnis dan paypal, insya Allah ditulis di postingan selanjutnya.
--------------------------
Salam hangat dari neilhoja. "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."

Artikel terkait :



4 comments:

hadi mengatakan...

namanya navigasi halaman mas

hadi mengatakan...

namanya navigasi halaman mas

neilhoja mengatakan...

owh.. thanks mas

Data Kuliah mengatakan...

maas... mau tanya,,, dengan modal blog pr 3, kira2 brapa harganya (kl beli langsung...)?

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)