Selasa, Maret 31, 2009

Award Kelima!!

Ngelanjutin kerjaan PR dari postingan di bawah, :f ternyata lum kelar. Tadinya mo disatuin nih, award.. tapi eh, judulnya harus satu.. hikz..

Ok, tapi yang kali ini gak kalah keren. Soalnya, blog ku ini dapet award gak sembarangan. Fabulous Award namanya. Yups, sesuai namanya, jadi blogku ini dibilang oleh may, termasuk blog yang fabulous!! Wih...... jadi terharu.. :(. Dan emang gak sembarangan, ceritanya... setelah dapet award ini, aku coba ngecek blog-blog yang beruntung dikasih award ama may, ... dan eng-ing-eng... sueeeeerrrr blog mereka keren-keren abizzz!!


Thankx may, moga jadi tambah semangat buat blogging dan berbagi lagi... ;). Nih awardnya:



Here's the requirement if you're get this award:

1. Put the logo on your blog or post
2. Nominate at least 10 blogs which you think are FABULOUS
3. Be sure to link to your nominees within your post
4. Let them know that they have received this award by commenting on their blog
5. Share the love and link to this post and to the person from whom you received your award

Daaaaaaaan... 10 blog beruntung yg terpilih:

Mbak Ebong, Kacrut, Mas Sukra, Roni, Kurnia Septa, Ipenk, Mbak Maya.

NOTE: tambahan tiga ini biar lebih semangat blogging dan mau belajar dari suhu :D
Topiq, Amin, Angga.

Yaks... sudah selese tugas kita hari ini, :f saatnya belajar, hehehe...


Satu Juta Posting Untuk Indonesia

Eits.... lagi iseng buka kompie, abis bangun tidur eh, tiba-tiba dapet award lagi. Kali ini dari may, setelah sebelumnya dari pendekar kodok.

Berhubung gak bisa berlama-lama dan lagi banyak kerjaan (:D, maklum yang masih jadi mahasiswa, ntar kalo dah jadi direktur tinggal tanda tangan, hehehe ngarep :p), so langsung aja.

Award pertama dari pendekar kodok (bedeway, mo saingan ama mbak ebong yak, hehe... *peace....). Award ini soal satu juta posting untuk Indonesia, gini nih, hasilnya:


*disclaimer: secara aku lagi kangen ama Indonesia, jadi aku pajang foto agak banyak... hehee... Lov U Indonesia!!


Judul Photo: Pintu Surga Dunia-Akhirat
Tempat: Semarang Jawa Tengah (kecamatan ama desanya, gak ngerti... :D)
Deskripsi: Photo ini diambil dari menara yang ada di depan masjidnya. Masjid ini bernama Masjid Agung Jawa Tengah, simbol kebanggaan warga Jateng. Bentuknya dan model bangunan khas Jawa, akan tetapi dibikin mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah, khususnya yang berkaitan dengan payung raksasa (di gambar, payungnya gak dibuka, katanya sih, kalo pas sholat Jum'at baru dibuka).
Informasi: Biaya tiket gratis (secara waktu itu bareng-bareng sama babeh dan ibu, jadi dibayarin deh, masuk ke menaranya.. wakakakkak :p). Kalo buat ke sana, asal nyampe kota Semarang, tanya aja deh ama pak Polisi ato orang-orang di pinggir jalan, (asal bukan sama orang gila, pasti nyampe.... :p)



Judul: Muter-Muter di Air (bhs Inggris, udara maksudnya :f)
Tempat: Owabong, Purbalingga (CMIIW, dah lupa soalnya)
Deskripsi: Ini adalah salah satu permainan di wahana wisata air di Owabong. Buat yang bosen dengan suasana kota, enak banget hawanya di sana. Sejuk dan segar... Sambil maen-maen air khususnya bagi yang PAM di rumahnya suka ngadat, pasti puaaaaaaaaaaaaaaas banget, heheheheh.
Informasi: Lagi-lagi yang ini gratisan, :p. Kali ini hadiah dari Kospin Jasa, sebuah koperasi simpan pinjam yang cukup besar di Pekalongan. Angkutan ke sana, mmm naik bus sampe di Purbalingga, ntar ada plang tulisannya, wisata air Owabong. Nah, ikutin aja deh... :D

Sementara foto-foto di bawah ini, cuma buat tombo kangen....




















Aturan Posting "Satu Juta Posting Untuk Indonesia"
Adalah sebuah gerakan untuk mempromosikan keindahan alam, kebudayaan, dan pariwisata indonesia.
Posting minimal sebuah photo yang kamu miliki di blog kamu sendiri, photo tersebut bertemakan tentang keindahan alam indonesia, kebudayaan, dan tempat-tempat wisata yang ada di indonesia, kemudian beri judul postingan tersebut dengan judul: "Satu Juta Posting Untuk Indonesia", kemudian deskripsikan tempat tersebut, misalnya:
Judul Photo: Tuliskan judul photo tersebut.
Tempat: Jalan, Kota/Desa/Daerah/Propinsi.
Deskripsi: Deskripsikan tempat, waktu atau kegiatan yg ada dalam photo tersebut dengan gaya mu sendiri.
Informasi: Seperti harga tiket, jadwal penyelenggaraan, angkutan atau transportasi menuju kesana dan informasi lainnya yg kamu anggap relevan.
Setelah itu kamu berikan tugas ini kepada minimal 5 orang teman kamu dengan menuliskan alamat Blog mereka di bawah postinganmu, dan minta mereka mengerjakan tugas ini.

Selanjutnya, tugas ini aku sampein ke Ma'mun, Mujib, Fitri, Putri n Maya.

Met dikerjakan... ;).

Senin, Maret 30, 2009

Info Beasiswa ITB; ITB Untuk Semua

Program "ITB Untuk Semua" adalah suatu skema penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung yang secara khusus menyediakan bangku kuliah bagi para lulusan sekolah menengah umum dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi dengan penghasilan kedua orang tua di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Uang pendidikan, ongkos tempat tinggal, dan biaya hidup selama menempuh kuliah di Bandung akan didanai beasiswa "ITB Untuk Semua" . Untuk beasiswa ini, alokasi dana yang disediakan ialah 100 juta per anak untuk lima tahun. Dana akan diperoleh dari alumni ITB, baik perseorangan atau berkelompok. Alumni yang sudah bersedia menjadi orang tua asuh diantaranya Ir. Benny Subianto, Ir. Martiono Hadianto, Ir. Betty Alisjahbana, Ir. Karen Agustiawan. Sekitar 100 bangku kuliah disediakan secara khusus bagi para lulusan SMA angkatan 2009.


Para calon penerima beasiswa akan mengikuti Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi ITB (PMBP) jalur beasiswa penuh. Sebelum kuliah, para calon yang diterima akan mengikuti masa persiapan untuk membantu penyesuaian diri dengan suasana kuliah serta kehidupan di Bandung. Selama kuliah, para mahasiswa program "ITB Untuk Semua" akan mendapat arahan dari pembimbing khusus untuk membantu menyelesaikan kendala studi dan persoalan personal yang mungkin muncul selama menempuh kuliah di ITB. Para mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti ceramah-ceramah inspirasional, studi banding ke lokasi-lokasi penerapan teknologi tepat guna, dan sebagainya. Para lulusan program "ITB Untuk Semua" diharapkan kelak akan menjadi agen perubahan di daerah asal mereka.

Persyaratan
Para calon penerima beasiswa "ITB Untuk Semua" harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

* Calon lulusan sekolah menengah atas pada tahun ajaran 2009 (bidang studi IPA untuk fakultas Sains dan Teknik).
* Berasal dari keluarga yang tak mampu secara ekonomi (penghasilan kedua orangtua di bawah Upah Minimum Regional setempat)
* Memiliki prestasi akademik yang sangat baik.
* Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah (lebih diutamakan yang memiliki bakat memimpin)
* Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
* Bersedia mengikuti ujian penerimaan yang dilakukan ITB


Bidang Studi yang Dapat Dipilih

Fakultas/Sekolah yang dipilih oleh calon penerima beasiswa adalah sbb:

* Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD),
* Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL),
* Fakultas Teknologi Industri (FTI),
* Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),
* Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD),
* Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM),
* Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI),
* Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK),
* Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB),
* Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH),
* Sekolah Farmasi (SF),
* Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).


Cara Mendaftar
Kirimkan berkas formulir pendaftaran (pada halaman terakhir leaflet ini, boleh di-fotocopy) dengan dilengkapi dokumen sbb:

* Fotocopy halaman depan rapor SMA dan halaman-halaman nilai (dari semester I hingga V) yang telah dilegalisir pihak sekolah
* Surat keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu dengan ditandatangani Ketua RT/RW (Yang dimaksud keluarga yang secara ekonomi tak mampu adalah penghasilan kedua orangtua per bulannya di bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Kami akan> melakukan survey lapangan secara random untuk mengetahui kondisi keluarga calon mahasiswa)
* Surat dukungan/referensi dari kepala sekolah
* Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti program "ITB Untuk Semua"
* Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [Misalnya, menceritakan pekerjaan orang tua, kegiatan pendaftar di luar sekolah, kondisi masing-masing anggota keluarga, dsb]



Berkas pendaftaran lengkap dimasukkan amplop coklat berukuran besar dan dikirim ke:
Panitia Penerimaan Beasiswa "ITB Untuk Semua"
Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB
Gd. CCAR ITB Lt.4
Jl. Tamansari 64 Bandung

Berkas paling lambat dikirimkan pada 20 April 2009 (cap pos)

Ujian Penerimaan
Panitia seleksi tahap awal program "ITB Untuk Semua" akan melakukan penilaian berdasarkan berkas yang masuk. Penilaian meliputi:

* Kemampuan akademik
* Motivasi (dilihat dari tulisan mengapa pendaftar ingin mengikuti program "ITB Untuk Semua")
* Kondisi keluarga (dilihat dari tulisan kondisi keluarga pendaftar)
* Pengujian kebenaran data yang diberikan kepada pihak sekolah

Dari hasil penilaian tersebut, panitia tahap awal akan memanggil (melalui surat) calon-calon potensial untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) jalur PMBP terpusat dan wawancara di kampus ITB di Bandung. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama ujian akan disediakan oleh ITB. Ujian ini akan berlangsung pada 29 Mei- 31 Mei 2009.

Panitia akan mengumumkan penerima beasiswa (hanya calon potensial, yang diterima yang akan dikirimi surat) pada pertengahan bulan Juni 2009. Penerima beasiswa akan berkumpul kembali di Bandung pada akhir bulan Juni 2009 untuk mengikuti program penyesuaian diri.

Pada bulan Agustus 2009, penerima beasiswa "ITB Untuk Semua" mulai mengikuti perkuliahan di ITB.

Download Formulir pendaftaran

Persyaratan Untuk Mengajukan Lamaran, berupa :
* Fotocopy halaman depan rapor SMA dan halaman-halaman nilai (dari semester I s.d. semester V) yang telah dilegalisasi sekolah
* Surat keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu dengan ditandatangani Ketua RT/RW, berupa :
o Surat Keterangan Penghasilan atas nama kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
o Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW atas nama kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
* Surat dukungan/referensi dari kepala sekolah
* Tulisan 1 halaman kertas HVS (boleh diketik atau tulis tangan) yang menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti program "ITB Untuk Semua
* Tulisan 1 halaman kertas HVS (boleh diketik atau tulis tangan) yang menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [misalnya menceritakan pekerjaan orang tua, kegiatan pendaftar di luar bersekolah, kondisi masing-masing anggota keluarga, dsb]

=================
*Formulir Pendaftaran

Isilah formulir pendaftaran ini dengan huruf kapital (huruf besar)
seluruhnya.
* Nama Lengkap : ............ ......... ............ .. ............ .
* Jenis Kelamin : L / P
* Sekolah : ............ ......... ............ .. ............ .
* Alamat : ............ ......... ............ .. ............ .
* Nomor Telepon (jika ada) *) : ............ ......... ............ ............. .
* Nama Orang Tua : ............ ......... ............ .. ............ .
* Pekerjaan Orang Tua : ............ ......... ............ .. ............ .
* Alamat Orang Tua : ............ ......... ............ .. ............ .
* Nilai rapor :
Matematika Semester 1: 2: 3: 4: 5: 6:
Fisika Semester 1: 2: 3: 4: 5: 6:
Biologi Semester 1: 2: 3: 4 : 5: 6:
Kimia Semester 1: 2: 3: 4: 5: 6:
* Kegiatan Ekstrakurikuler : ............ ......... ............ .............. .
* Kegiatan Lain (di luar sekolah, jika ada) : ............ ..................... .. ............ .
* Penghasilan Orangtua (per bulan, boleh perkiraan): .............................. .. ............ .
* Alamat Sekolah : ............ ......... ............ .. ............ .
* Nomor Telepon Sekolah : ............ ......... ............ .. .............
* Bidang Studi (di ITB) Yang Diminati **): ............ ..................... .. ............ .

Tanda tangan pendaftar

Tanda tangan orangtua pendaftar

Tandatangan kepala sekolah

*) Atau nomor telepon orang terdekat yang dapat dihubungi
**) Lihat di bagian Persyaratan

==============
*Donasi

Dana beasiswa akan dikelola Satuan Kekayaan dan Dana (SKD) ITB. Para penerima beasiswa akan dilayani Kantor Pembantu Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni ITB. Kantor ini secara khusus bertugas membantu para penerima beasiswa, memantau perkembangan (studi dan kehidupan) mereka, mengoordinir kegiatan-kegiatan, serta melakukan evaluasi keseluruhan program.

Sebuah situs internet khusus akan menjadi sarana komunikasi antara pengelola program ini, para mahasiswa, para donatur, maupun masyarakat luas.

Rekening SKD :

  • BNI Cabang ITB
    No.28680915 a.n. SKD-ITB
  • Bank Mandiri Cabang Siliwangi Bandung
    No. 130-000-4385301 a.n. SKD Peduli ITB
  • Bank BRI Cabang ITB
    No. 0593-01-000009-30-0 a.n. Satuan Kekayaan dan Dana (SKD) - ITB
  • Bank Niaga Cabang Lembong Bandung
    No. 026-01-08480-00-5 a.n. Institut Teknologi BandungQQ. Satuan Kekayaan dan Dana (SKD) ITB
  • Bank Bukopin Cabang ITB
    No. 1003663-09-1 a.n. Satuan Kekayaan dan Dana (SKD) - ITB
  • Bank Niaga Syariah
    No. 520-01-00160-00-4 a.n. SKD Institut Teknologi Bandung

Tersedia beberapa pilihan donasi dengan besaran yang bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing donatur.

Pilihan tersebut adalah :

Hasil Donasi Sementara juga bisa dilihat disini

*) Biaya operasional program terdiri dari biaya bimbingan, bridging (program penyesuaian diri), kunjungan-kunjungan, darurat sakit, dsb

source: Berita ITB
official site: Info ITB Untuk Semua

Mie Rasa Sarden

Akhirnya, aku bisa berucap hamdalah di pagi ini, hehe... Pagi ini kupikir akan terasa spesial, apalagi setelah semalem aku suntuk banget. Bahkan, ketika cerita-cerita sama Budi Ahda pun, sampai-sampai aku gak bisa bilang, bingungnya kenapa... :D. Dan, :f alhamdulillah... rupanya pagi ini menjadi jawabnya. Termasuk sebuah PR yang diberikan buatku oleh seseorang, untuk masakin sesuatu buat dia. Ceritanya, karena waktu itu aku juga dimasakin ama dia, terus aku bilang, “Gak usah repot-repot.” Akhirnya dia bilang, “Gak papa, ntar gantian Niam yang masakin buatku.”

“Glek!”


Wah, nantang masakanku nih, kupikir. Dan tanpa ba-bi-bu, segera ku setujui PR itu. Padahal, soal masak-memasak, masih amatiran :f. Tapi gak papa, suatu waktu aku yakin, akan kubuat dia harus mengakui soal masakanku, :p. Dan ternyata, PR itu gampang-gampang susah. Setelah lewat hampir sebulan, aku masih belum nemu ide buat masak apa. Bingung mikirin antara telor sama mie – bahan masakan yang aku paling jago ngolahnya... :D yah, minimal belum pernah gosong waktu masak ini, :p.

Dan emang bener, karena setelah satu bulan pun dia masih nanyain ke aku. Tentu saja, aku cuma senyam-senyum, lha wong ide aja belum dapet.. . Akan tetapi, cerita akan berubah kayaknya setelah semalem aku diomongin ama temen serumah, seperti biasa hari di mana besoknya aku akan masak, biasanya lebih dulu diceramahin,

“Niam, masak yang enak besok ya...”

“Yah, adanya cuma cabe doang :p “

“Ye,.. beli kentang kan bisa, ato telor kek.”

Hm, aku gak tertarik lagi ama telor. Masak dia terus yang jadi andalan? Kapan majunya??

“Ato kalo gak, beli sarden aja, ntar kan bisa di.....”

Stop. Mendengar kata sarden, ide-ide dalam kepalaku bermunculan. Seeeep, aku akan masak sarden aja besok! Akhirnya, dengan gagah berani dan penuh kepedean, aku pun melangkah keluar buat belanja. Ditemani dingin malam Kairo yang menusuk, gak bikin aku keder, meski mata ini udah tinggal 10 watt. Jam 23.00, aku kembali dengan kepala yang udah gak tertahankan lagi. Rasanya pengen dicopot aja, dan biarin dia tidur, sementara tanganku sibuk mencet tuts keyboard. Tapi sama aja, ntar gak bisa ngeliat hasil ketikanku dong! *gak jelas... :p

Sebenernya, gak sengaja waktu aku beli mie ama sarden. Lha gimana, tadinya mo beli sarden aja dua. Tapi apa daya, duit yang kubawa gak cukup :D. Akhirnya beli satu sarden ama dua mie rebus, rasa udang tentunya. Kalo rasa ayam, ntarnya jadi sarden rasa ayam dong! Wakakkak....

Proses masaknya gak usah diceritain. Pokoknya gitu deh, antara bawang putih ama cabe trus dikasih bawang merah. Biar agak asem dikit, tambahin tomat. Jadi deh. Sebenernya diakhir acara aku masak, aku pengen gak pake nyicipin, pengen puasa maksudnya – weks... sejak kapan Niam jadi sregep puasa? Akan tetapi, atas nama amanat dan tanggung-jawab soal keenakan masakan hari ini, – suit... suit... cie cie cie – aku pun harus nyicipin masakanku! *bilang aja mo puasa, tapi lagi males :p

Akhirnya, aku bisa tersenyum penuh kemenangan hari ini. Selain karena aku berhasil melewati ujian tugas masak, aku pun menemukan ide cemerlang buat nyelesaiin PR dari dia. B-)

Gimana lanjutannya, kita liat aja minggu depan, insya Allah. MAJU TERUS, PANTANG MUNDUR. Be your Best! Hehehe...

Minggu, Maret 29, 2009

Naskh wa al-Mansukh dalam Al-Quran

Ceritanya, kemarin aku baru ikut muhadorohnya duktur Imarah - yang terkenal itu, hehehhe - nah, terus beliau memandang bahwa tidak ada naskh wal mansukh dalam al-Quran.

landasannya:
1. ayat sharih dalam al-Quran, (La tabdiila likalimatillah, dll...)
2. ma nansakh min ayatin (itu adalah sebagai mu'jizat, bukan ayat Quran) dan ada 84 ayat lain (yang bukan berarti ayat Quran)
3. pendapat ahlu lughah (Lisan al-Arab), bahwa makna naskh yang paling utama adalah lil itsbat, bukan al-mahw. --> tanasukh al-arwah --> inna kunna nastansikhu...


4. pendapat ini diambil dari banyak ulama besar, Imam Ghazali (al-Mustashfa) , az-Zarkasyi (al-Bahru al-Muhyt), al-Ashfahani, (al-Muwafaqat) , dll....
5. dapat dikatakan seluruh imam di atas berpendapat, dengan inti yang sama bahwa tidak ada naskh wal mansukh dalam Al-Quran akan tetapi yang ada hanyalah tabyin al mubham, takhshish al-am, al-istisna, dsb...
6. al-Quran adalah kalamullah al-qadim, "idza tsabata qidamuhu fa muhalun adamuhu..." (tidak bisa dihapus)
7. adanya pendapat yang mengatakan naskh dalam al-Quran, adalah karena tagahyyurul ahwal tertolak, karena al-ahwal tataghayyar fi kulli waqtin... maka bisa jadi, nuskha al-Qur'anu jami'an....
8. bila diakui adanya naskh dalam al-Quran, maka itu adalah tasykik fil 'ismah. dan tasykik fil 'ismah, adalah tasykik ad-da'wah al-islamiyyah kullaha....
9. terkait dengan hukm al-khamr, itu adalah tadarruj al-hukm, sebagai satu sunnah di antara sunanillah.. . artinya, hukum tersebut tetap ada bisysyart (berlaku pada waktu itu) ... sementara kemudian datang hukum baru pun bisysyart (yang berlaku setelahnya). bukan soal raf'u al-hukm tapi kaff ta'alluq al-hukm.

kesimpulan:
Tidak ada naskh - raf'ul hukm - dalam al-Quran, yang ada hanyalah - sebagaimana disebut imam ghazali, dan pendapat ulama ushul wa ulama al-fuqaha, seperti yang udah ana tulis di atas - raf'u ta'alluq al-hukm an al-mukhatab, atau kaff at-ta'alluq.

Bagaimana pendapat sodara-sodara?

*padahal kemaren baru aja ikut muhadoroh di kampus, bilang soal naskh wal mansukh dalam Al-Quran, dan ternyata udah tertolak dengan alasan yang no 8. hu.. hu...

*maaf buat temen-temen yang kurang ngerti bahasa Arab, karena memang sengaja ini dikhususkan dulu, secara masih berbentuk diskusi.. nanti kalau sudah fix dan sudah saia teliti juga, insya Allah akan saya postingkan hasilnya. ;)

Kamis, Maret 26, 2009

Menulis Online

ditulis untuk mengisi rubrik Editorial di buletin Suara PPMI Mesir Edisi 8

Fenomena Masisir adalah fenomena online. Hal ini tak dapat dipungkiri. Banyak faktor yang menggiring mahasiswa di sini, termasuk Masisir untuk ikut terjun dan bergelut aktif di dunia online atau dunia cyber. Salah satu sebabnya adalah semakin membanjirnya fasilitas internet yang sangat dekat dengan Masisir. Sebut saja kabel ADSL yang bahkan dapat kita temui di hampir seluruh flat Masisir. Disebut Desi Hanara, juga karena unsecured wireless yang ada di mana-mana, yang bahkan dapat kita temukan di flat! Juga ada penawaran dial-up dan usb modem, yang membuat aktifitas online tak lagi terbatasi oleh ruang dan waktu. Bahkan mungkin ada satu lagi, yaitu online lewat perangkat mobile alias handphone yang sangat digemari ‘penduduk’ Buuts.


Tak ayal, karena semakin dekatnya dunia online dengan Masisir maka beragam aktifitas pun mulai terbentuk di sana. Sebut saja yang paling mudah adalah dunia chatting. Dapat dikatakan, setiap Masisir sudah sangat paham dan ngerti bagaimana berchating ria. Tak heran, gelar Lc yang disandang mahasiswa Azhar setelah wisuda pun, acap kali dipelesetkan menjadi ‘lancar chatting’. Tak lain, karena begitu dekatnya dunia online dengan Masisir.

Aktifitas online di kalangan Masisir pun bertambah, seiring intensitas yang digeluti mereka di dunia online ini. Jejaring sosial seperti Friendster dan Facebook pun seperti menjadi sarapan wajib Masisir sebelum memulai hari mereka. Fasilitas jejaring sosial ini membuat kita dapat bertemu dengan lebih banyak orang lagi, menemukan teman lampau kita, atau bahkan membentuk jaringan teman baru. Bahkan tak jarang, cinta pun bisa tumbuh dari sini.

Dengan beragam dan atraktifnya perkembangan dunia online, mau tak mau ada satu kegiatan lain yang juga mulai dilirik para insan akademis di sini, yakni dunia blogging. Dunia tempat para penggunanya bebas menyuarakan pendapatnya, menuangkan apa yang ada di dalam otaknya dan bahkan, kalau perlu menumpahkan habis apa yang ada dalam hatinya. Tanpa perlu takut, tulisannya itu gak dimuat, atau dikembalikan, atau dibabat habis oleh editor. Karena, sang pimred, editor, marketer, dan bahkan pelanggan setianya adalah si empunya blog itu sendiri.

Lingkungan dan kondisi sosial Masisir yang notabenenya adalah seorang insan akademis, memicu mereka untuk aktif dalam dunia tulis-menulis. Jiwa kritis dan sifat peka yang ada dalam diri mahasiswa ini mendorong mereka untuk selalu aktif melihat, membaca dan menilai beragam fenomena. Maka tatkala mereka mampu untuk mempublikasikan dan menyebarkan ide-ide mereka kepada khalayak ramai, akan menjadi sebuah pelipur dahaga dan pelampias tanggung jawab sosial mereka.

Dengan ini menjadikan dunia online bisa bermakna sangat positif. Selain sebagai lahan latihan dan pengasah rutin kemampuan menulis, juga bisa menjadi sumbangsih informasi yang mungkin sangat dibutuhkan oleh orang di luar sana. Percepatan arus informasi dan perkembangannya akan semakin cepat. Ilmu pengetahuan dan berita aktual, tak lagi akan dikungkung dalam dunia nyata, dalam bentuk buku dan koran, tapi juga akan meluas seluas dunia online itu sendiri yang tanpa sekat.

Akan tetapi, sekali lagi perlu diingat bahwa dunia online blogging tetap saja adalah sebuah objek yang memiliki dua sisi mata pisau. Ia bisa bermakna sangat positif dalam percepatan arus informasi dan penyebaran ilmu dari dan ke Masisir, akan tetapi juga mengandung sisi negatif. Seiring sifatnya yang bebas dan tanpa editing dan validasi data, bisa jadi ia menjadi sebuah propaganda dan penyebaran informasi ataupun data yang salah. Tentunya, hal ini harus disadari oleh setiap pengguna dan pegiat blogging.

Salah satunya adalah, agar tidak memposting tulisan-tulisan yang sifatnya provokatif atau penggelapan informasi. Membaca blognya bukan malah tercerahkan, akan tetapi malah terjerumuskan, ini yang menjadi masalah. Ingat, bahwa pembaca kita bisa siapa saja, orang awam, pakar atau bahkan anak kecil.

Selain itu juga harus disadari, bahwa tidak semua yang ditemukan dalam dunia online blog adalah fakta mutlak yang bisa mentah-mentah kita telan. Akan tetapi kita pun harus pandai-pandai membaca dan menilai sebuah informasi tersebut. Misalnya dengan melakukan cross check, dan lain sebagainya.

Dunia blogging atau dunia menulis online adalah sebuah fenomena yang tak dapat kita elakkan. Ia bisa menjadi sangat positif sebagai sarana aktualisasi diri, juga sebagai media pendorong dan pengasah skil menulis. Dan lebih jauh, setiap satu posting dari tulisan kita adalah satu tambahan khazanah dan informasi bagi seluruh dunia. Juga, bukan berarti dengan bebasnya berposting, lantas kita juga bebas menyebar informasi, apapun itu, akan tetapi sebarlah dan bagilah informasi yang bermanfaat dan mencerahkan. Akhir kata, met menulis online...

Senin, Maret 23, 2009

Kebohongan-Kebohongan Ibu

Cerita bermula ketika aku masih kecil, aku terlahir sebagai seorang
anak laki-laki di sebuah keluarga yang miskin. Bahkan untuk makan
saja, seringkali kekurangan. Ketika makan, ibu sering memberikan porsi
nasinya untukku. Sambil memindahkan nasi ke mangkukku, ibu berkata :
“Makanlah nak, aku tidak lapar” ———- KEBOHONGAN IBU YANG PERTAMA


Ketika saya mulai tumbuh dewasa, ibu yang gigih sering meluangkan
waktu senggangnya untuk pergi memancing di kolam dekiat rumah, ibu
berharap dari ikan hasil pancingan, ia bisa memberikan sedikit makanan
bergizi untuk petumbuhan. Sepulang memancing, ibu memasak sup ikan
yang segar dan mengundang selera. Sewaktu aku memakan sup ikan itu,
ibu duduk disamping gw dan memakan sisa daging ikan yang masih
menempel di tulang yang merupakan bekas sisa tulang ikan yang aku
makan. Aku melihat ibu seperti itu, hati juga tersentuh, lalu
menggunakan sumpitku dan memberikannya kepada ibuku. Tetapi ibu dengan
cepat menolaknya, ia berkata : “Makanlah nak, aku tidak suka makan
ikan” ———- KEBOHONGAN IBU YANG KEDUA

Sekarang aku sudah masuk SMP, demi membiayai sekolah abang dan
kakakku, ibu pergi ke koperasi untuk membawa sejumlah kotak korek api
untuk ditempel, dan hasil tempelannya itu membuahkan sedikit uang
untuk menutupi kebutuhan hidup. Di kala musim dingin tiba, aku bangun
dari tempat tidurku, melihat ibu masih bertumpu pada lilin kecil dan
dengan gigihnya melanjutkan pekerjaanny menempel kotak korek api. Aku
berkata :”Ibu, tidurlah, udah malam, besok pagi ibu masih harus
kerja.” Ibu tersenyum dan berkata :”Cepatlah tidur nak, aku tidak
capek” ———- KEBOHONGAN IBU YANG KETIGA

Ketika ujian tiba, ibu meminta cuti kerja supaya dapat menemaniku
pergi ujian. Ketika hari sudah siang, terik matahari mulai menyinari,
ibu yang tegar dan gigih menunggu aku di bawah terik matahari selama
beberapa jam. Ketika bunyi lonceng berbunyi, menandakan ujian sudah
selesai. Ibu dengan segera menyambutku dan menuangkan teh yang sudah
disiapkan dalam botol yang dingin untukku. Teh yang begitu kental
tidak dapat dibandingkan dengan kasih sayang yang jauh lebih kental.
Melihat ibu yang dibanjiri peluh, aku segera memberikan gelasku untuk
ibu sambil menyuruhnya minum. Ibu berkata :”Minumlah nak, aku tidak
haus!” ———- KEBOHONGAN IBU YANG KEEMPAT

Setelah kepergian ayah karena sakit, ibu yang malang harus merangkap
sebagai ayah dan ibu. Dengan berpegang pada pekerjaan dia yang dulu,
dia harus membiayai kebutuhan hidup sendiri. Kehidupan keluarga kita
pun semakin susah dan susah. Tiada hari tanpa penderitaan. Melihat
kondisi keluarga yang semakin parah, ada seorang paman yang baik hati
yang tinggal di dekat rumahku pun membantu ibuku baik masalah besar
maupun masalah kecil. Tetangga yang ada di sebelah rumah melihat
kehidupan kita yang begitu sengsara, seringkali menasehati ibuku untuk
menikah lagi. Tetapi ibu yang memang keras kepala tidak mengindahkan
nasehat mereka, ibu berkata : “Saya tidak butuh cinta”
———-KEBOHONGA N IBU YANG KELIMA

Setelah aku, kakakku dan abangku semuanya sudah tamat dari sekolah dan
bekerja, ibu yang sudah tua sudah waktunya pensiun. Tetapi ibu tidak
mau, ia rela untuk pergi ke pasar setiap pagi untuk jualan sedikit
sayur untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kakakku dan abangku yang
bekerja di luar kota sering mengirimkan sedikit uang untuk membantu
memenuhi kebutuhan ibu, tetapi ibu bersikukuh tidak mau menerima uang
tersebut. Malahan mengirim balik uang tersebut. Ibu berkata : “Saya
punya duit” ———-KEBOHONGA N IBU YANG KEENAM

Setelah lulus dari S1, aku pun melanjutkan studi ke S2 dan kemudian
memperoleh gelar master di sebuah universitas ternama di Amerika
berkat sebuah beasiswa di sebuah perusahaan. Akhirnya aku pun bekerja
di perusahaan itu. Dengan gaji yang lumayan tinggi, aku bermaksud
membawa ibuku untuk menikmati hidup di Amerika. Tetapi ibu yang baik
hati, bermaksud tidak mau merepotkan anaknya, ia berkata kepadaku “Aku
tidak terbiasa” ———-KEBOHONGA N IBU YANG KETUJUH

Setelah memasuki usianya yang tua, ibu terkena penyakit kanker
lambung, harus dirawat di rumah sakit, aku yang berada jauh di
seberang samudra atlantik langsung segera pulang untuk menjenguk
ibunda tercinta. Aku melihat ibu yang terbaring lemah di ranjangnya
setelah menjalani operasi. Ibu yang keliatan sangat tua, menatap aku
dengan penuh kerinduan. Walaupun senyum yang tersebar di wajahnya
terkesan agak kaku karena sakit yang ditahannya. Terlihat dengan jelas
betapa penyakit itu menjamahi tubuh ibuku sehingga ibuku terlihat
lemah dan kurus kering. Aku sambil menatap ibuku sambil berlinang air
mata. Hatiku perih, sakit sekali melihat ibuku dalam kondisi seperti
ini. Tetapi ibu dengan tegarnya berkata : “Jangan menangis anakku,Aku
tidak kesakitan” ———-KEBOHONGA N IBU YANG KEDELAPAN.

Setelah mengucapkan kebohongannya yang kedelapan, ibuku tercinta
menutup matanya untuk yang terakhir kalinya.

Dari cerita di atas, saya percaya teman-teman sekalian pasti merasa
tersentuh dan ingin sekali mengucapkan : ” Terima kasih ibu ! “

Coba dipikir-pikir teman, sudah berapa lamakah kita tidak menelepon
ayah ibu kita? Sudah berapa lamakah kita tidak menghabiskan waktu kita
untuk berbincang dengan ayah ibu kita? Di tengah-tengah aktivitas kita
yang padat ini, kita selalu mempunyai beribu-ribu alasan untuk
meninggalkan ayah ibu kita yang kesepian. Kita selalu lupa akan ayah
dan ibu yang ada di rumah.

Jika dibandingkan dengan pacar kita, kita pasti lebih peduli dengan
pacar kita. Buktinya, kita selalu cemas akan kabar pacar kita, cemas
apakah dia sudah makan atau belum, cemas apakah dia bahagia bila di
samping kita.

Namun, apakah kita semua pernah mencemaskan kabar dari ortu kita?
Cemas apakah ortu kita sudah makan atau belum? Cemas apakah ortu kita
sudah bahagia atau belum? Apakah ini benar? Kalau ya, coba kita
renungkan kembali lagi..

Di waktu kita masih mempunyai kesempatan untuk membalas budi ortu
kita, lakukanlah yang terbaik. Jangan sampai ada kata “MENYESAL” di
kemudian hari.

Sumber : anonymus

dari sebuah blog poenya Checep

Tentang Ayah

Ssst..tau gak siii ..? ternyata ayah itu MENAKJUBKAN!!!!

Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan daripada
dirinya,menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantung
pada siapapun - dan (tapi) selalu membutuhkan kehadirannya.

Ayah hanya menyuruhmu mengerjakan pekerjaan yang kamu sukai.
Ayah membiarkan kamu menang dalam permainan ketika kamu masih kecil,
tapi dia tidak ingin kamu membiarkannya menang ketika kamu sudah besar.
Ayah tidak ada di album foto keluarga, karena dia yang selalu memotret.
Ayah selalu tepat janji!

Dia akan memegang janjinya untuk membantu seorang teman, meskipun
ajakanmu untuk pergi memancing sebenarnya lebih menyenangkan.
Ayah akan tetap memasang kereta api listrik mainanmu selama
bertahun-tahun, meskipun kamu telah bosan, karena ia tetap ingin kamu
main kereta api itu.

Ayah selalu sedikit sedih ketika melihat anak-anaknya pergi bermain
dengan teman-teman mereka karena dia sadar itu adalah akhir masa kecil
mereka.

Ayah mulai merencanakan hidupmu ketika tahu bahwa ibumu hamil
(mengandungmu) , tapi begitu kamu lahir, ia mulai membuat revisi.
Ayah membantu membuat impianmu jadi kenyataan bahkan diapun bisa
meyakinkanmu untuk melakukan hal-hal yang mustahil, seperti mengapung
di atas air setelah ia melepaskanya.

Ayah mungkin tidak tahu jawaban segala sesuatu, tapi ia membantu kamu
mencarinya.
Ayah mungkin tampak galak di matamu, tetapi di mata teman-temanmu dia
tampak lucu dan menyayangi.
Ayah sulit menghadapi rambutnya yang mulai menipis....jadi dia
menyalahkan tukang cukurnya menggunting terlalu banyak di puncak
kepala *_~


Ayah akan selalu memelihara janggut lebatnya, meski telah memutih,
agar kau bisa "melihat" para malaikat bergelantungan di sana dan agar
kau selalu bisa mengenalinya.
Ayah selalu senang membantumu menyelesaikan PR, kecuali PR matematika
terbaru.
Ayah lambat mendapat teman, tapi dia bersahabat seumur hidup
Ayah benar-benar senang membantu seseorang... tapi ia sukar meminta
bantuan.
Ayah terlalu lama menunda untuk membawa mobil ke bengkel, karena ia
merasa dapat memperbaiki sendiri segalanya.

Ayah di dapur. Membuat memasak seperti penjelajahan ilmiah.
Dia punya rumus-rumus dan formula racikannya sendiri, dan hanya dia
sendiri yang mengerti bagaimana menyelesaikan persamaan-persamaan
rumit itu.
Dan hasilnya?... .mmmmhhh..." tidak terlalu mengecewakan" ^_~

Ayah akan sesumbar, bahwa dirinyalah satu- satunya dalam keluarga yang
dapat memasak tumis kangkung rasa barbecue grill. *_~
Ayah mungkin tidak pernah menyentuh sapu ketika masih muda, tapi ia
bisa belajar dengan cepat.

Ayah sangat senang kalau seluruh keluarga berkumpul untuk makan
malam...walaupun harus makan dalam remangnya lilin karena lampu mati.
Ayah paling tahu bagaimana mendorong ayunan cukup tinggi untuk
membuatmu senang tapi tidak takut.

Ayah akan memberimu tempat duduk terbaik dengan mengangkatmu
dibahunya, ketika pawai lewat.
Ayah tidak akan memanjakanmu ketika kamu sakit, tapi ia tidak akan
tidur semalaman. Siapa tahu kamu membutuhkannya.
Ayah menganggap orang itu harus berdiri sendiri, jadi dia tidak mau
memberitahumu apa yang harus kamu lakukan, tapi ia akan menyatakan
rasa tidak setujunya.
Ayah percaya orang harus tepat waktu. karena itu dia selalu lebih awal
menunggumu di depan rumah dengan sepeda tuanya, untuk mengantarkanmu
di hari pertama masuk sekolah

AYAH ITU MURAH HATI.....
Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisa memberikan apa yang
kamu butuhkan.... .
Ia membiarkan orang-orangan sawahmu memakai sweater kesayangannya. ....
Ia membelikanmu lollipop merk baru yang kamu inginkan, dan ia akan
menghabiskannya kalau kamu tidak suka.....
Ia menghentikan apa saja yang sedang dikerjakannya, kalau kamu ingin
bicara...

Ia selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayar spp mu tiap
semester, meskipun kamu tidak pernah membantunya menghitung berapa
banyak kerutan di dahinya....
Bahkan dia akan senang hati mendengarkan nasehatmu untuk menghentikan
kebiasaan merokoknya.. ..
Ayah mengangkat beban berat dari bahumu dengan merengkuhkan tangannya
disekeliling beban itu....

Ayah akan berkata ,, tanyakan saja pada ibumu"
Ketika ia ingin berkata ,,tidak"
Ayah tidak pernah marah, tetapi mukanya akan sangat merah padam ketika
anak gadisnya menginap di rumah teman tanpa izin
Dan diapun hampir tidak pernah marah, kecuali ketika anak lelakinya
kepergok menghisap rokok dikamar mandi.
Ayah mengatakan ,, tidak apa-apa mengambil sedikit resiko asal kamu
sanggup kehilangan apa yang kamu harapkan"

Pujian terbaik bagi seorang ayah adalah ketika dia melihatmu melakukan
sesuatu persis seperti caranya....
Ayah lebih bangga pada prestasimu, daripada prestasinya sendiri....
Ayah hanya akan menyalamimu ketika pertama kali kamu pergi merantau
meningalkan rumah, karena kalau dia sampai memeluk mungkin ia tidak
akan pernah bisa melepaskannya.

Ayah mengira seratus adalah tip..
Seribu adalah uang saku..
Gaji pertamamu terlalu besar untuknya...
Ayah tidak suka meneteskan air mata ....
ketika kamu lahir dan dia mendengar kamu menangis untuk pertama
kalinya,dia sangat senang sampai-sampai keluar air dari matanya
(ssst..tapi sekali lagi ini bukan menangis)

ketika kamu masih kecil, ia bisa memelukmu untuk mengusir rasa
takutmu...ketika kau mimpi akan dibunuh monster...
tapi.....ternyata dia bisa menangis dan tidak bisa tidur sepanjang
malam, ketika anak gadis kesayangannya di rantau tak memberi kabar
selama hampir satu bulan.

Kalau tidak salah ayah pernah berkata :" kalau kau ingin mendapatkan
pedang yang tajam dan berkwalitas tinggi, janganlah mencarinya dipasar
apalagi tukang loak, tapi datang dan pesanlah langsung dari pandai
besinya. begitupun dengan cinta dan teman dalam hidupmu,jika kau ingin
mendaptkan cinta sejatimu kelak, maka minta dan pesanlah pada Yang
Menciptakannya"

Untuk masa depan anak lelakinya Ayah berpesan: ,,jadilah lebih kuat
dan tegar daripadaku, pilihlah ibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang
lebih baik dari ibumu, berikan yang lebih baik untuk menantu dan
cucu-cucuku, daripada apa yang yang telah ku beri padamu"

Dan Untuk masa depan anak gadisnya ayah berpesan :" jangan cengeng
meski kau seorang wanita, jadilah selalu bidadari kecilku dan bidadari
terbaik untuk ayah anak-anakmu kelak! laki-laki yang lebih bisa
melindungimu melebihi perlindungan Ayah, tapi jangan pernah kau
gantikan posisi Ayah di hatimu"

Ayah bersikeras,bahwa anak-anakmu kelak harus bersikap lebih baik
daripada kamu dulu....
Ayah bisa membuatmu percaya diri...
karena ia percaya padamu...
Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik, tapi dia hanya mencoba
melakukan yang terbaik....
Dan terpenting adalah...
Ayah tidak pernah menghalangimu untuk mencintai Alloh, bahkan dia akan
membentangkan seribu jalan agar kau dapat menggapai cintaNya, karena
diapun mencintaimu karena cintaNya.

Jazakallah bil jannah untuk setiap peluh yang kau teteskan, untuk
setiap kerut dahimu yang tak sempat kuhitung, untuk setiap jaga
sepanjang malam ketika aku sakit dan ketika kau merindukanku, untuk
tumis kangkung paling lezat sedunia, untuk tempat duduk terbaik di
bahumu yang begitu kekar ketika aku ingin melihat pawai, untuk tetes
"air mata laki-laki "yang begitu mahal ketika kau khawatirkan aku,
untuk kepercayaanmu padaku, meski seringkali ku hianati.
Tak akan pernah bisa terbalas segalanya, kecuali dengan
.......jazakallah bil jannah, " semoga Allah mengganti semuanya
dengan syurga, semoga bisa kubayar dengan syurga yang Alloh beri,
semoga...... .."

Dan untuk semua yang sedang merindukan Ayah, ssssssssttt. ..! Tau gak
siii? Ternyata ayah itu benar-benar MENAKJUBKAN

dari sebuah blog poenya zahra


Sebuah lagu tentang Ayah dan anaknya..


Minggu, Maret 22, 2009

Sketsa Pemilu Presiden Indonesia

by cokbun 2009



Sebuah animasi yang menarik dan menggugah, :)) .. sementara, ini dulu komentarku. Kapan-kapan dan lain kesempatan, akan aku review dengan pandanganku soal pemilu di Indonesia tahun ini, insya Allah.

Oiya, kalo mau berkomentar.. ahlan.. dan silahkan :).



Kamis, Maret 19, 2009

The 2nd Award

Wih, hehe... rupanya dunia perblogginganku diakui juga akhirnya, :p. Secara aku udah dapet dua kali award, yeeeea satu lebih banyak dari punya putri hehe...

Hm... soal apa ya, award kali ini? Awardku yang pertama dari si Roni gak jelas, *peace.... :D tentang wishlists, nah yang kali ini aku dapet dua award langsung dari dua orang berbeda, dek puput ama mampir ngombe cie cie cie... thx ya, udah ngasih aku award!!

The aims of this award:
• As a dedication for those who love blogging activity and love to encourage friendships through blogging.
• To seek the reasons why we all love blogging!

Here are the rules of the award:
• Put the award in one post as soon as you receive it
• Don’t forget to mention the person who gives you the award.
• Answer the award’s question by writing the reason why you love blogging.
• Tag and distribute the award to as many people as you like.
• Don’t forget to notify the award receivers and put their links in your post.


nah, ni dia jawabanku buat awardnya:
kenapa aku suka blogging? karena di sini tempatku untuk berbagi kepada semua orang. Memberi apa yang bisa ku sampaikan. Kenapa enggak di fb ato fs aja? Karena blog, menurutku lebih dari sekedar tempat untuk berbagi, tapi ia bisa menjadi rumah kita di dunia maya, dunia di luar dunia yang kita alami sehari-hari. Mendesign-nya sesuai dengan kepribadian kita dan lebih bebas... tanpa mengacuhkan user friendly nya.

Nah, selanjutnya menginjak award yang kedua, hehehe...



Mm.. harapan tahun 2009 yak? Semoga bisa ngejalanin hidup ini di jalan yang diridhai Allah selalu, termasuk untuk rencanaku setahun yang akan datang. Plus satu lagi, moga bisa dapet predikat bagus tahun ini, minimal jayyid aja deh, syukur-syukur mumtaz.. amin99x.

Selanjutnya, award ini aku terusin ke temenku:
1. Topieq
2. Mujib
3. Roni
4. Zanuba
5. Kiki
6. Aya

buat temen-temen yang lum disebutin, gak papa.. kalo mau ambil aja hehehe..

Selasa, Maret 17, 2009

Website Blitza Remigion


Yu'lanu-yu'lanu...

la nasy'ur nih.. kholas 4 sanawat jel... nahnu khirrij.. hehehe... nah, buat mempererat dan menjalin komunikasi yang lebih luas dengan semua marhalah kita di seluruh dunia.. kita mo ada proyek nih, sul..

rencananya mo bikin web sendiri, setelah fb kita mulai rame. untuk bikin web itu, tentunya kita butuh dana buat hosting di .com,
bukan berarti nasrul gak bisa bayar ndiri, *kakakakka... tapi, biar kita bisa sama-sama bantu dan sama-sama memiliki...

langsung aja, tiap orang dimintai 5 le, bisa lebih kalo mo nyumbang, heheh... bayarnya ke arwani ato ke aku (niam). ok bro? Be your Best, maan najah... Blitza BISA!!

hadza link-uhu.. click

Senin, Maret 16, 2009

Ebook Laskar Pelangi

Siapa yang gak tau buku Laskar Pelangi? Banyak orang bilang ini adalah buku Must Have.. yah, walaupun aku sendiri belum sempet baca semuanya, tapi kemaren kebetulan aku ngeliat nih buku di kamar temenku. Langsung aja aku ambil, secara rasa penasaran dari sejak beberapa bulan ke belakang tak terbendungkan lagi... :D

Sekilas memang tampaknya buku ini gak masuk akal. Terlalu tinggi dan canggih untuk karakter seorang anak-anak. Bagaimana seorang Mahar yang begitu brilian menciptakan ide tarian rancak sapinya. Dan presitisius sebuah lomba di pelosok desa... agak heran sebenernya, tapi ya.. namanya juga cerita.

Sebagaimana yang mbak Helvy bilang, "Ide dan peristiwa dalam buku ini sangat bersahaja, menarik. Buku ini memang bukan novel, tapi memoar. Secara isi bagus-lah. Sayang sangat lemah dalam teknik dan komposisi..."


Hal ini juga diamini beberapa orang, yang mengatakan bahwa dalam edisi pertama dari tetralogi Andrea Hirata ini, terlihat kurang apik dalam merangkai ceritanya. Baru pada edisi ketiga, penulis dadakan itu terlihat mulai pintar merangkai kata dalam sebuah cerita.

Sementara dari situs http://www.goodreads.com/ *namanya juga promosi, hehehe... bilang gini,

"Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu—bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan Padamu Negeri di akhir jam sekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita. Selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya.

Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia: pendidikan"


Penasaran pengen baca bukunya? He... di bawah ni ntar aku kasih link buat donlot ebooknya. Tapi eits, saranku lebih baik beli bukunya yang asli dulu :D biar gak dibilang membajak :p. Kalau bukan kita yang menghargai karya bangsa sendiri, siapa lagi...?? Tapi lagi, kalau emang gak tinggal di Indonesia dan gak ada yang jual di Kairo ya, silahkan saja ... hehehe... sekedar menghilangkan rasa penasaran aja.. ;)

Ok deh, met baca-baca... komentarnya ditunggu yaw.

skrinsut nya:














download Laskar Pelangi

Sabtu, Maret 14, 2009

Save Your Time to Present the Best Gift!!

All Present Gift Price Season Husband Girl Types

A gift can be meaningful for someone. Someone who is given by you, will know that you have such concern and attention to him or her. Everybody will be happy, with a present. Also they can know how many concern are you to them. And of course, it will make the relationship between you and him or her more and more charm and attractive. Want somebody to appreciate you? Just give him a present! Additionally, now is the time of seasonal change. What a very good time to GIVE!!

But, how to present a gift for somebody, without spend much and more time? Of course, you need to compare and decide which gift is the best for him or her. You have to look around many shops to get the best gift. But that ONLY will happen in the past time, and NOW… you will get more gift and present for your lovely person from more shop in just one click. Visit here, and just give it a try: http://www.shopwiki.com/wiki/Seasonal2


What you could find there? As like I mention before, you will find more present and gift from more shops. So you can decide the best gift for your lovely person from the best shop in a page! Also you can find the best gift in a directory for all person types and for all seasonal types. Such as a gift for girls which you can find here: http://www.shopwiki.com/wiki/Gifts+for+Girls. You can find such a pajamas, clothes and accessories, jewelry boxes, purses, backpacks and even pillows or room décor, which included in preschooler category. And many more categories which you can find the best suit for your lovely daughter.

Need more? Of course you can find the best gift which match to the occasion you want to present. Feel confused with the best gift for your husband anniversary?? Not any more, just click right here: http://www.shopwiki.com/wiki/Anniversary+Gifts+for+Husbands and you can find the goods he really needs without confusing. It shown there, any type of your husband character; a reader, or sportsman, or elegant, etc. You indeed will get the best present for showing your love in the right way, by giving him what he needs and what he wants! Such a watch, or book or GPS device, perfume and even experience of riding the helicopter!! Just match it to your lovely husband alike.

For more information and the gift for types of all people and all season, just click here: http://www.shopwiki.com/wiki/Seasonal2. Happy presenting the best gift to someone you love him or her so much… and don’t forget, in a little more time. :)

Jumat, Maret 13, 2009

Maen Zakati, hayuks...

Anda punya permainan monopoli di rumah atau maniak monopoli. Permainan itu kini memiliki saingan baru. Bila monopoli mengajarkan kita untuk kaya, kaya, dan kaya. Siapa bermodal besar, maka akan berpenghasilan besar. Barang siapa miskin, maka akan kesulitan mendapatkan kekayaan. Saya bisa katakan kalau monopoli adalah permainan kaum kapitalis.

Pesaing baru monopoli, adalah ZAKATI. Zakati adalah sebuah permainan anak anak-anak usia 11 – 18 tahun, yang dirancang agar dapat merangsang tumbuh berkembangnya kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Konsep permainan ini adalah setiap pemain agar gigih berusaha untuk memiliki usaha sebanyak-banyaknya dan memiliki penghasilan yang besar agar dapat memperbanyak shodaqoh, infak dan zakat. Para pemain dituntut kemampuannya mengatur finansial dalam bertransaksi untuk memiliki usaha, menyewakan, menjual, dan bershodaqoh. Yang pada akhirnya menjadi pengusaha yang dermawan.

Jauh berbeda dengan monopoli, Zakati mengajarkan kita untuk memperbesar shodaqoh, Infak, dan zakat. Siapa pemain yang punya harta paling banyak, maka dia akan punya kewajiban berzakat lebih besar. Di monopoli, pemenang adalah yang bisa membuat miskin lawan mainnya, di Zakati pemenang adalah pemain yang berzakat paling besar, dan mensejahterakan pemain lain.

Anda penasaran??


Permainan yang merupakan buah pikir Bapak Ageng Sadnowo Repelianto (Dosen Univ.Lampung) ini baru dilaunching kan oleh Lazis Baitul Hikmah Masjid Al Wasii Unila pada 14 Februari 2009 lalu di Univ Lampung dan langsung mendapatkan sambutan hangat masyarakat. Dengan harga hanya 1/8 dinar saja, keluarga anda dapat memiliki permainan ini.

Asyik, menghibur, cerdas, dan tercerahkan pastinya setelah anda memainkan permainan ini.

Tidak hanya untuk anak, tapi untuk seluruh keluarga juga dapat berpartisipasi dalam memainkan Zakati.

Setelah anda membeli, maka anda langsung bershodaqoh untuk masyarakat palestina, karena 10% hasil penjualan akan disumbangkan untuk masyarakat Palestina. Ayo tunggu apalagi, lengkapi permainan keluarga kita dengan ZAKATI.

Perbedaan lainnya dengan monopoli, kata Ageng, dalam Zakati kita diajarkan tentang konsep memilih dalam hidup. ”Kita diberikan sebuah peluang, lalu diminta memilih mana yang dikehendaki. Tapi dalam Monopoli kita lebih diajarkan pada nilai-nilai gambling (bertaruh) dengan dadu misalnya.”

Karenanya, jelas Ageng, dalam zakati dadu tidaklah digunakan sebagaimana dalam permainan monopoli. Sebagai gantinya, dipakailah sistem kartu yang berjumlah 114 buah atau sama seperti jumlah surat dalam Al-Qur’an. Pada setiap kartu tertera nomor urut surat termasuk pengkategoriannya dalam surat Makiyah atau Madaniyah. Tujuannya, tandas Ageng Ummah ini, agar kita selalu kenal dan ingat surat jumlah surat dalam Al-Qur’an yang sebenarnya aset penting bagi setiap muslim.

Menurut Ageng permainan zakati ini cocok bagi pendidikan anak hingga dewasa. Mereka yang aktif bermain akan jadi terbiasa mengatur keuangannya sejak dini dan termotivasi untuk bersedekah.

Saat ini Zakati terus diperkenalkan ke seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat, pihak LAZIS Baitul Ummah Universitas Lampung sebagai penggagas produk akan menggelar kampanye ke berbagai kota.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Zakati bisa menghubungi melalui email atau "yahoo messenger" ke zakati@yahoo.com. Bisa pula kontak langsung via telepon ke 081379513497 atas nama Cipto Wadi.

Selamat datang dunia kedermawanan….. selamat tinggal dunia kapitalis

source: dari mas Anggi, dan suara merdeka.

Selasa, Maret 10, 2009

Yang akan Dikubur

Awan sedikit mendung, ketika kaki kaki kecil Yani berlari-lari gembira di atas jalanan menyeberangi kawasan lampu merah Karet.

Baju merahnya yg Kebesaran melambai Lambai di tiup angin. Tangan kanannya memegang Es krim sambil sesekali mengangkatnya ke mulutnya untuk dicicipi, sementara tangan kirinya mencengkram Ikatan sabuk celana ayahnya.

Yani dan Ayahnya memasuki wilayah pemakaman umum Karet, berputar sejenak ke kanan & kemudian duduk Di atas seonggok nisan “Hj Rajawali binti Muhammad 19-10-1915 : 20- 01-1965 ”

“Nak, ini kubur nenekmu mari Kita berdo’a untuk nenekmu” Yani melihat wajah ayahnya, lalu menirukan tangan ayahnya yg mengangkat ke atas dan ikut memejamkan mata seperti ayahnya. Ia mendengarkan ayahnya berdo’a untuk Neneknya…


“Ayah, nenek waktu meninggal umur 50 tahun ya Yah.” Ayahnya mengangguk sembari tersenyum, sembari memandang pusara Ibu-nya.

“Hmm, berarti nenek sudah meninggal 42 tahun ya Yah…” Kata Yani berlagak sambil matanya menerawang dan jarinya berhitung. “Ya, nenekmu sudah di dalam kubur 42 tahun … ”

Yani memutar kepalanya, memandang sekeliling, banyak kuburan di sana . Di samping kuburan neneknya ada kuburan tua berlumut “Muhammad Zaini: 19-02-1882 : 30-01-1910″

“Hmm.. Kalau yang itu sudah meninggal 106 tahun yang lalu ya Yah”, jarinya menunjuk nisan disamping kubur neneknya. Sekali lagi ayahnya mengangguk. Tangannya terangkat mengelus kepala anak satu-satunya. “Memangnya kenapa ndhuk ?” kata sang ayah menatap teduh mata anaknya. “Hmmm, ayah khan semalam bilang, bahwa kalau kita mati, lalu di kubur dan kita banyak dosanya, kita akan disiksa dineraka” kata Yani sambil meminta persetujuan ayahnya. “Iya kan yah?”

Ayahnya tersenyum, “Lalu?”
“Iya .. Kalau nenek banyak dosanya, berarti nenek sudah disiksa 42 tahun dong yah di kubur? Kalau nenek banyak pahalanya, berarti sudah 42 tahun nenek senang dikubur …. Ya nggak yah?” mata Yani berbinar karena bisa menjelaskan kepada Ayahnya pendapatnya.

Ayahnya tersenyum, namun sekilas tampak keningnya berkerut, tampaknya cemas ….. “Iya nak, kamu pintar,” kata ayahnya pendek.

Pulang dari pemakaman, ayah Yani tampak gelisah Di atas sajadahnya, memikirkan apa yang dikatakan anaknya… 42 tahun hingga sekarang… kalau kiamat datang 100 tahun lagi…142 tahun disiksa .. atau bahagia dikubur …. Lalu Ia menunduk … Meneteskan air mata…

Kalau Ia meninggal .. Lalu banyak dosanya …lalu kiamat masih 1000 tahun lagi berarti Ia akan disiksa 1000 tahun?
Innalillaahi WA inna ilaihi rooji’un …. Air matanya semakin banyak menetes, sanggupkah ia selama itu disiksa? Iya kalau kiamat 1000 tahun ke depan, kalau 2000 tahun lagi? Kalau 3000 tahun lagi? Selama itu ia akan disiksa di kubur. Lalu setelah dikubur? Bukankah Akan lebih parah lagi?
Tahankah? padahal melihat adegan preman dipukuli massa ditelevisi kemarin ia sudah tak tahan?

Ya Allah… Ia semakin menunduk, tangannya terangkat, keatas bahunya naik turun tak teratur…. air matanya semakin membanjiri jenggotnya

Allahumma as aluka khusnul khootimah.. berulang Kali di bacanya DOA itu hingga suaranya serak … Dan ia berhenti sejenak ketika terdengar batuk Yani.

Dihampirinya Yani yang tertidur di atas dipan Bambu. Di betulkannya selimutnya. Yani terus tertidur…. tanpa tahu, betapa sang bapak sangat berterima kasih padanya karena telah menyadarkannya arti sebuah kehidupan… Dan apa yang akan datang di depannya…

“Yaa Allah, letakkanlah dunia ditanganku, jangan Kau letakkan dihatiku…”

dari: tempat CURHATAN - Friendster

Senin, Maret 09, 2009

Soft Launching *halah... "Dunia Offline Masisir"



Alhamdulillah... akhirnya selesai juga sub-blog q, uhuy... hm hm hm...

Mahasiswa Indonesia di Mesir (baca: Masisir) memang bukan mahasiswa biasa. Tentunya bukan hanya karena tinggal di luar negeri saja. Akan tetapi, kehidupan di sini sangat berbeda dengan kehidupan Mahasiswa pada umumnya. Sebut saja, jadwal piket masak di tiap-tiap rumah. Yah, meskipun tidak semua rumah menerapkannya - karena berbagai hal, tapi jamak terjadi bahwasanya Masisir melakukan jadwal ketat soal ini.

Tak lain karena biaya masak yang jauh lebih murah dibandingkan kalau harus belanja makan di Syawirma (sejenis franchise daging sapi) ataupun di Syaikh (franchise makanan khas Mesir. Apalagi jika dibandingin ama warung poenya orang Indonesia, walah-walah... ghali awie, ya Amm (mahal sekali..) Itu baru satu sisi dinamika Mahasiswa sini, atau akrab disebut Masisir.


Belum lagi jika dilihat dari sepak terjang mereka. Ada yang terjun di kajian, sepakbola, basket, organisasi, kepanitaan dsb. Atau cukup berdiam saja di rumah, dan sibuk mengetuk tuts keyboard,.. alias chatting.

Nah lo, berbicara soal chating ala Masisir, ada satu sisi yang sangat menarik. Bahkan, saking eratnya hubungan antar keduanya... ada yang bilang Lc itu Lancar Chating.. heu heu... walaaaaaaaaah...

Siapapun mereka, dan apapun fokus tujuan Masisir itu, hampir tak ada satupun yang bisa lepas dari dunia ini. Dampak positifnya, seolah-olah Masisir pun membuat satu jaringan komunikasi tersendiri, yakni jaringan chating!! *Meski masih numpang di yahoo... heu heu

Maka gak heran, ketika kemudian, ym alias chating menjadi sarana komunikasi paling efektif kedua setelah hape. Bahkan boleh jadi ia menjadi semacam corong informasi dan berita terkini Masisir. Tak perlu menunggu sejam dua jam, dalam waktu singkat akan segera tersebar beritanya di offline..

Ada berita tentang agenda-agenda. Ada juga promosi blog *kayaknya aku deh yang paling sering.. heu heu. Trus yang lain, info-info penyewaan flat atau promosi jual barang, dll. Dan tak kalah pentingnya, berita soal kuliah dan kampus tentunya.

Media offline sudah menjadi barang wajib dan keharusan bagi setiap kalangan Masisir. Bisa jadi penulis sebut begitu. Akan tetapi, ada sedikit penyakit yang terkadang bikin kita gerah. Terlalu banyak offline yang masuk dan itu-itu saja. Dari satu orang ke orang lain, dan akhirnya kembali lagi pada kita. Maka tidaklah heran, kalo kemudian kita bukannya ikut menyebar offline tersebut, tapi malah dengan segera menutupnya dan tak mengindahkannya.

Tapi sayang, seiring berlalunya waktu.. terkadang kita baru ingat, bahwa offline kemarin, tadi atau bahkan seminggu yang lalu benar-benar kita butuhkan. Lantas, ke mana kita akan mencarinya?

Penulis tergelitik dengan fakta ini. Karena terkadang, di saat status sedang busy-nya, ada yang ngebuzz dan minta dikirimkan balik sebuah offline, hufh... Inilah salah satu yang mendorong pneulis untuk kemudian berinisiatif mengumpulkan berita-berita offline di dunia chating Masisir. Tak lain agar semua Masisir, bisa segera merujuk kepada berita tersebut bila dibutuhkan. Tak banyak yang saia harapkan, kecuali semoga blog ini bisa bermanfaat buat Masisir..

Selanjutnya, berhubung blog ini masih sangat baru.. saia pribadi mohon bimbingan dan pencerahan, serta saran, komentar dan kritik dari temen-temen seperjuangan Masisir.

Akhir kata, Bismillah. Selamat membaca..!!

Sambangi blognya berita offline Masisir di sini.

Ebook Ketika Cinta Bertasbih (Full)

keywords: ebook, ketika cinta bertasbih full, habiburrahman el-shirazy, dalam mihrab cinta, aplikasi java Quran, corel x4 free, free downloads, gratis.

Beberapa hari yang lalu, saia sempet pasang polling di blog ini. Tapi sayang, gara-gara ganti blog, poll tersebut hilang...

Pollingnya adalah tentang, apa yang pembaca paling inginkan di blog ini. Nah, salah satu yang paling diminta oleh pembaca adalah aplikasi game java. Emang sih, sebenernya aku juga udah kepengen banget bagi-bagi game, aplikasi dan mereview hal-hal yang berkaitan ama itu. Cuman aku masih bingung, kira-kira apa bikin blog baru lagi atau cukup fokus di blog ini aja.

Akhirnya, aku pikir-pikir lagi dan kayaknya lebih baik kalo blog ini tetep ada, plus ditambahi tag baru; downloads.. hehehe...

Pun tidak hanya itu. Di tag baru ini, temen-temen gak cuma akan nemuin game java ato aplikasi gratisan buat hape aja. Tapi aku udah juga mo bagi-bagi segala hal yang bisa di donlot.. *sok mantabh...


Beberapa hal yang mungkin akan aku taro di tag ini seperti:
1. Ebook
2. Aplikasi berguna buat pc
3. Game dan Aplikasi buat hape
4. Link-link aplikasi gede gratisan (Corel X4, Encyclopedi Britannica 2008, dll)
5. Bisa nambah sesuai request, hehehe..

Oya, gak cuma itu aja. Di tag ini aku juga nerima request deh... heu heu. *kurang baik apa coba, :p

Ok deh, segitu aja pembukaannya. Selanjutnya bakal dimulai aktivitas dowload kita. Dah siap?? Hayuk....

Sebagai pembukaan, aku kasih link biasa dulu:

Corel X4 (thanks buat juragan Lewi Verdatama)
hxxp://www.corel.com/akdlm/6763/downloads/trials/GraphicsSuiteX4/CorelDRAWGraphicsSuiteX4Installer_EN.exe

plus jamunya, biar bisa full version:
Passwordnya : www.xamenoi.com
hxxp://www.4shared.com/file/85010073/3b0f58aa/Jamu-Sidomuncul-X4-wwwxamenoicom.html

bonus Ebook
Dalam Mihrab Cinta, Habiburrahman El Shirazy
Ketika Cinta Bertasbih-full

bonus Aplikasi Quran Hape
Aplikasi Java Quran

Nah, lo... yang pada mo rikeus... silahkan-silahkan, feel free!!

Milisku oh Milisku…

ditulis untuk mengisi kolom 'Jaring Aspirasi' Buletin Suara PPMI Mesir

Sebuah catatan dan komentar Masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir) tentang milis mereka, InfoPMIK

Suatu hari, di sebuah warnet.

“Wuih, bro.. inbox ente penuh banget? Sampe seribuan gitu?” tanya seorang kawan Masisir.

“Iya nih, karena jarang dibuka tiba-tiba aja penuh dengan email dari milis.”

“Owh.” Komentarnya singkat.

“Jadi bingung nih, nyari email yang dikirim ortu ane…”

Menjadi anggota sebuah milis merupakan salah satu kebiasaan baru bagi mahasiswa baru di Mesir. Meskipun milis adalah sebuah grup diskusi yang bermanfaat, tapi terkadang bila kita jarang mengikuti dan membaca postingan-postingan di dalam inbox, bisa jadi malah seperti spam yang bikin inbox kita penuh hanya dalam waktu 10 hari. Tak ayal, surat penting yang seharusnya kita baca, bisa jadi malah tenggelam dengan postingan milis yang kita ikuti. Tentunya hal ini berlaku bagi temen-temen yang kurang memanfaatkan fasilitas filter di emailnya.


Senarai, pernahkah pembaca mendengar kata ini sebelumnya? Tak dinyana, rupanya senarai adalah bahasa Indonesia dari Milis, grup diskusi yang sangat sering kita dengar dan perbincangkan. Simak penjelasan situs Wikipedia tentang milis.
Menurut situs Wikipedia, Milis (bahasa Inggris: mailing list) atau senarai pada dasarnya adalah sebuah grup diskusi di internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta di dalamnya. Kita dapat membaca surat orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, senarai adalah sebuah daftar alamat alamat pos-el yang mempunyai kesukaan/ kepentingan yang sama.
Dari penjelasan situs tersebut, dapat kita simpulkan bahwa sejatinya keberadaan milis sangat membantu pertukaran informasi dan ilmu yang lebih cepat. Semakin banyak anggotanya, maka sebuah milis semakin dianggap keren dan bagus. Ini pula yang membuat infoPMIK, sebuah milis di kalangan Masisir dianggap sebagai milis paling aktif dan diakui.

Lantas bagaiamana sebuah milis bisa menjadi spam? Penulis pikir hal itu kembali kepada keaktifan anggota milis tersebut dalam mengikuti perkembangan di milis yang diikutinya. Bila pemilik email jarang membacanya, maka bisa dipastikan email-email dari milis yang masuk bisa menjadi spam. Apalagi bila kurang memanfaatkan fasiltas filter di emailnya.

Bagaimana dengan milis infoPMIK? Penulis yakin, banyak diantara kita yang sudah terdaftar sebagai anggota milis ini. Lihat saja dari jumlah keanggotaan yang dapat dilihat di yahoogroups sebanyak 2019 email terdaftar. Tapi, apakah dengan banyaknya anggota tersebut, milis kebanggan Masisir ini sudah memenuhi harapan Masisir sebagai media informasi dan keilmuan sebagaimana yang pengelolanya dengungkan? Atau malah jadi ajang debat kusir dan sekat bagi Masisir, sebagaimana keluhan beberapa anggotanya? Selanjutnya, mari kita lihat tanggapan Masisir terhadap milis favorit mereka ini. Disebarkan melalui angket oleh kru SP terhadap 100 orang Masisir secara acak.

Dan terbukti, ketika ditanya tentang keikutsertaan Masisir di milis ini, sebagian besar menjawab menjadi anggotanya. 51 % responden menjawab menjadi anggota aktif milis yang dikelola oleh Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Kairo ini. Mereka beralasan bahwa penting artinya menjadi anggota aktif di milis infoPMIK agar tetap bisa mengikuti perkembangan dan kabar-kabar terbaru di kalangan Masisir.

Sementara 15 % responden lainnya mengaku hanya sebatas menjadi anggota dan kurang terlibat aktif. Yang menjadi alasan ketidak-aktifan adalah karena intensitas pemakaian internet mereka yang bisa dibilang jarang. Sisanya, sekitar 34 % responden mengaku tidak sama sekali menjadi anggota milis tersebut. Alasannya karena mereka sendiri kurang tahu bagaimana cara menjadi anggota sebuah milis.

Lebih lanjut, ketika ditanya soal suasana milis ini sebagai media komunikasi dan diskusi, 58 % responden menjawab suasana di dalam milis cukup kondusif dan bagus. Mereka beralasan, dengan banyaknya berita yang baru dan lebih dari 2.000 email yang terdaftar membuat arus informasi dan diskusi berjalan sangat aktif.

Namun, beberapa responden lain sebanyak 22 % menganggap bahwa milis InfoPMIk kurang kondusif. Hal ini terkait dengan tidak adanya peraturan yang jelas dan batasan-batasan diskusi. Sehingga tak jarang, banyak email atau postingan yang terlalu bebas dan keluar dari koridor keilmuan dan informasi bermanfaat. Sedangkan 20 % lainnya beranggapan, suasananya cukup kondusif. Karena keberadaan milis ini sangat merangsang pengembangan dunia tulis menulis. Meski disayangkan, kurangnya kesadaran anggota milis terkait penggunaan diksi yang baik. Tak jarang, kemudian muncul kata-kata yang kurang sopan.

Yang menarik, ternyata sebagian besar responden mengatakan bahwa di milis ini ditemukan debat kusir yang gak jelas. 78 % responden ini beranggapan bahwa, kurangnya objektifitas ilmiah dan minimnya validitas data menjadi sebab utama debat kusir tersebut. Sehingga tak jarang, yang terjadi sebuah debat yang mengedepankan ego dan kemenangan pendapat pribadi.

Dan hanya 12 % responden yang bilang sedikit menemukan debat kusir di dalamnya. Itupun tak lain karena responden tersebut jarang mengikuti diskusi dan perdebatannya, ujar mereka. Sementara 10 % lainnya mengatakan jarang menemukan perdebatan kusir tersebut.

Rupa-rupanya menurut pengakuan Masisir sendiri, keberadaan dan sikap milis ini masih tetap terjaga netral dan obyektif. Terlihat dari pengakuan 40 % responden yang menyatakan bahwa milis infoPMIK ini masih dianggap netral dalam bersikap dan tidak cenderung kepada salah satu golongan. Mereka berargumen, dengan banyaknya elemen dan lapisan Masisir yang ikut aktif dianggap mampu menjaga sikap positif ‘netral’ milisnya Masisir ini.

Namun sebagian lain menganggap kurang aktifnya moderator dan pasif dalam memberi solusi membuat milis ini jadi kurang netral. Sehingga riskan terjadinya kesalahpahaman antar anggota milis. Hal ini diakui oleh 38 % responden. Sementara 22 % lainnya malah beranggapan keberadaan milis ini cenderung kepada salah satu golongan dan tidak netral.

Terakhir, ketika ditanya soal penggunaan milis PMIK sebagai sarana kampanye partai, sebagian besar responden mengungkapkan ketidaksetujuannya. Tercatat 76 % responden memberi alasan bahwa misi dan visi milis harus dikedepankan. Bukankah milis ini murni kemasisiran dan tidak terkait partai politik apapun? Lebih lanjut, mereka juga memberi alasan bahwa keberadaan kampanye sama sekali tidak menambah wawasan dan pengetahuan. Yang juga ditakutkan adalah terjadinya sekat pemisah antar Masisir dengan adanya politisasi milis milik Masisir ini.

Sebagian yang lain juga beranggapan kurang tepat bila milis ini dijadikan media kampanye. Sebanyak 16 % responden menyayangkan bila moderator tidak bertindak tegas untuk itu. Karena, milis ini bukanlah milik satu partai tapi milik Masisir. Sedangkan yang mengiyakan kampanye, ada 8 % responden. Mereka beralasan bahwa kampanye merupakan hak asasi dan masih dalam koridor-koridor yang ditetapkan, yakni memberi pengetahuan dan wawasan bagi Masisir untuk memilih partai yang terbaik di antara yang baik.

Menjadi milis paling diakui dan teraktif di kalangan Masisir adalah sebuah kebanggaan. Terlebih banyak pula yang menganggap bahwa milis infoPMIK adalah milisnya Masisir. Akan tetapi, anggapan itu juga seharusnya menjadi motivasi tersendiri dan tanggungjawab yang harus dipikul oleh sang moderator. Penulis teringat sebuah pesan yang disampaikan ayah Peter Parker, sang Spiderman, “Di dalam kemampuan yang besar, terdapat tanggungjawab yang besar.” Semoga saja milis kita bersama ini bisa lebih baik dan memberi manfaat yang lebih banyak bagi Masisir, seluruh Masisir dan bukan hanya segolongan daripadanya. Atau malah hanya menjadi spam ‘tak berguna’ yang memenuhi inbox kita, seperti kisah di atas? Semoga tidak.

Test Pribadimu..

Pengen tau, termasuk orang yang bagaimanakah diri ini? Coba ikuti dan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Tapi inget, harus jujur key,,,,

Seperti terlihat, ada keterangan di bawah ini. Jawab dari tiap-tiap karakter sesuai dengan kebiasaan kamu, apakah sering dilakukan, atau kadang saja, atau malah tidak sama sekali melakukannya. Itulah yang kamu masukan ke dalam nilai di tiap-tiap karakater tersebut.

Contohnya, misalkan pada sub Sanguin, Bicara dan berlaku spontan, bila kamu sering melakukannya, maka masukan nilai 2 pada pertanyaan tersebut dan begitu seterusnya. Setelah selesai satu sub, makah hitunglah total nilai yang ada dan kalikan 10, sesuai yang tertera di bawah tiap-tiap sub.

Yuks, segitu aja ... silahkan dicoba dan met mengenal diri kamu ;)

⊙Kterangan:
[2]. Sering
[1]. Kadang2
[0]. Tdk sma skali


⊙SANGUIN,
[―]. Bicara & brlaku spontan
[―]. Mdh ceria mdh ngambeg
[―]. Mudah memaafkan
[―]. Ska sesuatu yg baru
[―]. Bawel
[―]. Suka melebih2kn cerita
[―]. Boros duit
[―]. Pinter boong
[―]. Pelupa
[―]. Mudah prcya orang
a x 10 = … % sanguinis

⊙MELANKOLIS,
[―]. Teliti pd hal kecil
[―]. Pandai mngatur uang
[―]. Suka kerapihan
[―]. Peka trhadap prasaan org
[―]. Suka hal rutin
[―]. Pelit
[―]. Perfeksionis
[―]. Suka menyendiri
[―]. Cepat depresi
[―]. Pendendam
a x 10 = … % melankolis

⊙KOLERIS,
[――]. Pemikir cepat
[――]. Suka bekerja keras
[―]. Ceplas―ceplos
[――]. Mandiri
[―]. Pintar membujuk orang
[―]. Keras kepala
[―]. Suka memimpin
[―]. Tidak sabaran
[―]. Tidak mudah puas
[―]. Tidak mau ngaku kalah
a x 10 = … % koleris

⊙PHLEGMATIS
[―]. Murah senyum
[―]. Konsisten
[―]. Tidak mudah marah
[―]. Mencukupkan diri
[―]. Sabar
[―]. Malas
[―]. Cuek
[―]. Pemalu
[―]. Pasrah
[―]. Tidak suka konflik
a x 10 = … % phlegmatis

Uang dalam Perspektif Ekonomi Barat dan Islam

download makalah lengkap: klik di sini
mirror: atau di sini

Sekilas Sejarah Uang
Sebagaimana telah disinggung dalam bab sebelumnya tentang sejarah uang, kita tahu bahwasanya pada mulanya uang muncul sebagai sebuah solusi. Ia menjawab pertanyaan sulitnya bertransaksi lewat barter yang sebelumnya sudah ada.

Seiring berkembangnya ilmu dan metode transaksi, uang juga mengalami perkembangan. Dari sisi ini, dapat kita katakan bahwa perkembangan uang dalam dunia konvensional lebih maju dibandingkan dengan uang dalam ekonomi Islam. Mengingat, sikap yang berbeda antara ekonomi Islam dan konvensional terhadap uang. Meskipun, pada awalnya dunia Islam sudah mengenal uang jauh sebelum Adam Smith menuliskan buku “The Wealth of Nation” tahun 1766.


Dalam sejarahnya, disebutkan bahwa dulunya uang yang digunakan oleh orang Arab adalah Dinar dan Dirham. Menurut Abdul Qadim Zallum, mata uang ini diperoleh dari hasil perdagangan yang mereka lakukan di negara-negara sekitarnya. Baik itu dari Romawi, Persia, dan Yaman. Dirham yang digunakan orang Arab saat itu tidak didasarkan pada nilai nominalnya, melainkan menurut beratnya, sebab Dinar dan Dirham tersebut hanya dianggap sebagai kepingan emas dan peraknya saja. Dinar dan Dirham tidak dianggap sebagai mata uang yang dicetak mengingat bentuk dan timbangan Dirham yang tidak sama dan karena kemungkinan terjadinya penyusutan berat akibat peredarannya. Untuk mencegah terjadinya penipuan atas perilaku transaksi, maka mereka menggunakan standar timbangan khusus yang telah mereka miliki, yaitu: 1. Auqiyah, 2. Nasy 3. Nuwah 4. Mitsqal 5. Dirham 6. Daniq 7. Qirath 8. Habbah


Konsep dan Fungsi Utama Uang
Ada perbedaan mendasar antara kedua sistem ekonomi ini. Menurut sistem ekonomi kapitalis, uang selain sebagai alat tukar ia juga adalah komoditas yang bisa diperdagangkan, sementara ekonomi Islam tidak mengakui fungsi yang satu ini.

Sistem kapitalis mengenal adanya tiga fungsi uang;
1. Medium of Exchange
2. Unit of Account
3. Store of Value

Sedangkan dalam ekonomi Islam, hanya dikenal adanya 2 fungsi :
1. Medium of Exchange (for transaction)
2. Unit of Account

Dalam Islam, fungsi pertama ini jelas bahwa uang hanya berfungsi sebagai medium of exchange. Uang menjadi media untuk merubah barang dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain, sehingga ...

Persamaan fungsi uang dalam sistem Ekonomi Islam dan Konvensional, sebagaimana kita lihat di atas adalah uang sebagai alat pertukaran (medium of exchange) dan satuan nilai (unit of account). Perbedaannya adalah ekonomi konvensional menambah satu fungsi lagi sebagai penyimpan nilai (store of value) yang kemudian berkembang menjadi motif money demand for speculation, yang merubah fungsi uang sebagai salah satu komoditi perdagangan.

Dengan demikian, dalam konsep Islam, uang tidak termasuk dalam fungsi utilitas karena....

Rumus time value of money :
FV=PV(1+i)n
Sebenarnya mengambil/mengadopsi dari teori pertumbuhan populasi, dan tidak ada dalam ilmu finance.
Rumus pertumbuhan populasi adalah sebagai berikut :
Pt=Po(1+g)t J

Jadi future value dari uang dianalogikan dengan jumlah populasi tahun ke-t, present value dari uang dianalogikan dengan jumlah populasi tahun ke-0, sedangkan tingkat suku bunga dianalogikan dengan tingkat pertumbuhan populasi. Ini merupakan kekeliruan fatal, sebab ....
Bentuk dan jenis Uang
Uang yang beredar di dalam masyarakat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu uang kartal dan uang giral.

Uang Kartal
Uang kartal terdiri dari dua, yakni uang logam dan uang kertas....
Jenis uang kartal berdasarkan bahan pembuatnya, uang logam dan uang kertas.
A. Uang logam

Uang logam memiliki tiga macam nilai.
1. Nilai Intrinsik, yaitu nilai bahan untuk membuat mata uang. Misalnya berapa nilai emas dan perak yang

2. Nilai Nominal, yaitu nilai yang tercantum pada mata uang atau cap harga yang tertera pada mata uang. Misalnya seratus rupiah (Rp. 100,00), atau lima ratus rupiah (Rp. 500,00).

3. Nilai Tukar, nilai tukar adalah kemampuan uang untuk dapat ditukarkan dengan suatu barang (daya beli uang). Misalnya uang Rp. 500,00 hanya dapat ditukarkan dengan sebuah permen, sedangkan Rp. 10.000,00 dapat ditukarkan dengan semangkuk bakso).

B. Uang kertas
Uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah. Menurut penjelasan UU No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang dimaksud dengan uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas atau bahan lainnya (yang menyerupai kertas).

Berbeda dengan uang logam, uang kertas mempunyai nilai karena....

Uang Giral
Uang giral tercipta akibat semakin mendesaknya kebutuhan masyarakat akan adanya sebuah alat tukar yang lebih mudah, praktis dan aman. Di Indonesia,
Uang giral bukan merupakan alat pembayaran yang sah. Artinya, masyarakat
Uang giral dapat terjadi dengan cara berikut.
* Penyetoran uang tunai kepada bank ....
* Karena transaksi surat berharga. Uang giral dapat diciptakan dengan cara...
* Mendapat kredit dari bank yang dicatat dalam rekening koran dan dapat diambil sewaktu-waktu. Cara ini disebut dengan loan deposit.

Uang Kuasi
Uang kuasi adalah surat-surat berharga yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran. Biasanya uang kuasi ini terdiri atas deposito berjangka dan tabungan serta rekening valuta asing milik swasta domestik.

Dalam ekonomi juga dikenal pembagian jenis uang yang lain, yakni ada dua:
1. Uang berupa komoditas (nuqud sil’iyyah / commodity money)
Nilai dari barang itu sama dengan nilainya sebagai uang, seperti ...

2. Uang berupa kepercayaan (nuqud i’timaniyyah / fiduciary money)
Bentuknya seperti uang yang beredar sekarang, di mana nilai nominalnya jauh lebih tinggi ...

Dampak Perubahan Fungsi Uang
Mengenai kebijakan sistem moneter, Islam sesungguhnya telah mempunyai instrumen tersendiri, diantaranya konsep bebas dari bunga (free interest economy). Adanya bunga dilarang oleh Islam karena instrumen bunga menimbulkan ...

Wallahu a’lamu bishshowab.

Jumat, Maret 06, 2009

Rindu tak terjawab

Malam ini aku merenung sendiri. Seperti malam-malam sebelumnya...
Tapi kali ini berbeda, entah apa yang menggelayut di hatiku, aku pun tak tahu
Aku hanya merasa itu adalah sebuah kerinduan,..
Tentang apa, pada siapa dan bagaimana, aku juga sedang sibuk mengejanya..

Ingatanku terbawa ke sebuah surau, tentang lantunan sebuah ayat
"Inna al-insana khuliqa haluuan, idza massahu asy-syarru jazu'an wa idza massahu al-khairu manuan.."
Tak terasa, air mataku meleleh...
Apakah aku rindu untuk menangis?

Siang tadi, lidahku pun serasa kelu
Bacaan ayat-ayat suciku tak seperti biasa
Ada yang salah dengan ingatanku?
Pikiranku selalu terbang.. mengembara tak tentu arah
Dan aku pun tercenung,
Mengetuk kekeluan hatiku akan ayat-ayat Mu


Peng-ejaanku tercekat pada sebuah majalah bulanan kampusku, al-Azhar
Saat sebuah malam, aku membelinya dari toko kelontong pinggir jalan Bawwabah II
Saat aku terduduk lesu di depan monitor kerja IKPM
Mataku yang basah karena membaca selarik cerita Nabiku, Muhammad saw
Tentang sebuah doa yang tak hentinya beliau panjatkan untuk umatnya

Ada juga cerita tentang sebuah kekesalan
saat sebuah hati yang pergi dan tak kunjung kembali
Berkelana entah ke mana,
Saat bertumpuk data bersahut-sahutan meminta dituliskan
Huff, wanita..

Sementara Qur'an hitamku terbujur kaku
Ayat "dzalika al-kitabu..." seakan menarik lidahku untuk segera dibaca
Sedang ayat "wa an laisa lil insani..." mengeluhkanku untuk dikerjakan
"Inna sholati wa nusuki..." ayat lain yang meratapi penjagaan hatiku
Sedang aku masih tercekat dalam bacaan "Thoha,.." dan tak mampu kuteruskan

Lantas ku bersimpuh, mataku sayu menatap langit yang kelu
Masih adakah celah untukku?
Bisik tangisan hatiku

Madrasah, 22:41 CLT



Selasa, Maret 03, 2009

Seragam Sekolah Buat Bejo

Malam itu anak-anak pengajian Amalia sedang mengaji. Bejo datang ke rumah. Bejo mengabarkan bahwa dirinya sekarang telah bekerja disalah satu Bank Nasional di Jakarta. Saya turut berbahagia mendengar kabar gembira itu. Bejo adalah salah satu santri di pengajian. Sejak tamat SMA Bejo langsung bekerja dan kuliah pada malam hari. Ditengah kesibukannya pada saat hari-hari libur Bejo suka datang ke pengajian bahkan suka membantu mengajar anak-anak.

Sekian tahun yang lalu Bejo adalah seorang anak kecil kelas 5 SD yang menangis dijalan. Sejak ayahnya meninggal Bejo tidak lagi mau sekolah, katanya malu dengan teman-temannya karena baju seragamnya sudah jelek, sampai pada satu malam saya membawakan baju seragam sekolah buatnya. Matanya berbinar-binar dan Bejo berjanji untuk sekolah lagi. Pada malam itulah Bejo berjanji untuk tidak menangis lagi. Bahkan baju seragam SD itu hingga kini masih tersimpan dengan baik. Emaknya Bejo pernah mengatakan pada saya bahwa baju seragam itu sengaja disimpan sebagai kenangan indah.


“Kak Agus, baju seragam itulah yang menyelamatkan saya dari ejekan teman-teman. Dan karena baju seragam itulah teman-teman mau maen bersama saya lagi.” Kata Bejo malam itu. Nampak mata Bejo memerah. Berkali-kali mengucapkan terima kasih.

Peristiwa kecil hanya baju seragam yang dialami oleh Bejo bisa mempengaruhi konsep dirinya tentang masa depan yang kelak menjadikan mereka sebagai orang-orang yang besar. Orang-orang yang besar adalah orang-orang yang selalu membawa kebaikan bagi orang banyak. Sebagaimana sabda Baginda Nabi Muhamad, Khairunnas anfa’uhum linnas (Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain).

Wassalam,

agussyafii

---
Tulisan ini dibuat dalam rangka program kegiatan "Amalia Cinta Rasul" (ACR), Hari Kamis, tanggal 26 Maret 2009 di Rumah Amalia, Jl. Subagyo Blok ii 1, no.23 Komplek Peruri, RT 001 RW 09, Sud-Tim, Ciledug. TNG. silahkan kirimkan dukungan dan komentar anda di 087 8777 12 431 atau http://agussyafii.blogspot.com

Senin, Maret 02, 2009

Mengatasi Depresi

By: Erwin Arianto

Dalam Menggapai sukses tak jarang orang akan menghadapi depresi atau tekanan
pada jiwa atau mentalnya, ketika Dipecat dari pekerjaan? Tidak lulus ujian?
Tidak jadi dipromosi? Kalah dalam sebuah kompetisi? Ditipu orang lain? Usaha
bangkrut? Divonis dokter terkena penyakit parah? Dililit hutang
berkepanjangan? Berkali-kali gagal mendapat pekerjaan?

Depresi dapat diartikan sebagai kondisi batin yang tertekan, dan dapat
mengakibatkan hilangnya harapan hidup, makna hidup, menurunya atau bahkan
hilang sebuah motivasi, malah terkadang menghilangkan rasa percaya kepada
diri sendiri.
Depresi terjadi karena tekanan hidup yang terlalu berat dan jiwa atau
fikiran kita tidak mampu untuk menahanya, memang kenyataanya hidup ini lebih
kejam dari yang kita bayangkan


Semua orang pasti ingin memperbaiki atau mengatasi depresi yang terjadi
tetapi malah banyak orang yang terkdang salah langkah dalam mengatasi
permasalahan depresi ini, malah tips yang diberikan atau di dapatkan bias
membuat orang tersebut semakin dalam terjerembab dakam depresi, beberapa hal
ini bisa menyebabkan depresi yang semakin parah:

1. Hanya sekedar mencari tahu cara menghilangkan depresi
Banyak buku, tulisan, motivasi, tekni dari buku, internet, seminar yang
mengajarkan tentang cara menghilangkan depresi, tetapi terkadang kita hanya
sekedar tahu, tapi banyak dari kita yang tidak mau untuk melaksanakan. Semua
tips dari buku, tulisan, motivasi, tekni dari buku, internet, atau seminar
akan bisa berguna ketika kita berusaha berjuang dengan mengobarkan semangat
untuk berusaha untuk mengatasi depresi dan tidak berguna kalau kita duduk
dan diam saja, atau hanya sekedar tahu saja.

2. Melihat diri negatif
Banyak dari kita selalu melihat diri kita sendiri, misal , saya muak melihat
diri saya, hidup saya sudah hancur dan tidak bisa diperbaiki lagi, Buat apa
saya pertahankan rumah tangga ini, saya hanya bisa bekerja seperti ini, hal
ini adalah definisi atau kesimpulan atau label tentang diri sendiri yang
kita buat sendiri. Kita harus berubag untuk mengatasi depresi yang kita
miliki.
3. Menolak atau skeptis terhadap saran, pendapat atau bantuan orang lain.
Atau kita tahu tetapi banyak orang yang terkdang menolak atau tidak percaya
terhadap bantuan orang lain, terkadang kita tidak terbuka, atau menutup
diri, atau bersembunyi dalam keadaan yang seolah-olah tidak terjadi apa-apa,
padahal kita membutuhkan bantuan atau uluran tangan orang lain dengan
membuka diri
.
4. Mencari kambing hitam
Selain 2 faktor kegagalan mengatasi depresi adalah kita sering mencari
kambing hitam atau menyalahkan keadaan atau orang, kita memang tahu hidup di
dunia ini selalu penuh tekanan, tetapi sangat berbahaya dan akan memperparah
keadaan kita jika kita hanya selalu meratapi, menyalahkan keadaan sekitar,
orang lain, lingkungan atas ketidak berdayaan kita menghadapi tekanan. Untuk
mengatasi depresi kita harus berinisiatif untuk mencoba mengatasi depresi
yang terjadi.

5. Kurang Kreatif atau rutinitas
Yang membuat depresi makin parah adalah tekanan yang terjadi secara
berulang-ulang menekan diri kita dalam segala waktu, saat kita terjebak
rutinitas hal tersebut akan memperparah depresi yang kita alami, sebaiknya
dalam hidup harus seimbang 1.) kegiatan rutin 2.) Kegiatan Keagamaan 3.)
kegiatan bermain atau mencari hiburan “Work hard play hard”

6.Menolak kenyataan yang ada
Kita terkadang tidak mampu melihat kenyataan, dan berusaha keras menolaj
keadaan hal ini akan memperparah depresi itu makin mencengkeram. Cobalah
ikhlas atau siap dalam menerima keadan, maksudnya menerima untuk
memperbaiki, perlu diingat Trauma yang abadi di adalah penderitaan yang
tidak diikuti dengan perbaikan.

7. Lupa Atas kehadiran tuhan/agama
Kita perlu menyadari kehadiran tuhan itu penting, seseorang yang terlalu
membangkan akan kemampuan pemikiranya akan selalu bergelut dalam suatu
permasalahan, agama atau keberadaan Tuhan YME, akan memberi nuansa lain
dalam kehidupan, agama selalu mengajarkan seseorang berusaha berubah,
seorang dapat menerima keadaan, pasrah, dan percaya ada kekuatan lain yang
bisa membantu nya. Keadaan pasra dan tuhan akan membawa kedamaian dan dapat
menjadi suatu alternatif dalam mengatasi depresi

8. Semua harus seperti yang disarankan (perfeksionis)
Budaya instant yang membuat orang berfikir semua bisa terjadi penyembuhan
atas depresi secara tepat dan pas sesuai dengan yang diharapkanya menghambat
upaya kita mengatasi masalah depresi. Perlu diingat mengatasi depresi butuh
proses yang berkelanjutan, dan jika kita menolak proses itu bukan malah
cepat tetapi malah semakin lama.

Delapan hal yang saya jabarkan diatas adalah beberpa kesalahan yang sering
dilakukan kita dalam mengatasi depresi yang kita alami, terkadang banyak
orang yang semakin parah kondisi depresinya, dan dapat mengakibatkan orang
yang terkena depresi semakin tertutup, semakin tidak persuasif, semakin
tidak bijak, semakin sempit, semakin tertutup dan sejumlah "semakin" yang
negatif lainnya.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi depresi yang lebih tepat, mungkin saya
akan menjabarkan sedikit dari sedikit pengetahuan yang saya miliki tentang
hal-hal yang harus dilakukan dalam mengatasi depresi, ingat kesuksesan dapat
diraih ketika kita bisa mengatasi depresi, berikut hal-hal yang harus
dilakukan untuk mengatasi rasa depresi anda:
1. Percaya diri dan buatlah citra positif pada diri anda
Kembali menemukan rasa percaya diri adalah awal yang baik untuk mengatasi
rasa depresi anda, dan berusaha untuk memandang diri kita positif atau
bagaimana kita menyimpulkan diri sendiri secara positif. Lalu bagaimana cara
buat citra diri positif sih, begini caranya.
- Percaya dan yakin anda adalah pribadi yang luar biasa
- Percaya dan yakin anda adalah pribadi yang baik
- Percaya dan yakin anda memiliki kemampuan yang mumpuni
- Lepaskan semua prasangka buruk terhadap diri sendiei
- Lihat kembali keberhasilan- keberhasilan yang telah anda capai

2. Terus berjuang, jangan patah arang
Terkadang saat depresi melanda kita, daya fikir kita tertutup oleh perasaan
salah atau kalah, tenangkan fikiran anda, coba berfikir anda bisa
memperbaiki kekalahan atau kesalahan anda, masih ada kesempatan untuk
memperbaiki diri di masa depan. Jangan biarkan kita tenggelam ke dalam masa
lalu yang buruk dan lupa meng-imajinasi- kan masa depan yang lebih bagus.
Padahal, masa lalu itu sudah tidak bisa diubah. Padahal, masa depan itu
masih sebuah “Kesempatan Emas”. Coba olah kembali beberapa hal berikut untuk
masa depan anda.
- Coba buat rencana apa yang harus diperbaiki atas hal yang membuat anda
depresi
- Reset ulang renca atau tujuan yang anda inginkan, coba kembali menyusun
melihat apa yang anda ingin capai, buat kembali tujuan sukses anda
- Buat rencana jangka pendek sebagai bagian jangka panjang sukses anda.

Tiga hal di atas perlu dilakukan dengan catatan harus realistis: bisa
dilakukan dari mulai hari ini, dengan menggunakan sumber daya yang sudah
ada, dan dari lokasi hidup di mana Anda saat ini berada. Hindari membuat
program atau target yang "mengkhayal" atau hanya berfantasi atau terlalu
tinggi sehingga tidak bisa dilakukan dan tidak bisa diraih.

3. Membatasi rasa tidak puas diri
Kembali tentang depresi, depresi dapat terjadi karena tekanan-tekanan hidup,
apa yang menyebabkan tekanan, adalah keadaan ketidakpuasan diri terhadap
dirinya sendiri.sebenarnya hal ini bisa bermakna positif dan bisa negatif,
tergantung bagaimana kita menggunakan. Rasa puas yang bersifat membangun dan
mendorong adalah rasa puas yang baik, sangat kita butuhkan, kadang disebut
ambisi yang bisa menghasilkan semangat, dan menimbulkan motivasi diri. Jika
PHK, Putus percintaan, terus dalam tekanan bos, Kebangkrutan telah membuat
Anda menjadi depresi, sebaiknya anda jadikan
Hal tersebut untuk berubah, berinovasi, merubah tujuan,memperbaiki skill,
membangun karakter yang lebih positif, dan seterusnya. Ini jauh lebih
positif ketimbang kita hanya merasakan depresi, mengasihani diri sendiri dan
menyalahkan orang lain.

4. Memperbaiki hubungan
Terkadang kita terlarus dalam hal yang rutinitas, kita lupa memperbaiki
hubungan Wilayah hubungan yang perlu diperbaiki adalah: a) hubungan dengan
diri sendiri: control diri, meditasi, dialog diri, dll, b) hubungan dengan
orang lain dan c) hubungan dengan Tuhan (meningkatkan iman). Memperbaiki
hubungan dengan diri sendiri akan membuat kita cepat mengontrol atau menarik
diri dari keadaan yang tidak menguntungkan kita. Kalau kita sadar bahwa kita
sedang depresi dan sadar bahwa kita harus segera mengambil tindakan,
tentunya ini akan beda persoalannya.

- Memperbaiki hubungan dengan manusia
Relasi dengan manusia membantu usaha yang kita lakukan dalam mengatasi
depresi. Kita tetap harus ingat bahwa manusia itu bisa digolongkan menjadi
dua: a) ada manusia yang menjadi sumber depresi buat kita, dan b) ada
manusia yang menjadi bantuan solusi atas depresi. Yang kita butuhkan
(sebanyak-banyaknya ) adalah manusia kelompok kedua. Jangan sampai kita
menjauhi semua manusia, trauma kepada semua manusia, atau tidak percaya pada
semua manusia.
- Memperbaiki hubungan dengan Tuhan
Ada banyak jalan menuju roma, kita bisa memperbaiki hubungan dengan tuhan
dengan antara lain: a) meningkatkan iman, b) menjalankan ajaran agama yang
kita pilih sampai benar-benar kita merasa dan meyakini ada semacam
"kebersamaan" . Kebersamaan di sini bukan kebersamaan yang "halusinasi"
(tidak berdasar dan tidak berefek), tetapi kebersamaan yang mendorong kita
untuk melakukan hal positif dan menghindari hal negatif. Kebersamaan seperti
ini akan memperkuat dan mencerahkan.

5. Meningkatkan Toleransi
Terkadang kita tidak bisa mentoleransi setiap kesalahan yang kita buat, kita
sering menuntut kesempurnaan (dari orang lain, dari diri sendiri dan dari
dunia ini). Kita harus lebih toleransi untuk membanun kesempurnanan, Dengan
toleransi kita mengusahakan kesempurnaan secara bertahap, perbaikan
berkelanjutan. Tidak toleransi dan selalu ingin sempurna lebih mudah terkena
depresi pada saat kita ingin mengatasi depresi, misalnya saja kita tidak mau
gagal lagi (kemungkinan untuk gagal itu selalu ada), kita anti toleransi
terhadap kelemahan orang lain (semua orang punya kelemahan), dan seterusnya.

Jadi solusi di dalam menghadapi depresi itu adalah mampu mengambil keputusan
untuk memulai sesuatu kegiatan atau memusatkan perhatian kepada sesuatu yang
menarik. Cara mengatasi depresi yang baik adalah dengan cara nenurunkan
tingkat kecemasan, atau optimis dalam menghadapi masa yang akan datang.
Serta tidak cepat putus asa bila gagal dalam mengerjakan sesuatu, dekatkan
diri pada keluarga dan Tuhan. Jangan lupa untuk mencapai sebuah kesuksesan
anda membutuhkan kemampuan untuk mengatasi rasa depresi. Jadi dapat
mengatasi rasa depresi adalah sebuah langkah awal untuk menggapai sukses.
(EA)