Sabtu, Agustus 29, 2009

Pin It

Widgets

Ceritera tentang Blogging Orientasi Bisnis

Abis sholat tarawih di Masjid Assalam, diriku sejenak maen PES 2009. Dan seperti biasa aku coba-coba ngulik blogku lagi. Alhamdulillah, udah ada advertiser yang pasang link di blogku, hehe.. abis itu dimarah-marahin ama cebong karena katanya blogku penuh banget, gemuk lan ga ramping.. xixixix.. akhirnya diriku nurut aja sama suhu cebong, hehehe. Walhasil, liat deh blogku yang uda mulai simpel dan ga banyak aksesoris, :D. Oiya, hal ini tak lain, semata-mata karena keadaan yang menggiurku dengan blogging matre (pinjem istilah cebong), alias online bisnis. Alhamdulillah kok ternyata, rezeki dolarnya ada aja yang dateng, hehe..

Jadi teringat dulu pas pertama kali blogging yang niatnya cuma pengen menyalurkan hasrat ingin menulis dan berbagi dengan orang-orang. Makanya dulu, profile diriku balligh anniy walau ayat (sampaikan ilmu itu, walaupun hanya satu ayat). Menulis apa yang aku pikirkan, berbagi ilmu dari yang udah aku dapatkan dan begitulah.. ^^ Blas ndak ada urusan dengan dolar apalagi matre, hehehe..

Bahkan dulu blogku masi acak adut ga jelas. Blum tau sama sekali dengan apa yang namanya html, kirain ntu jenis makanan instan baru, secara bentuknya mirip indomie yang mlungker-mlungker (banyak barisnya) hag hag hag.. Hingga suatu ketika dikasi tau ama dek puput, kalo ternyata blogging ntu bisa dapetin duit. Inget banget, pertama kali dapet job nulis review, diriku sampe ndak nyenyak tidur.. wkwkwkwkw..

Hingga sekarang, alhamdulillah kok yang namanya rejeki itu ada aja. Ndak kurang setiap bulannya, minimal ada dolar yang masup di rekening paypalku. Walaupun kalo dibandingin ama cebong masi teramat jauh... secara dia ga cuma dapetin dolar, tapi bahkan uda nemu jalurnya buat mengeruk dolar dari dunia internet ntu. Beda dengan diriku yang masi meraba-raba.. hehe tapi ndak papalah, minimal uda bisa dapet dolar.

Kembali ke soal blogging matre atawa online bisnis, dan apapun jenis usaha itu, emang ga ada yang instan. Mulai dari awal posting, belajar ngeblog dan santai aja.. ga usah terlalu menggebu dapetin dolar. Kecuali.. kecuali kalo orang ntu emang uda tau dan punya jalannya buat ke sana, contohnya si cebong ntu. Nah buat kita-kita yang masi meraba, saran diriku si.. yang penting ngeblog dengan happy aja dulu. Jalani kerjaan ini sebagai hobi. Aku jadi inget perkataan seorang bisnismen sukses, "Sebuah bisnis yang ga akan rugi adalah bisnis karena hobi."

Dan benar, saat aku uda mulai nganggep blogging, sharing dan nulis-nulis di dunia maya kek gini jadi hobi, maka ketika dibisniskan pun, hasilnya bisa nyata. Melewati proses, kemudian menuai hasil. Ga ada yang instan, la wong indomie yang katanya mie instan aja harus dimasak dulu.. ^^

Sempat miris juga ketika ngeliat blog temen-temen yang penuh dengan iklan, dari amazon, ptc2 lokal maupun internasional, dll.. Yah, semoga aja ada yang ngeklik, akan tetapi kek gitu (menurut diriku sih) justru akan bikin orang males ngeliat blognya.. apalagi ngeklik iklannya. Diriku salut ama mbah gugle, bahkan ketika 'beliau' nawarin adsense, yang dicari bukan duit (semata).. tapi orientasi pertama mereka adalah agar pengunjung kita terbantu dengan adanya link-link di adsense ntu.. coba bayangin..

Nah so, sudah seharusnya ketika kita pasang adsense dan iklan lainnya, yang wajar.. ga harus satu halaman penuh blog kita diisi iklan.. ^^ santai saja, mengutip kalimat cebong, "Kalau blog kita bermanfaat.. backlink pasti akan datang sendiri.."

Okeh okeh, segitu dulu curhatku tentang bisnis online. Lain kali kita sambung lagi, hehehe... dan insya Allah besok aku akan cerita soal bagaimana bisnis blogging ini bekerja. Gimana dan seperti apa cara kerja sistematis bisnis di dunia blogging dan website ini? Apa sih kuncinya? Kita akan bahas bareng-bareng di posting lanjutnya insya Allah..

Sekalian juga minta maaf buat temen-temen yang uda mulai jarang aku kunjungin,.. hiks hiks... bukan kenapa, tapi karena sekarang waktu online ku uda amat sempit, secara di rumah uda ga konek internet, jadi harus mampir-mampir numpang di rumah temen buat online..

Dan terakhir, satu lagi.. buat qq moga cepet sembuh ya.. :)

Artikel terkait :



0 comments:

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)