Rabu, Mei 28, 2008

Pin It

Widgets

Ini baru ujian...

Dua hari yang lalu, aku abis ujian Qoshos Qur’an. Sebenernya aku mau posting hasil coretanku. Tapi kayaknya telat deh.. abis ditunda, jadi malah gak jadi. Nah, sekarang aku mo posting dulu cerita tentang ujianku hari ini.

Dua hari yang lalu, abis ujian qoshos, aku masih sempet-sempetnya chating seharian. Yah, sebenernya karena aji mumpung aja. Maklum, gak tau kenapa Vodafone (operatorku) masih bisa ol meski gak ada lagi pulsa… jadi, daripada gak dimanfaatin, buat ol aja… ha..ha..ha..

Tapi untungnya, hari besoknya aku bisa nyadar juga *he..he..he.. aku pun dengan segenap tenaga memaksimalkan segala waktu yang ada *cieh…, tak ada lagi waktu buat maen-maen. “No time for ecek-ecek!” gitu kata ustadz Syukri. Aku kebut, dan Alhamdulillah sebelum Isya, aku dah selese baca diktatku. Kali ini yang akan diujikan adalah pelajaran Tafsir. Sedikit gambaran, buku yang ada di depanku ini lebih keliatan pada kitab turats dibanding buku-buku pelajaran Modern. Kayaknya sih, hampir semua diktatku kayak gini. Gak ada sistematika pembahasan. Jadi, kita sendiri yang bikin, mulai dari mana yang pendahuluan, trus isi dan penutup. Kadang satu bab, berisi macem-macem masalah… ini yang bikin kita bingung.

But, orang optimis akan melihat peluang dalam setiap kesulitan… *he..he..he… gini lah tantangannya. Mungkin maksud Azhar, agar kita gak kaget nantinya kalo baca kitab-kitab turats. Bukannya maraji’ utama ahkam dan permasalahan din ini tetep kembali ke sana?

Singkat cerita, paginya aku udah 80% siap. Hanya tinggal pengulangan aja. Aku pun melangkah menuju kampus dengan setengah yakin. Setengahnya lagi kalau udah kelar ngerjain soal *weeeeee….. Jam 8 pagi, aku sampe di mahattah (halte) hay Asyir. Nunggu bentar, bus idaman pun datang… 80 coret!! Gak kayak dulu waktu di Tajammu’ Awwal, aku biasa ngambil bus ni dari Terminal Zahra, jadi bisa dapet duduk. Nah karena di sini cuma dari halte.. kepaksa dah berdiri… *hiks..hiks.. cucian deh lo! Tapi gak papa. Tetep semangat baca meski harus desak-desakan. Semangat bela Negara mode: on!!

Cerita dilipet (nih diksi aku dapet dari muqorror Qoshos, thowa, alias ngelipet), sampe di Darrasah (kampus) sejam kemudian. Biasa, sambil jalan ke fakultas aku liat kanan-kiri nyari temen. Menjaring doa, di sela sempitnya waktu ujian *heee….. rupanya ketika nyampe di kampus tercinta ini, satu buku belum abis aku ulangin. Keyakinanku pun memudar, jadi berkurang hingga tinggal 70%. Apalagi pas ketemu si makmun, latihan tanya-jawab, aku masih belum bisa lepas dari buku *hiks..hiks.. lum yakin nih!!

Nah, pas ‘Ammu penjaga kampus bukain pintu fakultas, aku pun melangkah maju sambil setengah gontai. Kepala muter-muter, setengah gak yakin ngadepin nih ujian. Hanya kepedean yang diajarin Pondok yang aku bawa ketika itu, “Siap gak siap, harus siap!” Sampai di mudarroj (ruangan) tempatku ujian, aku masih sibuk bolak-balik baca cepet. Yang penting kelar dulu, pikirku waktu itu. Dan duktur pembawa soal pun dateng. Sang asisten, * bahasanya doang yang keren… sebenernya bukan asisten dosen, tapi pegawai kampus… pun segera tanggap mekso para peserta ujian buat naruh kitab dan tas mereka di belakang ruangan.

Gimana dengan persiapanku?? Rupanya masih lum kelar juga bacanya. But, now it’s the time.. mau gak mau aku harus siap. Tapi Alhamdulillah, sekian detik sebelum dimulai ujian, aku dah selese bacanya. So, yang kubawa ketika ujian kali itu, cuma 25% materi dan sisanya tawakkal aja sama Allah. Kerneh (ID card *cie....) diminta, dan lembar jawaban pun dibagikan. 5 menit kemudian soal datang di depanku. Dan *glek! Soalnya satu halaman F4 penuh... izzay dah???

Hoho..ho... rupanya cuma dua soal. Tapi anaknya itu lho... buanyak banget sampe satu halaman berseri ke samping, bukan berjajar ke bawah... *gubraks! Dan bener, pas aku muali kerjain nih soal... ini baru bener-bener namanya ujian. Soalnya bener-bener tahlili, detail banget. Tafsir yang ditanya mulai dari I’rab, asal kata (isytiqaq), arti ijmaliy, dan yang ditanya bahkan dari setiap kalimat dalam satu ayat tersebut! Gak kebayang dah mau berapa halaman jawabnya...

Kalo biasanya satu soal, dijawab dengan jawaban yang panjang, sekarang satu soal sesingkat aja. Coz, kadang soal dibawahnya nanya penjelasan lagi. Jadi gak bisa berpanjang-panjang... tapi bener, soal hari ini emang bener-bener soal. Kalo yang kemaren-kemaren biasanya yang ditanya mujmal (global) aja dari setiap pembahasan dalam suatu bab. Tapi, soal hari ini... yang ditanya setiap detail dari setiap pembahasan. But, all praise to be Allah... sifat tawakkalku diijabahi *alhamdulillah... :D jadi gak ada soal yang terlewat (gak bisa jawabnya sesuai dengan yang di kitab), kecuali satu: soal bagaimana Allah menafikan keraguan dalam Al-Qur’an, padahal kita tahu ada banyak orang musyrik dan kafir yang gak percaya sama Al-Qur’an.

Ada yang tahu jawabannya?? Silahkan jawab dikomentar... :D, kali ini ilmu tanjim (kira-kira) yang berperan...

Artikel terkait :



0 comments:

Posting Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)