Minggu, November 23, 2008

Pin It

Widgets

Heboh Penghinaan terhadap Nabi

Pemerintah Surati Pengelola Blog Wordpress
Sebab, dalam ketentuan pelayanannya, pengelola sudah dengan tegas melarang penyebaran informasi yang menyebarkan kebencian.

JAKARTA -- Departemen Komunikasi dan Informatika telah mengirim surat kepada penyedia layanan blog Wordpress agar membantu melacak pemilik blog yang isinya menghina Nabi Muhammad.

Direktur Jenderal Aplikasi Telematika Cahyana Ahmadjayadi mengungkapkan, meski blog tersebut telah diblokir, proses penindakan hukum terus berjalan. "Ini sudah termasuk kriminalitas dunia maya," ujarnya di ajang Pesta Blogger 2008 di Jakarta kemarin.

Selain mengucapkan terima kasih atas reaksi cepat pengelola Wordpress menutup blog tersebut, pemerintah meminta Wordpress membuka identitas pemiliknya. Sebab, dalam ketentuan pelayanannya, pengelola sudah dengan tegas melarang penyebaran informasi yang menyebarkan kebencian.



Cahyana menyebutkan, pengungkapan identitas bisa memakan waktu panjang karena di dunia maya pelaku bisa mengubah identitas, jenis kelamin, dan alamat. "Jika Wordpress tidak mau membuka identitasnya, kami akan melacaknya sendiri." Dia yakin, laboratorium forensik digital milik kepolisian mampu mengungkap identitas si penghina.

Sesuai dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, pelaku dapat dikenai hukuman maksimal enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar. Karena undang-undang tersebut menganut asas lintas batas, ia menambahkan, pelaku yang berdomisili di luar negeri tetap bisa dikenai hukuman.

"Ini kriminalitas dunia maya, akan terus dikejar dengan melampaui batas negara," katanya. Apalagi, ia menimpali, Indonesia telah meratifikasi konvensi dunia tentang hukum perdagangan internasional, yang juga mengatur kejahatan di ranah Internet.

Pekan ini masyarakat dibikin gerah dengan terbitnya beberapa blog di Wordpress yang berisi kartun dan tulisan yang menghina Nabi Muhammad. Salah satunya beralamat di lapotuak.wordpress.com. Pengelola Wordpress bereaksi cepat dengan menutup akses blog tersebut.

Di ajang yang sama, Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman berpesan agar para blogger memberi kontribusi kepada masyarakat. Mengisi blog hendaknya bukan untuk bersenang-senang belaka. "Diarahkan agar memberi dampak positif ke masyarakat. Jangan asal ngeblog," katanya. VENNIE MELYANI

sumber: korantempo.com

Artikel terkait :



0 comments:

Poskan Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)