Minggu, Mei 18, 2008

Pin It

Widgets

Menguji yang Diuji


Alhamdulillah..

Satu ujian tlah terlewati. Materinya kali ini adalah al-Qur’an. Ini adalah salah satu materi andalanku. Ya.. gak lain karna aku kan dah pernah mondok di Pondok Tahfidz, jadi seharusnya bisa lebih mudah. Sepertinya kenyataan akan begitu. Aku jalani ujian ini dengan santai tapi pasti.

Terlihat mudah, wong yang diujikan cuma 2 juz. Juz satu ama dua. Gampang, kan? Apalagi aku dah hapal lebih dari yang diujikan. So, aku masih bisa santé beberapa hari kemaren. Bahkan aku sempet perang ama virus yang nyerang komputerku yang baru idup (dulu aku beli nih komputer, sejak bulan Januari yang lalu… namun karena ada masalah dengan motherboardnya, jadi baru bisa nyala kemaren tanggal 15). Belajar pun jadi angin-anginan. Sambil belajar, yang dipegang tuts keyboard… jadi banyakan ngetik sama browsing, he..he..he..

Tapi, apa yang terjadi pagi tadi waktu ujian jadi pelajaran buatku. Hafalan 2 juz, yang aku sendiri dah hafal dari sejak di Gontor dulu, artinya sejak 5 tahun yang lalu. Plus ditambah aku hafalin ulang di Pondok Tahfidz, tambah lagi aku ulangi dan benerin di sini sejak sebulan yang lalu, khusus untuk 2 juz itu… tapi ternyata,… tetap saja Allah sang Maha Kuasa, dan aku tetaplah seorang manusia, yang kadang lupa.



Ujian tadi secara keseluruhan sih aku bisa, lha wong 6 tahun dah ngapalin… so pasti hafal sampe nglotok-nglotok (lengket, red.) namun, sebenarnya hafalan nglotok bukan tanpa cela. Dia kan jadi bumerang, ketika ada satu kalimah (kata, red.) yang nyrimpet ato salah tempat, maka akan bikin hafalan yang laen jadi buyar… maka, sebenernya dibanding hafalanku yang 2 juz awal, aku lebih pede baca Qur’an sambil jalan, yang juz 6 ke atas… karena aku hafalnya masih mikir dan belum reflek.

Kekhawatiranku pun terjadi ketika ujian tadi. Apa yang udah aku hafal nglotok, malah jadi bumerang. Soalnya gini:
ولقد آتينا موسى الكتاب وقفينا من بعده بالرسل... الى إن كنتم مؤمنين.

Ayat tersebut langsung nyambung di kepalaku. Seperti biasa, sebelum menuliskan di kertas jawaban, aku baca dulu sampe akhir ayat yang diminta. Tapi anehnya, sampe lebih dari satu halaman aku baca (standarnya cuma satu halaman yang diminta), masih lum ketemu juga ujung yang sesuai. Sampe kemudian aku baca sampe akhir juz 1, eh tetep aja lum ketemu…

Aku pikir2 lagi… eh iya, ada ayat yang mirip:
ولما جاءهم رسول من عند الله dan ayat ولما جاءهم كتاب من عند الله...
Sampe di sini aku bingung milih yang mana, tapi akhirnya aku coba semua. Aku baca ayat yang satu sampe menemukan ujung yang sesuai dengan soal. Toh, belum ketemu juga. Lalu aku baca ayat yang satunya lagi, tapi lum ketemu juga… aku makin bingung. Tapi, diliat dari terawangan (gambaran imajinasi halaman Qur’an) aku lebih yakin yang Rasulun, akhirnya aku tulis aja.

Karena gak ketemu ujung sesuai yang diminta, ya udah aku biarin aja… aku membatin, ya memang beginilah yang aku hafal… kalo salah, ya yang salah itu aku.

Dan benar, ketika keluar dan ketemu ama Solihin, temenku yang emang solih, sesuai dengan namanya, aku pun nanya soal yang tadi. Dan dia bilang, “Masak gak ketemu?” lalu diapun baca, dan bener sesuai yang aku hafal. Cuman, yang bermasalah, sebenernya yang bener yang kitabun, so pasti kalo aku milih yang rasulun ya, gak bakal ketemu ujungnya… :D

Yang aneh, sebenernya aku kan juga udah baca yang kitabun tapi aku mikir gak ketemu juga ujungnya. Padahal, waktu aku baca, ayat terakhir itu udah bener, cuman gak aku baca sampe akhir, aku terlalu cepat ngambil kesimpulan… jadinya salah deh…

Yah, begitulah aku. Dan jadi benar pula, emang segala puji itu hanya layak untuk-Nya. Sekuat apapun hafalan, atau ilmu yang kita miliki, bukan suatu yang sulit bagi-Nya untuk mengambilnya. Jadi tak ada tempat untuk bersombong atas nikmat yang diberikan oleh-Nya. Pun, jangan juga terlalu pesimis… karena apa yang tak ada pada kita, bukan pula suatu hal yang sulit bagi-Nya untuk menganugerahkan hal itu tanpa kita duga-duga dari mana datangnya… kuncinya adalah taqwa. Bukankah Allah telah berfirman dalam al-Qur’an:
ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب (الطلاق)

So, hidup di dunia ini, dalam menempuh ibadah yang merupakan tujuan utama penciptaan kita, ada 3 hal yang wajib kita penuhi. Dianalogikan oleh seorang khatib di masjid samping rumahku, dengan seperti seekor burung. Satu jadi kepala dan dua sebagai sayapnya. Tiga hal itu adalah: 1. Mahabbah atau cinta sebagai kepalanya; 2. Khauf (takut) dan Raja’ (berharap) sebagai dua sayapnya.

Beribadah menuju kepada Allah adalah dengan cinta. Dan menuju kepada-Nya, ditopang oleh dua sayap; rasa takut akan azab pedih-Nya, tapi juga tak lupa akan harapan pada keluasan rahmat-Nya.

(Kok jadi tasyji' ya... he...he..he..) Wallahu a’lam.


Artikel terkait :



0 comments:

Posting Komentar

Punya opini lain? Ceritakan di sini kawan.. :)